Komponen Mobil yang Wajib Dirawat

Perhatikan 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat Agar Awet

Bila diasumsikan mobil memiliki bagian-bagian yang mirip dengan tubuh manusia. Ketika salah satunya bermasalah maka akan berpengaruh ke bagian yang lain. Sebagai pemilik Anda diwajibkan mengetahui komponen-komponen mobil yang wajib dirawat.

Hal tersebut dikarenakan komponen tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk kendaraan, dan apabila mengalami kerusakan maka Anda sendiri lah yang harus menanggung semua biaya perbaikannya. Apa sajakah komponen tersebut?, baca penjelasan berikut ini.

Perhatikan 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat Berikut Ini

1. Ban

Mobil memiliki 4 ban, dua bagian depan dan 2 bagian belakang. Ketika salah satu ban meletus atau bocor, maka kendaraan tidak akan bisa jalan dengan sempurna. Maka dari itu ban menjadi komponen mobil yang wajib dirawat.

Pastikan Anda sebelum berkendara mengecek kondisi ban terlebih dahulu untuk menghindari masalah di jalanan. Ban haruslah memiliki tekanan angin yang cukup, tidak halus, dan bersih dari kotoran yang menempel di permukaannya.

Meskipun ada ban mobil cadangan, akan tetapi sangat merepotkan apabila Anda buru-buru ke lokasi namun ban bocor di tengah perjalanan. Selain itu memasang ban juga membutukan waktu yang tidak sebentar, jadi disarankan untuk memperhatikan betul perawatannya.

2. Aki

Komponen Mobil yang Wajib Dirawat

Aki bisa dikatakan jantung bagi mobil. Tanpanya mobil tidak bisa maksimal kinerjanya, dan bahkan bisa terhenti. Sebagai contoh sederhananya, ketika Anda menghidupkan mobil pasti membutuhkan daya listrik dari aki. Makanya aki perannya sangat vital bagi kendaraan.

Untuk menjaga kualitasnya, Anda bisa mengecek kondisi aki setiap satu bulan sekali atau dua kali. Apabila mobil menggunakan aki basah, maka pastikan cairan keelektronikannya masih baik. Jika kurang segera tambahkan, dan jika berkarat langsung bersihkan.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Ukuran Wiper Mobil Lengkap Terbaru

3. Suspensi

Suspensi merupakan komponen mobil yang dapat menjadi peredam getaran pengendara. Kenyamanan berkendara sangat dipengaruhi oleh suspensi mobil. Oleh sebabnya jangan biarkan suspensi mobil Anda rusak karena perjalanan pun akan terganggu.

Untuk menjaga suspensi Anda hanya perlu memastikan beban yang dibawa oleh mobil tidak melebihi ambang batas wajarnya. Begitupun dengan perjalanannya, usahakan untuk memelankan kendaraan ketika jalanan tidak baik (berlubang, berbelok, dan terjal).

4. Mesin

Selain ketiga komponen diatas, mesin pun termasuk salah satu yang harus diperhatikan kondisinya. Banyak kendaraan di luaran sana yang mogok di tengah jalan, atau bahkan tidak berfungsi karena mesinnya sudah tidak baik, berkarat, ataupun bermasalah lainnya.

Menjaga mesin tidak mengharuskan Anda untuks elalu keluar uang, karena yang harus dilakukan hanyalah memanasi kendaraan di setiap harinya. Waktunya pun tidak harus berlama-lama cukup 10 sampai 15 menit saja.

5. Transmisi

Komponen Mobil yang Wajib Dirawat

Komponen mobil terakhir yang harus mendapatkan perawatan ekstra adalah transmisi. Berbicara mengenai transmisi fungsinya pun tidak kalah penting. Pasalnya komponen ini akan berguna sebagai sistem pemindah kekuatan atau tenaga kendaraan mobil pada poros propeler.

Sehingga jika transmisi rusak maka pengaruhnya bisa ke alat-alat lain. Tidak heran jika transmisi pun termasuk vital. Untuk merawatnya Anda cukup memastikan oli diganti sesuai dengan jadwalnya. Jangan sampai menunda. Disamping itu selalu posisikan transmisi pada momen yang paling tepat.

Mobil memiliki komponen yang sangat banyak. Namun kelima komponen mobil yang wajib dirawat tadi membutuhkan perhatian ekstra supaya fungsinya tetap maksimal. Disamping itu ketika kelima komponen diatas rusak, biaya perbaikannya pun tidaklah sedikit. Maka dari itu jangan pernah menyepelekannya.

Baca Juga :  4 Daftar Mobil Sport Murah, Harga Dibawah 1 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *