Ukuran Wiper Avanza

Cara Ganti dan Ukuran Wiper Avanza Yang Sesuai 2021

Ukuran wiper Avanza emang harus diganti setiap tahunnya, karena hanya berusia 1 tahun saja. Jadi, apabila sudah 1 tahun lebih maka akan mengeras.

Wiper mobil yang keras akan kehilangan elastisitasnya, sehingga daya kerjanya juga tidak maksimal dalam menyeka air hujan. Selain itu, bisa membuat kaca mobil menjadi tergores dan mengganggu keindahan pada mobil.

Oleh karena itu, Anda harus mengganti karet wiper mobil tersebut. Hal ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan membeli karet wiper Avanza dengan mencari produk yang original dan jangan sampai ukurannya salah.

Apabila Anda ingin membeli wiper di toko yang biasa, maka harus membeli wiper dengan ukuran yang sama dan harus membawa contoh karet wiper mobil yang ada.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ukuran Wiper Mobil Lengkap Terbaru

Ukuran Wiper Avanza

Toyota Avanza 21-14 inci
Toyota New Avanza 20-16 inci

Salah satu pertanda jika ukuran wiper Avanza harus diganti yaitu adanya karet menyeka yang menyisakan bercak atau kotoran air pada kaca mobil. Lalu, akan terlihat karet wiper berbunyi decit pada saat menyeka.

Selain itu, karet wiper juga akan pecah-pecah dan menjadi keras, serta sapuan airnya tidak sempurna. Apabila terdapat tanda-tanda tersebut, maka Anda harus bisa mengganti karet wiper tersebut. Simak yuk langkah-langkah mengganti ukuran karet wiper mobil.

Panduan Lengkap Cara Mengganti Wiper Avanza

ukuran wiper Avanza

1. Mengangkat Terlebih Dahulu Wiper Mobil

Angkatlah wiper mobil dari kaca mobil dan letakkanlah kain halus pada bagian kaca, hal ini dilakukan jika Anda ingin mengganti wiper mobil di rumah. Dengan tujuan untuk menghindari adanya baretan yang diakibatkan dari benda-benda yang jatuh pada saat melepas wiper mobil.

Baca Juga :  Penyakit Atau Masalah Motor Nmax 2021 Yang Sering Terjadi

2. Harus Melepaskan Karet Wiper

Lepaskanlah karet wiper terlebih dahulu lalu diangkat. Selanjutnya, Anda bisa menekan pengunci yang terletak di bagian tengah batang wiper dan doronglah ke arah bawah hingga wiper dari tangkainya lepas.

Agar wiper mobil Anda bisa bekerja dengan sempurna, maka lakukanlah secara perlahan dan berhati-hati apabila tangkai penggerak wiper mobil sudah rusak.

3. Memasang Karet Wiper Pada Mobil Baru

Anda bisa memasukkan wiper mobil baru dengan cat yang didorong ke arah atas, sampai terdengar bunyi klik setelah melepaskan wiper mobil. Hal ini, menandakan bahwa wiper mobil sudah baik. Selanjutnya, Anda bisa langsung meletakkan kembali wiper mobil ke posisi semula.

Ciri-Ciri Wiper Avanza Harus Diganti

Dibawah ini ada beberapa ciri-ciri wiper harus diganti, yakni :

1. Karet Wiper Mobil Terlihat Sudah Aus

Anda harus mengganti wiper karet yang lentur, jika menemukan kondisi karet wiper mobil yang sudah aus. Wiper yang habis bisa mengakibatkan sapuan menjadi tidak merata di permukaan kaca dan berpotensi menyebabkan kaca mobil menjadi baret.

Jika hal ini terjadi, maka bisa menimbulkan biaya pemulihan yang mahal. Jadi alangkah lebih baiknya,  dicegah jangan sampai seperti ini.

2. Gerakan Wiper Tidak Teratur

Adanya bagian di dalam sistem penggerak wiper yang kotor, ini bisa menjadi penyebab gerakan karet wiper tidak normal atau lambat. Hal inilah yang menyebabkan arus listrik dan membuat engkol wiper terlihat terhambat.

Untuk mengatasi hal ini, maka harus membersihkannya terlebih dahulu. Apalagi adanya  sapuan wiper yang lambat.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Pasti akan membuat kinerja menjadi tidak optimal. Selain itu, Anda harus bisa membersihkannya wiper dengan cara menyemprot seluruh bagian yang berkarat dengan menggunakan cairan. Apabila sudah parah maka bisa langsung diganti atau dilas.

Baca Juga :  Tips Membeli Mobil Xpander Bekas, Anti Rugi

Bagi Anda yang ingin membeli ukuran wiper Avanza harus disesuaikan dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *