Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Sejarah! 4 Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Persaingan antar perusahaan otomotif seolah tidak ada habisnya. Bagaimana tidak di Indonesia saja asa sekitar 4 perusahaan besar yang berlomba mendapatkan segmen pasar terbanyak. Di belakang itu semua, sebenarnya ada sejarah menarik terkait pabrikan motor paling tua di Indonesia.

Dimana kendaraan ini dinilai sebagai nenek moyang munculnya motor-motor di era sekarang ini. Sebagai pecinta motor tentu saja Anda tidak boleh melewatkan informasi yang sangat menarik ini. Untuk itu yuk simak ulasan yang ada di bawah ini, dan bagikan jika bermanfaat.

4 Pabrikan Motor Paling Tua di Tanah Air

Berbicara mengenai persaingan, keempat perusahaan otomotif kendaraan bermotor sebenarnya sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu. Hanya saja jaman sekarang lebih gencar mengeluarkan produk baru dalam kurun waktu yang tidak terlalu jauh.

1. Kawasaki

Jika dibandingkan dengan perusahaan yang lain Kawasaki bisa dikatakan sebagai motor paling tua pertama. Pabrikan ini didirikan oleh Shozo Kawasaki pada tahun 1878. Bisa dikatakan pula bahwa Kawasaki merupakan anak dari Kawasaki Heavy Industries.

Dimana perusahaan tersebut memproduksi kapal terbesar di negara Jepang. Setelah perang dunia ke II usai Kawasaki memproduksi beberapa tipe motor seperti 2-tak 60 cc, 150 cc, dan 4-tak 250 cc. Barulah di tahun 1954 Kawasaki memproduksi motor secara utuh.

2. Yamaha

Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Pabrikan motor paling tua selanjutnya adalah Yamaha. Yamaha sendiri mempunyai kisah masa lalu yang berbeda dengan Kawasaki. Pasalnya perusahaan ini dulu bukan bergerak di bidang otomotif melainkan piano organ dan didirikan pada tahun 1887.

Adapun nama pendirinya adalah Torakusu Yamaha. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut mengambil nama dari pendirinya. Yamaha meluncurkan produk motor pertama kali di tahun 1955 dengan merek Yamaha YA-1. Meskipun baru muncul namun produk ini diterima baik oleh masyarakat.

Baca Juga :  Rekomendasi Aksesoris Sepeda Motor untuk Pengendara

3. Suzuki

Suzuki merupakan perusahaan otomotif yang didirikan pada tahun 1909 oleh Michio Suzuki.  Langkah awal yang digunakan mereka ketika masuk ke dunia otomotif terbilang sangat unik. Anak dari Michio memberikan ide untuk menempelkan mesin ke sepeda dan diubah menjadi motor.

Pada akhirnya ide tersebut menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi mereka. Selepas hal itu mereka meluncurkan mesin pertama kali yang diberi nama Power Free di tahun 1952. Di tahun 1953 mereka kembali memproduksi mesin dengan merek Mini Free.

Sementara jarak satu tahun setelahnya yakni 1954 diluncurkanlah sepeda motor yang pertama dengan merek Suzuki Colleda CO. Meskipun terbilang baru namun sepeda tersebut mendapatkan respon positif dari konsumen.

4. Honda

Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Honda yang kita kenal sekarang ternyata menduduki peringkat 4 sebagai perusahaan motor paling tua. Bisa dibilang bahwa Honda ini yang paling muda diantara lainnya. Honda didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 1948. Meskipun sebenarnya sudah pernah ada di tahun 1937 yang fokus pada mesin.

Di tahun 1948 lah Honda benar-benar memfokuskan pada produk otomotif. Setahun setelah pengesahan pendiriannya Honda langsung meluncurkan produk motornya yang pertama kali. Motor tersebut bernama Honda D-Type.

Nama D menjadi lambang Dream yang berarti mimpi. Hal itu memberikan pertanda bahwa Honda ingin mewujudkan mimpi untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat dalam bidang otomotif. Selang 10 tahun Honda sudah bisa mengekspor produknya ke Amerika Serikat.

Beberapa nama dari perusahaan motor paling tua di atas sekarang sudah mendunia. Bahkan semua produknya terlihat lalu lalang di jalanan setiap negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.