Cara Merawat Motor Vespa Matic

Tips dan Cara Merawat Motor Vespa Matic Agar Awet

Berani membeli kendaraan berarti Anda juga harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan perawatan. Entah apapun itu jenis dari kendaraan yang dimiliki mulai dari mobil, motor vespa matic, ataupun lainnya. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin supaya menjaga perfoma dari kendaraan tersebut.

Baca Juga : Daftar Mobil Toyota Terbaru 2021 di Indonesia

Jika ditanya mengenai perawatan vespa matic, tentu saja ada sedikit perbedaan dari motor lainnya yang harus Anda perhatikan. Supaya tidak kebingungan terkait komponen apa saja yang wajib dicek atau periksa, maka berikut ini adalah penjelasan yang dapat menjadi referensi.

4 Tips dan Cara Merawat Motor Vespa Matic Supaya Perfomanya Terjaga dan Awet

1. Memperhatikan sistem pengapian

Cara Merawat Motor Vespa Matic

Jika pada motor lainnya Anda harus memperhatikan komponen-komponen lainnya namun untuk motor vespa matic ada satu perawatan yang tidak boleh terlewatkan yakni sistem pengapian. Pemeriksaan ini tidak hanya meliputi satu komponen saja melainkan ada beberapa.

Diantaranya yakni arus listrik sampai semua komponen yang bersangkutan. Untuk melakukannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu memeriksa kabel koil dan elektroda yang terdapat pada busi. Disamping itu aki beserta sekring pun juga tidak luput dari pengecekan ini.

2. Mengganti oli secara berkala

Sama halnya dengan perawatan kendaraan lain, dimana oli yang berperan sebagai pelumas mesin harus secara berkala dilakukan pergantian. Fungsi dari oli sendiri adalah untuk meminimalkan tingkat keausan dari komponen yang ada di mesin.

Biasanya dalam buku petunjuk yang diberikan kepada pemilik kendaraan tercatat bahwa setiap kali motor menempuh jarak 10.000 kilometer maka wajib bagi Anda untuk segera mengganti olinya. Hal ini juga harus dilakukan pada motor vespa matic yang Anda miliki.

Baca Juga :  Cara Ganti dan Ukuran Wiper Avanza Yang Sesuai 2021

Namun jika Anda tinggal di area perkotaan yang sering dilanda kemacetan akan lebih baik untuk mengganti oli di setiap 3.000 hingga 5.000 kilometer. Pemakaiannya biasanya 3 sampai 4 bulan. Meskipun belum mencapai jarak maksimal tapi kalau sudah masuk ke waktunya harus segera diganti.

3. Melakukan service baik secara ringan dan besar

Selain kedua komponen diatas, perawatan motor vespa yang versi matic juga harus dilakukan service baik yang ringan maupun besar. Untuk service ringan sendiri bisa Anda lakukan secara otodidak karena biasanya hanya sekedar komponen-komponen luar saja.

Sementara untuk service besar yang melakukannya adalah pihak mekanik yang memang sudah ahli di bidang otomotif. Pada service besar ini akan berguna untuk mendeteksi gangguan yang sifatnya medium sampai parah. Nah untuk melakukan service besar ini ada waktu khusus.

Anda haruslah melakukan ketika sudah mencapai tiga bulan pemakaian atau 30.000 km. Service ini akan membongkas mesin semaksimal mungkin. Terdapat area-area tertentu yang akan diperiksa. Sehingga jika ada kerusakan di bagiannya bisa diketahui sedini mungkin.

4. Mengecek kondisi kedua rodanya

Cara Merawat Motor Vespa Matic

Perawatan terakhir untuk motor vespa matic adalah mengecek kondisi kedua roda yang dimilikinya. Pastikan roda depan dan belakang masih mempunyai fungsi yang baik, karena apabila tidak maka akan berpengaruh pada kualitas lajunya.

Agar semakin memuaskan hasilnya periksa pula bagian kampasnya. Pasalnya kampas ini bisa menjadi peran yang penting untuk perjalanan. Apalagi jika mau dipakai perjalanan jauh. Untuk itu pastikan kondisi bannya masih baik dan layak pakai.

Demikianlah tips merawat motor vespa matic yang dapat Anda tiru. Dengan perawatan ini vespa akan tetap awet dan kualitasnya pun tetap bisa diandalkan. Jadi jangan malas merawat kendaraan Anda.

Baca Juga :  5 Tips Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil Paling Jitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *