Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik

Pertanda Ini Bisa Menjadi Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik

Memiliki mesin kendaraan yang baik menjadi keinginan hampir semua orang yang memiliki mobil. Pasalnya tanpa mesin yang berkualitas maka perfoma mobil juga tidak akan maksimal. Lantas bagaimana ciri kondisi mesin mobil baik? apakah ada pertandan yang dapat menjadi acuan untuk pengendara?.

Jawabannya adalah iya. Setiap komponen mamiliki pertanda masing-masing untuk memperlihatkan bahwa kondisinya sedang baik-baik saja. tidak terkecuali dengan mesin mobil yang memang menjadi jantung utama dari kendaraan roda empat tersebut. Nah, untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak penjelasan ini.

5 Pertanda Khusus yang Juga Menjadi Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik dan Sehat

1. Bunyi mesin masih sangat halus

Biasanya sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil, pasti Anda akan memanasinya terlebih dahulu dalam waktu 5 sampai 10 menit. Nah, dalam posisi inilah Anda dapat mengetahui ciri kondisi mesin mobil baik yang pertama yakni melalui bunyi yang dikeluarkannya.

Biasanya mesin mobil yang kondisinya sehat akan mengeluarkan suara konstan dan halus. Namun apabila kondisinya tidak sehat maka mesin akan mengeluarkan bunyi yang kasar, seperti ada gesekan maupun benturan. Untuk memastikannya Anda bisa mengecek suara ini di tempat yang sunyi.

2. Sistem pelumas bersih dan penuh

Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik

Bagi mesin, pelumas adalah bagian terpenting untuk keberlangsungan kualitasnya. Fungsi pelumas sendiri adalah menjaga supaya tidak terjadi gesekan pada mesin ketika pengendara menyalakannya. Bisa dikatakan tanpa pelumas mesin tidak akan bisa bekerja.

Adapun ciri mesin yang baik adalah ketika pelumas atau oli masih dalam keadaan yang bersih dan penuh. Untuk menjaganya Anda dapat menjadwalkan pergantian oli mobil. Jangan lupa pula untuk memberikan kualitas pelumas yang terbaik untuk kendaraan.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Mobil Yang Baik dan Benar

3. Tidak mengalami kebocoran

Pernahkah Anda melihat mesin mobil mengalami kebocoran atau keluaran cairan?, itu merupakan ciri bahwa kondisi mesin tidakaklah baik. Adapun ciri kondisi mesin mobil baik yakni ditandai dengan tidak adanya kebocoran dalam skala kecil maupun besar di dalam mesin itu sendiri.

Baik berupa bahan bakar ataupun pelumas (oli). Disamping itu saat mur dan baut juga harus dipastikan kuat dan tidak kendor. Pasalnya jika salah satunya mengalami dol atau tidak terpasag dengan kuat maka akan memberikan dampak yang membahayakan ketika mobil dipakai.

4. Saat memindahkan gigi bisa dilakukan secara cepat

Ciri kondisi mesin mobil baik yang keempat bisa Anda lihat ketika menggunakan kendaraan. Ketika Anda memindahkan gigi dapat dilakukan secara cepat maka bisa dipastikan bahwa mesin masih sehat dan kualitasnya terjaga.

Mesin yang baik pula dinilai memiliki perputaran gigi yang berlangsung dengan cepat. Begitupun sebaliknya, jika ada kesulitan saat hendak memindahkan gigi, maka kemungkinan besar terdapat masalah yang terjadi pada mesin kendaraan.

5. Warna asap normal

Ciri Kondisi Mesin Mobil Baik

Warna asap yang dikeluarkan oleh mobil juga dapat menjadi pertanda bahwa kondisinya baik. Bahkan asap ini pun bisa menjadi tolak ukur untuk menilai suatu mesin. Biasanya saat asap yang dikeluarkan oleh kendaraan berwarna putih atau hitam itu menunjukkan proses pembakaran tidaklah normal.

Namun bisa juga hal itu disebabkan karena terjadinya percampuran antara oli di dalam mesin. Akan tetapi apabila muncul tetesan air pada knalpot maka itu bukanlah ciri mesin rusak, melainkan sudah hal lumrah dan tidak perlu dikhawatirkan.

Setidaknya kelima ciri kondisi mesin mobil baik itu bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk membuktikan bahwa mesin masih stabil. Namun apabila tidak menunjukkan ciri diatas, bisa jadi ada masalah yang harus segera diatasi.

Baca Juga :  Penyebab dan Solusi Mobil Zebra Susah Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *