Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Memudar

Tips Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Memudar

Motor di jaman millennial ini bukanlah barang yang diagung-agungkan karena hampir semua orang memilikinya. Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya adalah cara merawat cat motor supaya tetap kinclong dan tidak memudar atau busem.

Biasanya warna pada motor juga menjadi simbol harganya. Jadi jika ingin dijual kembali maka Anda tidak harus menanggung kerugian dalma jumlah yang besar. Terlepas dari itu semua, ada sejumlah tips yang dapat Anda coba. Untuk mengetahuinya silahkan dibaca penjelasan berikut ini.

Ketahui Cara Merawat Cat Motor Kesayangan Anda Agar Tidak Pudar

1. Jadwalkan mencuci motor

Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Memudar

Biasanya pemilik motor akan malas pada satu kegiatan yakni mencuci kendaraannya. Padahal efeknya sangat besar untuk warna body dan juga kilauannya. Memang mencuci kendaraan termasuk salah satu cara merawat cat motor yang mudah.

Bagaimana tidak, kalau malas Anda hanya perlu membawanya ke tukang cuci kendaraan. Dalam hal inipun Anda cukup melakukannya 2 minggu sekali atau ketika motor sudah sangat kotor. Dengan begitu motor akan selalu kinclong dan menarik.

2. Bersihkan motor secara menyeluruh

Dikarenakan beberapa faktor biasanya pemilik kendaraan hanya akan membersihkannya di bagian-bagian yang dirasa terlihat saja. Padahal debu dan kotoran bisa saja mennyelinap ke bagian-bagian sempit dan tidak terlihat. Inilah pula yang memicu keropos pada komponen motor.

Untuk itu sangat disarankan ketika Anda memberishkan motor pastikan dilakukan secara menyeluruh sampai ke bagian yang tak terlihat. Gunakan sikat gigi jika memang tak terjangkau, atau kalau punya bisa pakai kuas lembut supaya tidak merusak kualitas komponen yang dibersihkan.

3. Menggunakan cover atau penutup

Cara merawat cat motor yang berikutnya bisa dilakukan dengan membeli cover atau penutup kendaraan roda dua. Biasanya motor akan terkena debu ataupun polutan. Perlu diketahui bahwa meskipun kecil keduanya bisa merusak atau memudarkan warna pada kendaraan.

Baca Juga :  Yang Bikin Polisi Tidur Tak Bermoral, SUV Kia Terjebak Di Tengah

Di pasaran cover motor sangat banyak, kalau ingin membeli dipersilahkan. Akan tetapi jika tidak punya budget lebih, Anda dapat memanfaatkan kain di rumah yang sekiranya dapat menutupi body kendaraan. Pastikan pula memakaiannya ketika malam hari.

4. Tidak parkir di sembarang tempat

Parkir juga termasuk faktor yang berpengaruh pada kualitas warna kendaraan, termasuk motor. Secara tidak sadar, banyak orang yang menyepelekan hal ini, padahal akibatnya sangat fatal. Lantas bagaimana solusinya?.

Jadi ketika Anda berpergian dan mampir ke suatu tempat pastikan motor berada di tempat yang sesuai yakni teduh. Dengan begitu warna motor tidak akan bersentuhan langsung dengan sinar matahari, yang sejatinya dapat memudarkan warna.

Hal tersebut dikarenakan sinar matahari ini bisa memberikan reaksi pada lapisan cat body kendaraan. Maka dari itu jangan mengabaikan hal ini kalau masih ingin motor mulus.

5. Langsung cuci ketika terkena air hujan

Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Memudar

Cara merawat cat motor yang terakhir adalah langsung mencuci kendaraan ketika terkena air hujan. Saat Anda berkendara dan terguyur hujan, sampai di rumah segerakan membersihkan kendaraan. Air hujan memiliki kandungan garam yang sifatnya korosif.

Hal itulah yang membuat warna cat motor akan memudar bahkan karatan. Cara sederhannya, cukup siram dengan air bersih dan pastikan sisa-sisa lumpur atau kotoran tidak menempel pada kendaraan Anda.

Itulah kelima tips untuk cara merawat cat motor supaya tetap cerah dan tidak memudar. Kinclongnya motor Anda akan membuat semakin pede ketika mengendarainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.