Advertisements
Advertisements

Cara Edit Video Movie Maker

Advertisements

Cara Edit Video Movie Maker – Windows Movie Maker adalah aplikasi pengeditan dan pembuatan video sederhana dari Microsoft untuk pengguna sistem operasi Windows. Software ini otomatis terinstal di Windows XP dan bisa langsung digunakan.

Untuk Windows 7 dan 8 Anda perlu mengunduhnya lalu menginstalnya. Tenang saja, software ini open source atau gratis dan tidak perlu update secara berkala. Saya akan berbicara tentang panduan membuat tayangan slide video dengan Windows Movie Maker.

Cara Edit Video Movie Maker

Windows Movie Maker sangat mudah digunakan, tampilannya sederhana dan cocok untuk pemula yang hanya menggunakan Windows Movie Maker. Namun, agar lebih jelas, sebaiknya ikuti panduan di bawah ini.

Windows Movie Maker 2012 (16.4.3528.0331) Free Download

1. Buka Windows Movie Maker. belum sempat Download Gratis disini (password RAR: .blogspot.com). Hanya berukuran 9 MB dan kompatibel dengan OS Windows Vista, 7, 8, 8.1.

Perhatikan bahwa WMM yang saya gunakan adalah versi 6 yang merupakan versi gratis, sedangkan WMM sudah menggunakan sistem berbayar sejak tahun 2012. Jadi kami akan berlatih dengan perangkat lunak versi gratis.

3. Pilih media yang ingin direkam, misalnya foto, video, musik, dll. Disarankan untuk memasukkan semua bahan ke dalam folder agar lebih mudah.

3. Setelah memasukan semua media, pilih media yang ingin dimasukkan dengan menekan Ctrl+A, lalu klik kanan, lalu klik Add to Storyboard/Timeline (Ctrl+D)

How To Download And Use Windows Movie Maker On Any Pc

5. Pilih transisi yang diinginkan, seret ke kotak merah seperti yang ditunjukkan. Untuk membuatnya lebih cepat, Anda hanya dapat menggunakan satu transisi untuk semua tampilan. Caranya klik kanan pada transisi, lalu klik Copy, lalu Ctrl + Apa Storyboard/Timeline, lalu Paste

6. Video sudah cukup bagus, tapi tambahkan efek agar video lebih enak ditonton. Klik pada bagian di bawah lalu pilih Efek.

9. Coba tonton videonya apakah sudah cukup bagus atau masih ada yang kurang. Gunakan berbagai efek dan transisi yang tampak halus untuk membuat hasilnya menakjubkan bagi semua orang yang melihatnya.

Oke, video sudah selesai dan siap untuk ditonton. Berikut adalah hasil video yang saya buat dengan Windows Movie Maker.

Aplikasi Edit Video Ini Cocok Untuk Smartphone Spesifikasi Rendah

Tidak semua panduan yang saya berikan karena banyaknya fitur di sini yang cukup sulit untuk dijelaskan. Maaf kalau panduannya kurang jelas. Jika ada pertanyaan, komentar atau buka halaman kontak admin Home › Teknologi › Video › 4 Cara Mudah Membuat Video atau Edit Film Pendek dengan Windows Movie Maker

Satu hal tentang revolusi teknologi saat ini adalah kita memiliki jauh lebih banyak teknologi daripada yang kita ketahui cara menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk video, baik untuk pembuatan video maupun untuk editing film pendek.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kemudahan akses pengetahuan dan informasi melalui internet, membuat video atau mengedit film pendek kini tidak sesulit yang dibayangkan.

Dengan teknologi yang semakin canggih dan kemudahan yang ditawarkannya, siapapun kini dapat dengan mudah membuat video atau mengedit film pendek dengan menggunakan laptop atau komputer.

Cara Membuat Slide Video Dengan Windows Movie Maker

Baca Juga: Tiga Langkah Membuat Profil Blog Video Menggunakan Microsoft PowerPoint Windows Movie Maker adalah aplikasi edit video gratis dari Microsoft. Aplikasi ini merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak Windows Essentials yang menawarkan kemampuan untuk membuat video atau mengedit film pendek dan mempostingnya di berbagai jejaring sosial seperti Facebook dan YouTube.

Jadi bagaimana Anda bisa menggunakan aplikasi ini? Bagaimana cara membuat video? Bagaimana cara mudah mengedit film pendek? Simak cara selanjutnya ya!

1. Menentukan sumber dokumen digital untuk video atau film pendek.

Jika sumber dokumen digitalnya kurang lengkap, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu atau mengunduhnya dari berbagai tempat yang menyediakan dokumen tersebut, baik dari situs berbayar maupun gratis.

Daftar 7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pc/laptop

Untuk menemukannya gunakan saja kata kunci seperti download film, atau bisa juga download gambar, suara dan musik. Silakan sesuaikan kata kunci tersebut dengan kebutuhan Anda. Agar pencarian semakin mendunia, dengan hasil pencarian yang semakin banyak, coba cari dengan kata kunci cara download film di Google!

Saat dokumen digital selesai, cukup impor dokumen digital. Cara mengimpor sumber dokumen digital ke dalam Windows Movie Maker adalah dengan memilih menu Import Video dari submenu 1. Capture Video.

2. Saatnya mengedit! Setelah mengisi semua dokumen digital, saatnya memulai proses editing. Tidak ada ketentuan khusus dalam proses ini, semua tergantung selera dan kebutuhan masing-masing penerbit.

Namun tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan selama proses editing dengan aplikasi besutan Microsoft ini, yaitu:

Cara Menggunakan Windows Movie Maker 10 +gambar

3. Tambahkan judul, transisi, dan efek.

Agar video yang Anda buat lebih menarik, ada baiknya menambahkan judul di awal video yang menjelaskan tentang video tersebut.

Selain judul, kredit atau hak cipta dapat ditambahkan ke video di akhir video. Kredit dapat mencakup informasi tentang siapa yang membuat dan membintangi video tersebut (seperti yang terlihat di bioskop dan DVD).

Untuk meningkatkan tampilan video ketika salah satu video atau gambar akan dipindahkan ke video atau gambar berikutnya, tambahkan efek transisi.

How To Make A Split Screen Video On Windows Movie Maker

Cara menambahkan efek transisi antara gambar, video, dan judul ke storyboard sangat mudah. Pilih menu Tools, lalu menu Video Transitions.

Ada banyak sekali transisi berbeda di Windows Movie Maker ini yang dapat dipilih untuk membuat video Anda semakin indah!

Baca juga : Video : Belajar Menulis dan Menghubungkan Huruf Arab (Hijaiyyah) Dengan menambahkan efek video akan memberikan efek khusus pada video yang anda buat. Misalnya, menambahkan salah satu efek “Umur” membuatnya tampak seperti video lama.

Cara menambahkannya sama seperti Transitions, pilih menu Tools kemudian pilih menu Video Effects. Silakan sesuaikan dengan keinginan Anda, sehingga menghasilkan video yang lebih indah.

Cara Menyimpan Video Movie Maker Ke Cd Dvd

4. Posting dan bagikan! Ketika video atau film pendek sudah siap dan sesuai dengan selera Anda, simpan saja sebagai video yang siap diputar.

Untuk melakukannya, pilih menu 3. Akhiri film dan jendela wizard penyimpanan film akan terbuka. Harap isi berbagai bidang, nama, dan lokasi tempat video akan disimpan di drive. Tunggu beberapa saat dan video siap diputar dan dibagikan di jejaring sosial!

Nah, itulah 4 cara mudah membuat video atau mengedit film pendek menggunakan aplikasi Windows Movie Maker. Silahkan dicoba dan jangan lupa bagikan hasilnya! Peningkatan ini juga bukan tanpa alasan, selain juga meningkatkan minat menonton video, khususnya di platform penyedia video.

Dengan peningkatan ini, akan ada lebih banyak pembuat video dari tahun lalu. Kelahiran nomor

Aplikasi Movie Maker Terkeren Di Smartphone

Di platform penyedia video seperti YouTube dan Instagram, orang berlomba-lomba memproduksi sebuah video sebagai wadah untuk berkreasi. Orang yang berusaha keras untuk menghasilkan karya ini biasanya disebut sebagai

Bukankah namanya keren? Oh, atau mungkin semua yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terdengar lebih keren. tertawa terbahak-bahak

Dan hal-hal menarik dan teknis seperti video editing adalah hal yang harus Anda pelajari. Pastikan Anda dapat mengedit video untuk mendukung menjadi pembuat konten.

Mengedit video itu mudah, gampang, kalau sudah terbiasa gampang, tapi susah kalau baru memulai. Pertama, pelajari dasar-dasar pengeditan video.

Aplikasi Movie Maker Terbaik, Cocok Untuk Vloger!

Ya, sebelum memulai belajar, Anda harus menyiapkan peralatan terlebih dahulu seperti laptop, dan juga aplikasi edit video Ada banyak sekali aplikasi edit video.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memotong video dengan Movie Maker, jadi pastikan aplikasi Windows Movie Maker tersedia di laptop Anda.

Meski sudah dihentikan oleh Microsoft per 10 Januari 2017, masih banyak orang yang menggunakan Windows Movie Maker untuk mengedit video.

Alasan saya menggunakan Movie Maker karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat ramah bagi pemula, dan biasanya laptop yang memiliki OS Windows sudah disertakan langsung di perangkatnya. Namun jika belum terinstal, Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu agar bisa langsung mempraktekkan hal-hal dasar dalam mengedit video.

Windows Movie Maker Download Offline Installer 32/64 Bit Free

Ada dua hal yang perlu anda ketahui dalam editing video dengan memotong video, pemotongan ini terbagi menjadi dua yaitu “Trim” dan “Split”.

Saat merekam video tentunya dilakukan secara terus menerus dan berulang kali untuk hasil terbaik. Namun terkadang pengambilan video lama tidak bisa merekam semua yang ada di dalam video karena durasinya pasti akan lebih singkat dari proses perekaman video.

Untuk itu sebaiknya edit video dengan mengambil bagian-bagian penting dan menghilangkan bagian-bagian yang dianggap mengganggu dari video tersebut. Untuk membuang bagian atau memotong bagian yang tidak penting, Anda dapat menggunakan “Trims”. fitur ini merupakan cara trim video di laptop yang bisa digunakan untuk mempersingkat durasi video yang akan diproduksi.

“Trims” disebut juga trimming di awal dan akhir video. Dengan adanya cropping ini akan menghasilkan video yang lebih efisien dalam waktu dan durasi, karena video yang terlalu panjang juga akan membosankan bukan?

Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pc Dan Laptop

Untuk memotong video dapat dilakukan dengan Windows Movie Maker. Nah berikut adalah cara “Trim” atau cara memangkas video dengan Adobe Movie Maker yang bisa dilakukan di komputer atau laptop.

Buka aplikasi Windows Movie Maker yang sudah ada di laptop anda, kemudian buka aplikasi tersebut dan akan muncul layar import video untuk di edit seperti berikut.

Saya bawa dari laptop karena videonya pendek dan gampang dicari. Setelah mengimpor video yang ingin Anda edit, klik menu edit

Setelah klik menu edit maka akan muncul gambar seperti diatas, banyak menu yang bisa digunakan untuk edit video dan memotong video dengan cara “Cut”, klik menu seperti dibawah ini.

Cara Membuat Dan Mengedit Video Menggunakan Movie Maker

Kemudian jika Anda memilikinya, akan ada layar untuk dipotong sesuai dengan yang Anda inginkan pada detik berapa dan berakhir pada detik berapa. Ketika Anda telah menentukan berapa banyak yang akan dipotong, klik “simpan”

Sekarang video akan dipotong sesuai batas