Cara Merawat Mobil Tua

Beginilah Tips dan Cara Merawat Mobil Tua Dengan Baik

Mobil tua terkadang menjadi kendaraan yang tak dilupakan oleh kalangan pecinta otomotif. Pasalnya beberapa jenis mobil tua sudah tidak diproduksi lagi sehingga membuatnya langka di pasaran. Memilkinya merupakan sebuah berkah, namun yang menjadi pertanyaan bagaimana cara merawat mobil tua ?.

Hal itu membuat sebagian pemilik menjadi bingung dan bertanya-tanya. Terlebih jika ada komponen yang harus diganti namun keberadaannya cukup menyulitkan dengan harga yang tinggi pula. Maka dari itu mempertahankan kualitasnya menjadi persoalan penting yang harus dipahami juga dilakukan sejak awal.

Tips dan Cara Merawat Mobil Tua Dengan Baik yang Harus Diperhatikan

Cara Merawat Mobil Tua

Perlu diketahui bahwa semakin banyaknya modelan mobil di pasaran membuat komponen-komponenanya ikut berganti. Itulah yang mungkin menjadi penyebab tidak semua toko otomotif memiliki persediaan komponen mobil lama. Untuk itu berikut ini adalah sejumlah cara merawat mobil tua dengan baik.

1. Panasi mesin setiap hari

Mesin yang dibiarkan begitu saja akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perfomanya. Selain itu akan rentan terhadap keropos jika tidak dirawat atau diperhatikan kondisinya. Bagaimana caranya?, cukup mudah saja, yakni dengan memanasi mesin di setiap harinya.

Tidak membutuhkan waktu lama yang penting dirasa mesin sudah panas langsung matikan. Disamping untuk menjaga kualitasnya, memanasi mesin juga dapat menjadi acuan untuk mengetahui kondisinya, ya benar dari suara yang dikeluarkanlah yang menjadi ciri kualitasnya.

2. Mengganti oli sesuai jadwalnya

Melakukan cara merawat mobil tua yang kedua bisa dimulai dengan rutin mengecek dan mengganti oli sesuai dengan jadwalnya. Biasanya setiap mobil memiliki indikasi jadwal tertentu untuk mengganti oli mesinnya.

Nah, Anda bisa mengingat dan melakukan pergantian di setiap bulan atau tanggalnya itu. Dikarenakan mesin sudah tua, pastikan Anda memilih oli dengan kualitas terbaik sehingga pelumas ini akan membantu mengoptimalkan kinerja dari mesin kendaraan.

Baca Juga :  Kapan Saatnya Ganti Mobil Lama ke Baru? Berikut Waktunya

3. Memakai bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi

Mobil tua rentan dengan kerusakan karena semua komponennya sudah dimakan usia. Untuk sedikit memberikan perawatan baginya, Anda hanya perlu memakai bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi. Tidak perlu setiap hari bisa setahun satu hingga dua kali saja.

Bahan bakar yang seperti ini dipercaya bisa membersihkan kotoran yang menempel dalam tangki. Jika tidak dibersihkan pasti akan menimbulkan penyumbatan aliran bahan bakar ke kendaraan. Jadi usahakan untuk membelikannya meskipun harganya juga jauh lebih mahal.

4. Membersihkan bagian interior dan eksterior

Cara Merawat Mobil Tua

Mobil memiliki dua sisi yang berbeda baik fungsi maupun perawatannya. Sebut saja sisi pertama adalah eksterior yang meliputi kaca bagian samping, depan, dan belakang. Kemudian ada lampu, spion, ban, dan lain sebagainya. Tidak sampai disitu saja karena ada bagian lain yakni interior.

Di dalamnya ada kursi, pengendali pengemudi, dan masih banyak lagi komponen lainnya. Nah untuk cara merawat mobil tua yang terakhir ini adalah dengan merawat kedua sisi yang berbeda dari kendaraan ini.

Pastikan untuk komponen luarnya tetap terjaga, jangan biarkan keropos atau rusak. Begitupun dengan bagian dalam yang sangat berpengaruh dengan kenyamanan mengemudi. Semakin baik kondisinya maka bisa dipastikan harga jualnya juga tinggi.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara merawat mobil tua yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Mengingat jika kondisinya sudah tidak sebaik baru, namun jiak perawatannya baik maka kualitasnya pun akan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *