Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil

5 Tips Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil Paling Jitu

Memiliki mobil pribadi menandakan bahwa Anda harus siap dengan segala kosekuensinya. Akan ada banyak problem yang Anda alami dikemudian hari, karena seiring berjalannya waktu perfoma mesin pun pasti menurun. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah cara mengatasi overheat pada mobil.

Bagaimana tidak overheat menjadi permasalahan yang cukup sering terjadi. Adapun penyebab yang paling utama adalah kurang perhatiannya di pemilik kendaraan terhadap kondisinya. Padahal perawatan mobil sendiri  membutuhkan perhatian ekstra, terlbih untuk komponen-komponen penting seperti mesin.

Perhatikan Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil Paling Jitu

Seperti yang sudah dijelaskan oleh para pakar otomotif bahwa perawatan kendaraan roda empat tidak hanya sebatas mengganti oli dengan kualitas terbaik saja. melainkan masih ada banyak komponen yang tidak luput dari perawatan, adapun berikut ini adalah sejumlah cara mengatasi overheat pada mobil.

1. Hentikan mobil dan langsung matikan mesinnya

Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil

Ketika Anda mengalami permasalahan seperti overheat mobil di perjalanan langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan kendaraan dan langsung mematikan mesinnya. Namun lakukanlah di tepian jalan yang sekiranya aman dan tidak menganggu pengendara lain.

Adapun tujuannya adalah membuat suhu mesin kembali normal atau turun sehingga tidak terjadi kerusakan pada bagian komponen mobil lainnya. Biasanya overheat jika dibiarkan terus menerus akan berimbas pada kerusakan yang lebih parah.

2. Bukalah kap mesin mobil

Cara mengatasi overheat pada mobil yang kedua adalah membuka kap mesin mobil supaya udara panas yang  masih ada di dalam ruangan mesin tidak memberikan dampak yang merugikan bagi komponen lain. Pasalnya suhu akan sangat panas dan harus segera di keluarkan.

Baca juga : Perhatikan 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat Agar Awet

Baca Juga :  Berikut Tips Agar Motor Tidak Cepat Panas

Akan tetapi untuk melakukan langkah kedua ini Anda harus berhati-hati. Pasalnya terkadang tuas penyangga kap juga ikut menjadi sasaran dari temperature suhu yang panas itu. Sehingga jika tersentuh kulit akan melepuh.

3. Jangan pernah membuka tutup radiator

Perhatikan langkah ketiga ini dengan baik. Ingat saat mesin kendaraan mengalami overheat maka jangan pernah sekalipun mencoba untuk membuka tutup radiator. Adapun alasannya akan sangat membahayakan bagi Anda dan juga bisa merusak radiator itu sendiri.

Mesin mobil yang sangat panas akan memunculkan uap dan air dengan temperature yang tinggi pula. Saat radiator dibuka maka air dan uap tersebut akan keluar dan bisa menyebabkan luka bakar yang serius apabila bersentuhan dengan kulit Anda.

4. Melakukan pemeriksaan terhadap tabungan air pada cadangan radiator

Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil

Cara mengatasi overheat pada mobil keempat adalah memerikan bagian tabungan air pada cadangan radiator kendaraan. Pastikan air tersebut tidak kurang karena akan berimbas fatal bagi mesin mobil. Namun apabila terjadi demikian jangan langsung panik.

Anda bisa menambahkan cairan pendingin hingga berada di posisi garis atas. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan kondisi mesin yang panas ataupun dingin. Akan tetapi jika mobil Anda hanya memiliki radiator tanpa adanya tabung maka tunggulah sampai kondisi mesin stabil alias dingin.

5. Minta bantuan jika tidak ada pengalaman

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah meminta bantuan kepada teknisi terdekat jika memang tidak berpengalaman. Apalah daya mengatasi overheat ini memang bukanlah hal yang sulit. Namun kalau tidak ada pengetahuan lebih baik meminta bantuan kepada yang lebih berpengalaman.

Demikianlah penjelasan mengenai kelima cara mengatasi overheat pada mobil yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah itu sendiri. Lakukan dengan baik jika memang dirasa bisa dan kalau ragu mintalah bantuan kepada mekanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *