Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Mobil

Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Mobil

Meskipun sudah didesain sedemikian rupa namun pada kenyataannya masih ada saja permasalahan yang sering terjadi pada mobil. Apalagi jika Anda membeli mobil yang sudah bekaas. Itu artinya Anda sudah siap dengan segala konsekuensi perbaikan di beberapa komponen-komponen kendaraaan.

Masalah yang terjadi pada mobil tidak jarang membuat Anda setres dan frustasi untuk menghadapinya. Kalau yang butuh perbaikan hanya komponen kecil mungkin itu bisa diminimalkan kerugian dan biayanya. Namun apabila yang rusak atau bututh perbaikan adalah komponen utama bagaimana?.

Kenali Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Mobil

Mengetahui permasalahan yang sering terjadi pada mobil akan membuat Anda lebih siap untuk memperbaikinya. Bahkan jika hal itu sepele bisa dilakukan sendiri. Sekalipun masalahnya besar setidaknya sudah ada persiapan uang untuk membawanya ke bengkel. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

1. Mesin sering mati secara tiba-tiba

Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Mobil

Bagi para pemilik kendaraan roda empat, mengalami kejadian mesin mati secara tiba-tiba bukanlah persoalan asing. Pasalnya tidak hanya mobil bekas atau tua saja yang sering mengalaminya, bahkan kendaraan baru pun berkemungkinan besar mengalami hal yang sama.

Biasanya permasalahan ini diakibatkan karena terdapat sejumlah komponen mobil yang sudah rusak dan layak ganti. Misalnya saja aki, kabel, alternator, dan lain sebagainya. Bisa juga dikarenakan Anda tidak terlalu memperhatikan kondisi mesin sehingga jarang untuk memanasinya.

2. Lampu indikator tidak mau mati

Jika permasalahan yang sering terjadi pada mobil tadi adalah mesin yang tiba-tiba mati, maka saat ini menuju bagian indikator yang lampunya tidak mau mati alias selalu menyala. Lampu ini ada di bagian dashboard mobil dan memiliki fungsi sebagai penunjuk jalan.

Baca Juga :  Perhatikan 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat Agar Awet

Pada umumnya lampu ini tidak akan menyala apabila tidak ada perintah dari pengemudi. Apabila tiba-tiba lampu ini selalu menyala baik dalam waktu sebentar maupun lama, kemungkinan besar pelumas yang Anda pakai tidak cocok dengan spesifikasi kendaraan.

Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, silahkan Anda periksa kembali apa spesifikasi oli yang paling sesuai. Apabila sudah menemukannya segeralah untuk mengganti olinya supaya permasalahan tersebut segera berakhir. Namun jika masalahnya tidak itu bawa saja ke mekanik yang sudah ahli.

3. Mesin tidak dapat dihidupkan

Lagi-lagi masalah dengan mesin mobil. Memang mesin menjadi komponen yang paling rentan akan kerusakan. Maka dari itu memberikan perhatian lebih kepadanya sangatlah dianjurkan. Bahkan ada beberapa metode untuk memelihara kondisi mesin agar tetap prima dan oke.

Masalah yang satu ini adalah mesin tidak dapat dihidupkan. Umumnya kondisi ini akan terjadi ketika mesin dalam kondisi dingin. Beberapa faktor penyebabnya adalah terminal aki sudah berkarat, tegangan arus listrik pada aki yang sudah habis, dan lain sebagainya.

Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Mobil

Sebenarnya untuk permasalahan yang satu ini tidak hanya terjadi pada kondisi dingin saja melainkan ketika panas juga. Adapun penyebabnya adalah injector tertumpuk kotoran, choke mengalami masalah, saringan udara kotor dan lain-lain.

Dengan adanya masalah ini setidaknya mulai hari ini Anda sebagai pemilik harus lebih peduli lagi pada kesehatan mesin. Lakukan pengecekan berkala untuk memastikan bahwa masalah tersebut tidak dialami mobil Anda.

Ketiga ulasan diatas merupakan permasalahan yang sering terjadi pada mobil dan itu hal umum yang dialami oleh pemilik kendaraan. Meskipun demikian jika tidak ada masalah yang rumit dan terlanjur dibiarkan maka pengaruhnya pun tidak akan sampai ke komponen yang lain.

Baca Juga :  Info Lengkap! Spesifikasi Mobil Terios Terbaru 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *