Ban Motor Pecah

Penyebab Ban Motor Pecah Secara Tiba-Tiba

Tidak hanya mobil saja yang sering mengalami masalah, namun motor pun sama. Terkadang Anda pun merasa heran karena perawatan sudah dilkukan secara esktra namun masih aja dibuat pusing oleh kendaraan pribadi. Misalnya saja tiba-tiba ban motor pecah saat digunakan berkendara atau lainnya.

Meskipun bisa dikatakan permasalahan ban bocor bukanlah hal yang besar, namun pengaruhnya bisa sangat membahayakan pengendara. Maka dari itu disarankan bagi Anda untuk tetap mengecek kondisi ban sepeda motor sebelum menggunakannya. Demi kenyamanan dan keselamatan Anda.

Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Ban Motor Pecah

Berbicara mengenai penyebab ban motor pecah ternyata ada beberapa hal sepele yang dapat menjadi pemicunya. Bahkan hal inipun sering dilalaikan oleh sebagian besar pengendara. Apa sajakah itu, silahkan simak penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Sering digunakan untuk melewati jalanan rusak

Ban Motor Pecah

Penyebab ban motor pecah pertama yang sangat sering diabaikan adalah kendaraans sering digunakan untuk melewati jalanan yang rudak. Baik itu berlubang, berkelok, banyak kerikil tajam, dan lain sebagainya. Biasanya jalanan ini banyak sekali ditemui pada sejumlah kawasan.

Oleh karenanya sebisa mungkin Anda harus bisa menghindarinya, karena akibatnya sangat kurang baik bagi kendaraan. Bahkan ban bisa saja tiba-tiba pecah dan membuat Anda oleng. Adapun ban rusak disebabkan jalanan yang berlubang membuat kawat di dalamnya rusak, terlebih jika ngebut.

2. Ban sudah expired

Expaied atau kedaluwarsa merupakan waktu tenggang masa pakai yang diperuntukkan pada barang maupun makanan. Umumnya barang-barang dari pabrik akan memiliki masa kedaluwarsa ini. Tidak terkecuali ban motor yang Anda gunakan.

Meskipun jika diamati dari bentuk fisiknya masih tidaklah berbeda, namun jika sudah melampaui masa batas pemakaiannya harap segera diganti. Pasalnya kondisi ban sudah tidak akan sebaik sebelumnya, bahkan rentan pecah hanya karena getaran rendah.

Baca Juga :  Kapan Ganti Oli Gardan untuk Mobil dan Motor agar Tahan Lama?

3. Ban tidaklah berkualitas

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis ban yang dapat digunakan oleh pengguna sepeda motor. Namun semakin berkualitas ban itu maka harganya pun akan semakin mahal. inilah yang membuat pengendara terkadang memilih kualitas yang buruk karena faktor harga.

Padahal kualitas ban dapat menjadi penyebab utama ban motor pecah secara tiba-tiba. Apalagi jika ban tersebut sudah berada di loak alias bekas. Untuk itulah lebih baik menggunakan yang sedikit mahal namun kualitasnya terjamin, dibandingkan murah namun Anda sering gonta-ganti.

4. Angin pada ban tidak diisi sesuai dengan standartnya

Ban Motor Pecah

Penyebab terakhir adalah pengisan angin pada ban tidaklah sesuai dengan standartnya. Umumnya yang terjadi di tengah masyarkat adalah kemalasan sehingga mengabaikan hal ini dan tetap menggunakan motornya untuk pergi ke suatu tempat. Padahal ban sudah gembos karena anginnya kurang.

Satu lagi yang sering terjadi adalah angin pada ban yang terlalu banyak sehingga membuat kondisi ban sangat keras. Oleh sebabnya perhatikan hal ini baik-baik. Setiap kendaraan memiliki kapasitas angin yang tidak sama, karena sudah sesuai dengan standartnya masing-masing.

Jika tidak mengetahui berapa kisaran standartnya, lebih baik bawa kendaraan ke tukang isi angin karena biasanya alat yang mereka pakai sudah ada standart pengisian. Dengan begitu angin yang terisi di dalam ban bisa lebih terukur dan tidak memberikan dampak yang merugikan bagi Anda.

Memperhatikan kondisi ban menjadi persoalan yang harus Anda lakukan. Pasalnya tanpa ban yang baik maka perfoma kendaraan pun akan terpengaruhi. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mulai memperhitungkan penyebab ban motor pecah agar Anda tidak mengalaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.