Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ketahuilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

AC merupakan komponen atau fitur yang sangat penting pada sebuah mobil. Tanpanya kondisi kendaraan bisa sangat pengap, tidak sejuk, bahkan mengeuarkan bau yang kurang sedap. Hal ini pasti membuat mengemudi tidak nyaman. Untuk itu ketahuilah penyebab AC mobil tidak dingin .

Dibandingkan dengan komponen lain AC juga menjadi salah satu yang rentan akan kerusakan. Hal itu bisa saja terjadi jika pemilik tidak memperhatikan betul perawatannya. Kalau sudah terjadi bukan hanya Anda saja yang kurang nyaman, melainkan seluruh penumpang yang ada di dalam kendaraan.

AC Mobil Tidak Mau Dingin? Ternyata Inilah Penyebab Utamanya

Sejatinya masalah AC tidak mau dingin bukanlah persoalah yang hanya dialami satu sampai dua orang saja. Melainkan mereka yang memiliki kendaraan roda empat banyak yang mengeluhkan hal ini. Oleh karenanya berikut ini akan disajikan untuk Anda penjelasan mengenai penyebab AC mobil bermasalah.

1. Kondensor AC dipenuhi debu dan kotoran

kondensator ac kotor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC memiliki bagian-bagian yang banyak jumlahnya. Satu diantaranya adalah kondensor yang letaknya ada di depan mobil, lebih tepatnya ada di dekat radiator. Bentuk dari fitur ini cukup kecil namun lebih mirip degan radiator. Tanpa disadari komponen ini sangat sering diabaikan bahkan dilalaikan.

Sehingga membuat kondensor menjadi kotor dan menumpuk debu atau kotoran. Asal kotoran itu dari luar, bisa saja saat mobil dikendarai oleh Anda. hal tersebut menjadi penyebab AC mobil tidak dingin karena akan berpengaruh pada sistem yang bekerja di dalamnya.

2. Motor extra fan tidak mau menyala

 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ketika AC tidak mau mengeluarkan temperature dingin itu bisa jadi karena motor extra fan mati atau tidak menyala. Untuk extra fan sendiri terletak di bagian kondensor. Biasanya jika bekerja akan berputar, dan kalau mati berarti terjadi masalah dengannya dan harus segera diperbaiki.

Baca Juga :  Penting! Perhatikan Spesifikasi Motor Sebelum Membelinya

Perlu Anda ketahui meskipun berukuran tidak terlalu besar namun motor extra fan inilah yang dapat mengatur suhu pada AC kendaraan mobil. Kalau motornya mati maka bisa dipastikan bahwa tidak ada penurunan suhu yang keluar sehingga udara yang masuk tidak akan dingin pula.

3. Freon pada AC sudah habis

Penyebab AC mobil tidak dingin yang ketiga adalah Freon pada Ac sudah habis. Habisnya Freon ini bisa dikarenakan adanya kebocoran yang terjadi pada AC. Biasanya kebocoran ini juga dipicu oleh kerusakan komponen lain yang berhubungan dengan Freon.

Untuk mengatasinya hanya bisa dilakukan oleh ahli AC, karena biasanya mereka memiliki cadangan Freon yang dapat Anda beli. Sebelum mengisinya alangkah baiknya untuk memastikan bahwa kondisi AC dan komponen lainnya masih oke, karena sekalipun diisi jika rusak maka tidak ada artinya.

4. Evaporator AC kotor

Evaporator merupakan komponen AC yang berperan sebagai penyerap udara panas dan mengeluarkannya menjadi udara dengan temperature yang dingin. Inilah penyebab AC mobil tidak dingin yang terakhir yakni adanya kotoran yang menempel pada bagian evaporator AC sehingga menghambat kerjanya.

Debu adalah musuh utama dari evaporator sehingga membuatnya tersumbat dan menjadikan sirkulasi AC menjadi tidak lancar. Maka dari itu untuk mengatasi hal ini bersihkan evaporator secara berkala.

Demikianlah penjelasan mengenai 4 penyebab AC mobil tidak dingin yang dapat memperluas wawasan Anda. dengan adanya penjelasan ini setidaknya Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan dan masalah pada AC kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *