Ciri Ban Mobil

Berikut Ciri Ban Mobil Harus Diganti Agar Aman Saat Berkendara

Anda pengguna mobil untuk beraktivitas sehari – hari? Berarti Anda selalu mengecek keadaannya bukan setiap pagi atau sebelum menggunakannya? Komponen yang wajib Anda cek setiap harinya ialah pada bagian ban. Lalu bagaimana sih ciri ban mobil harus diganti? Simaklah ulasannya berikut ini, agar Anda tak sampai telat melakukannya.

Karena penggantian ban yang telat, bisa saja mengganggu Anda ketika berkendara. Ketika kondisi ban mobil kurang baik, maka akan menimbulkan bahaya yang cukup besar bagi Anda pengendara maupun penumpang dalam mobil tersebut. Jadi ciri – ciri ban yang perlu diganti haruslah Anda ketahui dengan seksama.

Bagaimana Sih Ciri Ban Mobil Harus Diganti?

Ciri Ban Mobil

Pada artikel yang ada dalam website https://www.otoplus.co.id/ ini, Anda akan menemukan ciri ban mobil harus diganti. Yang mana merupakan salah satu hal wajib guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau datangnya bahaya lainnya ketika berkendara. Simaklah dengan baik dan semoga bermanfaat!

1.Ketebalan Ban Yang Tidak Merata

Jika ban sudah mulai menipis, dan kondisi ketebalannya mulai tidak merata, maka perlu untuk segera Anda ganti. Mengapa demikian? Karena dalam ketebalan di bawah satu milimeter, membuat ban tidak dapat membuang air ketika melintasi genangan. Jadi akan sangat berbahaya ketika digunakan berkendara.

2.Keausan Tidak Merata Dan Bergelombang Pada Ban

Ketika keausan dalam ban mobil sudah mulai tidak merata dan bergelombang, atau sudah beda antara kiri dan kanan, atau bagian tengah, maka Anda harus segera mengganti ban mobil Anda. Karenanya nanti bisa berdampak pada traksi mobil. Yang bisa mengalami penurunan kemudia menyebabkan bahaya atau kecelakaan.

3.Benjolan Pada Ban

Untuk ciri ban mobil harus diganti selanjutnya ialah adanya benjolan pada bagian ban. Sering kali hal ini terjadi pada sisi dinding ban mobil. Dan diakibatkan adanya benturan yang keras antara ban mobil dengan benda lainnya. Biasanya terjadi ketika melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret Mobil Hitam Dijamin Mulus Lagi

Benjolan ini nantinya akan berdampak sangat besar ketika dibiarkan dan tidak dilakukan penggantian ban. Mengapa? Karena bagian yang berupa benjolan tersebut akan sangat lemah dan mudah mengalami letusan ketika tetusuk sesuatu yang tajam dalam perjalanan Anda.

4.Adanya Banyak Tambalan Pada Ban

Ban yang sudah sering bocor dan dipenuhi banyak tambalan, merupakan salah satu ciri ban mobil harus diganti. Karena hal ini mampu menurunkan kemampuan ban tersebut. Dalam keadaan suhunya yang memanas, yang sering terjadi ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, dapat berdampak pada lepasnya bekas tambalan.

Ketika tambalan tersebut lepas, Anda akan mengalami bahaya yang besar. Karena angin yang berada dalam ban akan keluar dan menyebar dengan cepat. Dan ban pun akhirnya kempes. Kemudian mobil tak akan melaju dengan stabil dan bisa menyebabkan kecelakaan.

5.Ada Retakan Pada Ban Mobil

Ciri Ban Mobil

Dinding ban mobil, sering kali mengalami retakan. Yang disebabkan karena lamanya umur atau bisa dibilang usiannya sudah cukup tua. Atau bisa juga dikarenakan oleh cairan kimia yang menyentuh ban mobil tersebut. Kemampuan ban pasti akan menurun dengan drastis dan membuat Anda wajib untuk menggantinya.

6.Alur Ban Yang Mengelupas

Perlu Anda ketahui bahwa ban mobil itu memiliki beberapa lapiasan. Yang akan sangat bahaya ketika salah satu lapisannya dalam keadaan yang tidak stabil. Atau ban mobil tersebut mengalami pengelupasan. Yang sering kali terjadi pada bagian alurnya. Ciri ban mobil harus diganti yang satu ini sangatlah krusial dan wajib untuk segera diganti.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Rental mobil agar aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.