Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Tips Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Penyebab aki tekor memang berbagai macam, terutama dapat disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal. Cara menghidupkan mobil matic aki tekor pun ada beberapa cara.

Bagian penting dalam suatu kendaraan yang berfungsi sebagai penyuplai listrik disebut dengan aki. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya mesin mobil ngadat atau berhenti secara tiba-tiba, hal ini terjadi disebabkan adanya aki yang tekor.

Kondisi seperti inilah yang membuat aki menjadi cepat habis dan boros. Lebih parahnya lagi, aki akan terganggu dan menyebabkan mobil menjadi mogok.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Cara Mengatasi Aki Tekor dengan Mudah

Untuk mengatasi aki tekor dapat dilakukan dengan dua metode. Cara yang pertama, Anda bisa menggunakan jumper aki, namun tetap harus berhati-hati.

Kemudian, Anda bisa mendekatkan mobil dan menggunakan tuas transmisi di posisi Netral atau Parkir. Lalu, matikan semua komponen mobil yang dapat menghantarkan listrik.

Hubungkan secara langsung antara kabel jumper positif ke kutub aki positif. Kemudian, hubungkan kabel jumper negatif ke kutub aki negatif.

Jika semua sudah dipasang, maka pasangkan salah satu bagian mesin yang berbahan besi. Kemudian, bisa hidupkan mesin mobil pen-jumper dengan menginjakkan pedal gas yang ada di atas 1000 rpm dan langsung saja starter mobil.

Cara yang kedua, Anda bisa mendorong mobil namun cara ini hanya dapat dilakukan apabila mobil bertransmisi manual. Selanjutnya, masukkan tuas transmisi ke gigi dua kemudian injak kopling.

Lalu, Anda bisa mendorong mobil hingga melaju dengan cepat. Selanjutnya, bisa langsung melepaskan pedal kopling. Apabila mesin hidup, tunggu hingga 15 sampai 30 menit sebelum mobil dijalankan.

Baca Juga :  Bagaimana Perawatan Motor Setelah Turun Mesin ?

Langkah-Langkah Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Cara menghidupkan mobil matic aki tekor sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Namun, jika dipraktekkan juga memerlukan aki normal. Apabila Anda tidak menemukan aki normal, bisa langsung menggunakan bantuan mobil lain dengan cara jumper aki.

  • Komponen yang diperlukan dalam metode ini yaitu kabel jumper. Untuk itu, Anda harus menghubungkan aki mobil yang sudah mati dengan aki normal.
  • Anda bisa menghidupkan mobil dengan menghubungkan kabel jumper, jika aki normal sudah terpasang pada mobil matic. Kemudian, hubungkan kabel jumper aki sesuai dengan kutub positif dan kutub negatif.
  • Lalu, bisa mematikan semua piranti elektronik di mobil misalnya lampu, audio, AC. Jika semua sudah dilakukan, Anda bisa langsung menghidupkan kembali mobil dengan menggunakan aki normal lalu dipasang kabel jumper pada kutub aki mobil yang sudah mati. Kemudian, Anda bisa langsung menghidupkan mobil matic dengan aki tersebut.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung melepaskan kabel jumper secara perlahan, apabila mobil matic berhasil hidup kembali. Anda bisa menstabilkan rpm pada angka 1000 hingga beberapa waktu.
  • Untuk mengisi aki yang tekor, Anda bisa langsung menyalakan mesin mobil sampai 15 menit. Jika semua sudah berhasil, maka mobil bisa langsung dikendarai dengan normal.

Baca Juga : Bahaya! Dampak Jika Lalai Ganti Oli Untuk Kendaraan

Namun, Anda harus tetap memperhatikan  cara jumper pada mobil matic yaitu dengan memposisikan transmisi mobil ke mode Parkir.

Hal ini, untuk menjaga keamanan para pengendara dan orang lain yang berada di sekitarnya. Lebih tepatnya, untuk dapat menjaga posisi mobil dalam keadaan berhenti.

Mungkin itu saja, informasi mengenai cara menghidupkan mobil matic aki tekor. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Baca Juga :  Ketahuilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *