Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Lengkap! Berikut Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Ban pada kendaraan, baik motor, mobil, truck, atau yang lainnya perlu untuk Anda perhatikan tekanannya. Karena tekanan yang berlebihan atau kurang bisa jadi malah membahayakan ketika Anda sedang berkendara. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan ukuran tekanan ban motor yang tepat dan sesuai.

Nah, seperti apa terus ukuran dari tekanan ban motor yang tepat? Yang sesuai dengan jenis motor yang Anda miliki. Karena tekanan angin dalam ban benar – benar wajib untuk dijaga. Agar ban motor tak mudah mengalami keausan atau bahkan bocor ketika dikendarai dan melaju dalam jalanan.

Inilah Daftar Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Matik, bebek, atau bahkan sport adalah beberapa jenis motor. Dimana setiap jenisnya memerlukan daya ukur tekanan yang berbeda – beda satu sama lain. Mengapa demikian? Tentu saja ini hal yang lumrah. Karena bentuk dari motornya saja sudah berbeda, ban yang digunakan juga sizenya berbeda – beda. Tak ada satu pun yang sama persis.

Jadi sudah jelas ukuran dari tekanan angin yang diperlukan dalam bannya pun berbeda – beda. Dalam artikel yang dimuat di website https://www.otoplus.co.id/ ini, Anda bisa menyimak seperti apa sih ukuran – ukuran tekanan angin tersebut? Agar tak sampai salah dalam menambahkan angin untuk ban motor tersebut.

1. Tekanan Angin Yang Pas Untuk Motor Matic

Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Pembahasan pertama kita ialah ukuran tekanan ban motor yang berjenis matik. Ketika Anda menambahkan angin pada ban motor tersebut, Anda harus memperhatikan baik – baik penjelasan ini. Agar ban pada motor matik Anda tak mudah mengalami keausan atau bahkan kebocoran tiba – tiba.

Yang perlu Anda perhatikan lagi ialah tekanan angin pada ban bagian depan dan belakang motor itu berbeda. Jadi jangan sampai disama ratakan. Pada ban belakang, tekanan anginnya pasti lebih besar. Sebesar 29 psi untuk ban motor matik bagian depan dan 33 psi untuk bagian belakang (jika sendiri), serta 36 psi ketika Anda berboncengan.

Baca Juga :  Bahaya! Dampak Jika Lalai Ganti Oli Untuk Kendaraan

2. Tekanan Angin Ban Motor Bebek

Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Apakah Anda pengendara motor berjenis bebek? Apa Anda tahu seberapa besar ukuran tekanan ban motor bebek tersebut? Nah, jika Anda belum tahu, perhatikan penjelasannya berikut ini. Agar tak mengalami kesalahan saat mengisi angin untuk ban motor yang bisa saja mengakibatkan bahaya saat berkendara.

Untuk Anda yang berkendara sendirian, gunakan tekanan dengan ukuran 29 psi untuk ban bagian depan dan 31 psi untuk ban bagian belakang. Jika Anda sering berkendara boncengan, isilah tekanan anginnya dengan ukuran 30 psi pada bagian ban depan, dan 33 psi pada bagian ban belakang.

3. Untuk Motor Sport Berapa Sih Tekanan Udara Bannya?

Ukuran Tekanan Ban Motor Yang Pas

Motor jenis terakhir ialah motor sport. Yang jelas memerlukan ukuran tekanan ban motor yang lebih besar. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan penggunaannya yang jauh lebih berat dan kasar. Jadi jelas saja memerlukan tekanan angin yang cukup lebih besar dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

Lalu berapa sih ukuran tekanan angin tersebut? Untuk ban yang terletak di bagian depan, isilah sebesar 32 psi dan 39 psi pada ban bagian belakang. Ini jika Anda mengendarai sendirian ya. Ketika Anda mengendarainya berboncengan, Anda harus memberikan tekanan sebesar 34 psi pada bagian depan dan 41 psi pada bagian ban belakang.

Itulah beberapa tips pengisian ban sesuai dengan ukuran tekanan angin yang dibutuhkan oleh masing – masing jenis motor. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga kestabilan agar terhindar dari bahaya kecelakaan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *