Tips Merawat Motor yang Sering Digunakan Berpergian Jauh

Tips Merawat Motor yang Sering Digunakan Berpergian Jauh

Sejatinya fungsi motor memang digunakan untuk mengantarkan pengendara ke tujuannya baik jarak dekat maupun jauh. Namun menjaga kualitasnya diwajibkan, terutama menerapkan tips merawat motor yang sering digunakan berpergian jauh.

Pasalnya jika dibandingkan dengan motor yang sering dipakai jarak dekat, motor diatas akan memiliki beban yang lebih berat sehingga membutuhkan perawatan yang lebih spesifik. Untuk itu penjelasan berikut akan sedikit memberikan bantuan Anda. Simak baik-baik.

 4 Tips Merawat Motor yang Sering Digunakan Berpergian Jauh

Berpergian jauh memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Maka dari itu menjaga perfoma kendaraan akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda terutama perihal kenyamanan.

1. Memanasi mesin setiap hari

Tips Merawat Motor yang Sering Digunakan Berpergian Jauh

Mesin merupakan komponen kendaraan yang berpengaruh untuk kinerjanya. Tanpa mesin sepeda motor tidak akan bisa berjalan bahkan hidup. Maka dari itu ada satu cara merawat motor yang sangat penting untuk dilakukan.

Yakni selalu meluangkan waktu untuk memansi mesin di setiap harinya. Ingat, setiap hari bukan setiap kali ingin digunakan. Mesin yang dibiarkan terlalu lama akan membuatnya tidak bekerja dengan maksimal bahkan keropos. Tak perlu meluangkan waktu lama cukup 10 menitan saja.

2. Segera cuci jika terkena air hujan atau kotoran

Tak menutup kemungkinan ketika Anda menggunakan motor di jarak jauh akan membuatnya kotor dan berdebu. Apalagi jika di perjalanan Anda diguyur derasnya air hujan. Lantas bagaimana cara mempertahankan kualitasnya jika alam pun tidak bersahabat?.

Jadi untuk hal ini Anda haruslah mengeluarkan waktu berlebih untuk segera mungkin mencucinya. Pastikan kendaraan tidak lagi tertempel air hujan yang bisa membuat karat, keropos, dan melunturkan warnanya. Ditambah cek bahwa semua komponennya bebas dari kotoran.

Baca Juga :  Toyota Yaris Raih Penghargaan Hatchback Car Pilihan Gen-Z

Baca Juga : Tips Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Memudar

Dengan begitu motor akan tetap berkualitas baik secara fisik maupun mesinnya. Kalaupun memang sudah capek, bisa diguyur menggunakan air bersih saja dulu yang penting sisa air hujan dan kotoran luntur. Baru besoknya bisa dibawa ke tukang cuci atau melakukannya sendiri.

3. Rutin mengganti oli

Tips Merawat Motor yang Sering Digunakan Berpergian Jauh

Selain mesin oli pun berperan besar dalam perfoma kendaraan. Tanpa oli mesin tidak mendapatkan pelumas dan itu bisa mempercepat kerusakannya. Nah inilah  tips merawat motor yang sering digunakan berpergian jauh yang berikutnya.

Dimana Anda wajib memperhatikan waktu dan jadwal untuk mengganti oli. Jika ingin lebih maksimal pastikan Anda membeli oli yang berkualitas. Karena kualitasnya pun akan berpengaruh pada perfoma kendaraan. Semakin baik maka Anda pun akan semakin nyaman saat mengendarainya.

4. Merawat filter udara

Mobil dan motor memiliki komponen yang sangat banyak. Diantara sekian banyak jenisnya ada satu komponen yang juga tidak kalah penting untuk dicek, bahkan ini menjadi  slah satu komponen yang wajib terus dicek yaitu Filter Udara.

Fungsinya sebagai penyaring bahan bakar kendaraan dari kotoran. Jika filter udara dipenuhi dengan kotoran maka bisa jadi aliran bahan bakar akan terhambat dan itu bisa menyebabkan masalah pada perjalanan Anda. Disamping itu filter udara juga memegang peranan penting dalam konsumsi bahan bakar.

Filter udara yang kotor akan membuat kendaraan tidak melaju dengan baik karena tenaganya kurang. Sehingga hal itu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak atau boros. Jika itu terjadi, Anda sendiri bukan yang akan rugi karena pengeluaran bertambah.

Itulah penjelasan mengenai  tips merawat motor yang sering digunakan berpergian jauh. Pastikan Anda melakukannya dengan baik supaya motor pun tetap oke dan memberikan kenyamanan berkendara.

Baca Juga :  Wajib Diperhatikan! Inilah 5 Penyebab Dibalik Oli Power Steering Bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published.