Lebih Baik Iphone Atau Android

Lebih Baik Iphone Atau Android – Katakanlah Anda ingin membeli smartphone baru, kemungkinan besar Anda hanya bisa memilih dua jenis platform di tahun 2021, yaitu Android atau iPhone.

Kedua platform ini umumnya mendominasi seluruh pasar smartphone di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir. Menurut laporan IDC, hanya kurang dari 0,1% smartphone yang menggunakan platform selain Google Android dan Apple iOS.

Lebih Baik Iphone Atau Android

Oleh karena itu, artikel ini akan sedikit menjelaskan tentang keunggulan masing-masing dari dua “sekte utama” smartphone tersebut. Android vs. IPhone ini semakin semarak karena Apple telah merilis iOS 15, dan Google baru-baru ini merilis Android 12.

Kenapa Iphone Mahal Padahal Spek Rendah? Ternyata Karena 2 Hal Ini

Kedua platform ini dapat dianggap matang pada tahap ini setelah lebih dari sepuluh tahun sejak diperkenalkan. Kesenjangan antara kekurangan satu dan lainnya juga menyempit karena keduanya belajar dari satu sama lain apa yang diinginkan pengguna.

Pertama, artikel ini hanyalah gambaran singkat tentang perbandingan antara kedua ekosistem ini. Namun, pilihan terakhir ada di tangan Anda sebagai konsumen yang cerdas.

Tujuan utama dari keunikan platform Android ini adalah lebih banyak kebebasan untuk mengelola perangkat oleh pengguna, fitur-fiturnya yang inovatif, serta keragaman yang ditawarkan dengan pertimbangan sesuai anggaran.

Sebagian besar smartphone di dunia menggunakan Android karena banyak perusahaan yang memproduksi smartphone Android. Bahkan, merek ponsel yang pernah bersaing dengan Android, Nokia kini juga menggunakan Android sebagai sistem operasi ponselnya.

Aplikasi Penyadap Iphone & Android (gratis)

Berbagai model ponsel Android tersedia di pasar berdasarkan anggaran pengguna. Mulai dari harga termurah di bawah RM500 seperti Samsung A02 dan Realme C21 hingga yang mahal seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Asus Phone ROG 5 Ultimate.

Anda dapat menemukan semua jenis ponsel yang menggunakan platform Android sesuai anggaran Anda atau model yang menawarkan beberapa fitur eksklusif.

Meski kedua platform tersebut sudah lama hadir di pasaran, Android tetap memiliki reputasi sebagai platform terbaik bagi pengguna yang gemar melakukan modding.

Yang menawarkan widget yang dapat disesuaikan dan aplikasi dapat ditempatkan di mana saja. Fitur ini hanya dapat dilanjutkan dengan iPhone terbaru sejak pengenalan iOS 14.

Beralih Dari Android Ke Iphone, Ipad, Atau Ipod Touch

Faktanya, Android mengizinkan penggunaan aplikasi layanan pihak ketiga utamanya seperti browser web, keyboard, dan pemutar media. Pengguna dapat mengatur aplikasi sebagai

Ponsel Android saat ini mengandalkan sepenuhnya pada port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data. Fitur ini nyaman bagi pengguna karena port USB-C tersedia di hampir semua perangkat kecuali smartphone Android.

Tidak seperti Apple yang menggunakan kabel Lightning, menggunakan kabel USB-C memudahkan untuk menukar kabel antar perangkat dari produsen yang berbeda. Bahkan, ini juga memungkinkan Anda mentransfer data ke lebih banyak perangkat.

Standar USB-C tetap juga memudahkan produsen untuk fokus pada pengembangan teknologi seperti pengisian daya yang lebih cepat.

Kelebihan Iphone Dan Kekurangannya Dibanding Hp Android

Sebagian besar pengguna bahkan tidak perlu memanipulasi sistem file di ponsel cerdas mereka. Namun, hal ini tidak menghalangi Android untuk menyediakan fungsionalitas ini.

Antara file saat Anda menyambungkan perangkat Android ke komputer. Dengan cara ini pengguna tidak merasa canggung untuk mengelola file antar perangkat karena mirip dengan mentransfer antar drive penyimpanan PC.

Apple juga telah memperkenalkan fitur inovatif barunya sendiri. Namun, Android memiliki keunggulan dalam memperkenalkan fitur-fitur baru karena memiliki komunitas dan cluster pengembangan yang lebih besar.

Bahkan, banyaknya perusahaan pengembang ponsel Android juga memicu persaingan untuk memperkenalkan inovasi terbaru. Fitur baru yang inovatif yang hadir di Android sebelum iPhone meliputi:

Hal Ini Nggak Bisa Dilakukan Di Iphone

Apalagi produsen ponsel Android sudah berani memperkenalkan sesuatu yang unik seperti tombol bahu haptic khusus untuk mobile gaming.

Bahkan, fitur-fitur inovatif lainnya yang diperkenalkan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Hal itu terlihat melalui perangkat dengan layar lipat, seperti yang diperkenalkan oleh Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 oleh Samsung tahun ini.

Meski harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dari beberapa model Android, iPhone menjadi pilihan para penggemarnya karena berbagai faktor keunikannya.

Apple menawarkan berbagai produk teknologi dan perangkat Apple seperti Mac, iPad, Watch, dan iPhone saling melengkapi.

Kelebihan & Kekurangan Iphone Dibanding Hp Android

Desain fungsionalitas yang mulus memungkinkan pengguna untuk melanjutkan tindakan apa pun dari satu perangkat Apple ke perangkat Apple lain milik pengguna.

Fungsionalitas ini masih baru di platform Android dan masih terintegrasi penuh seperti yang ditawarkan oleh Apple. Ada beberapa contoh fitur konektivitas antar perangkat Apple tersebut, seperti Handoff Services, Universal Clipboard, Continuity Camera, dll.

Salah satu perubahan besar yang dibawa oleh pembaruan iOS baru-baru ini adalah notifikasi pelacakan aplikasi. Ini memungkinkan Anda memilih untuk tidak melacak aplikasi di ponsel Anda.

Meskipun hal ini berdampak signifikan bagi perusahaan seperti Facebook, ini merupakan peningkatan yang disambut baik oleh grup privasi konsumen.

Fitur Di Smartphone Android Yang Bikin Lebih Unggul Dari Iphone

Di sisi lain, Android belum menawarkan fitur ini dan belum diketahui apakah akan memperkenalkannya di masa mendatang. Meski demikian, Apple tetap mengumpulkan data dari para penggunanya, namun untuk membuat iOS lebih ketat dalam melindungi penggunanya dari pihak ketiga.

Apa pun model atau di mana Anda mendapatkan iPhone, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan menemukan aplikasi sampah apa pun yang terpasang di iPhone Anda. Kemudian, ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya bebas dari aplikasi tidak dikenal yang berjalan di latar belakang ponsel.

Ini sangat jarang terjadi pada ponsel Android, terutama yang murah. Ponsel Android murah tidak bisa lepas dari masalah sampah aplikasi pra-instal karena disponsori oleh pihak ketiga untuk mengurangi harga jualnya.

Tidak adanya aplikasi sampah di iPhone secara tidak langsung meningkatkan pengalaman pengguna ketika pengguna tidak perlu khawatir tentang aplikasi yang bahkan tidak diperlukan oleh beberapa dari mereka.

Rekomendasi Iphone Terbaik 2022

Ponsel Android cenderung mendapatkan lebih sedikit pembaruan dibandingkan dengan iPhone. Namun, tidak sesering dan terkadang usang seperti pada beberapa model ponsel Android.

Jumlah pembaruan perangkat lunak yang diterima ponsel Android juga bergantung pada tingkat premium, kebijakan dukungan produsen dan perangkat lunak ponsel yang bersangkutan.

Ini sangat kontras dengan iPhone, yang telah mendukung pembaruan perangkat lunak utama selama bertahun-tahun. Misalnya, iPhone 6S masih menerima pembaruan iOS 14 meskipun awalnya diluncurkan dengan iOS 9 pada tahun 2015.

Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S6 dengan Android 5.0 Lollipop juga dirilis pada tahun yang sama. Tetapi ponsel ini tidak hanya kekurangan perangkat lunak Android terbaru, tetapi juga tidak menerima pembaruan selama bertahun-tahun. Pembaruan terbaru yang diterimanya adalah Android 7.0 Nougat pada Maret 2017, delapan bulan setelah Google merilis versi tersebut.

Perbandingan Hp Android Vs Iphone, Pilih Yang Mana?

Kembali ke pembaruan perangkat lunak iPhone, ketika versi baru iOS dirilis, itu ditawarkan ke hampir setiap model iPhone yang mendukungnya pada hari peluncurannya. Di sisi lain, Android merilis pembaruan versinya secara bertahap berdasarkan jenis dan pabrikan ponsel.

Saat Anda memiliki masalah dengan iPhone Anda, tempat terbaik untuk mencarinya adalah melalui toko perbaikan resmi Apple.

Dukungan ini belum lengkap untuk platform Android dan tidak semua produsen menawarkan dukungan purna jual yang baik.

Namun, beberapa produsen ponsel Android sudah mulai meningkatkan layanan dukungan purna jualnya seperti Samsung dan Xiaomi.

Android Vs Iphone 2021: Kelebihan Dan Kekurangan

Android 12 menghadirkan tema baru, Theme You, yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tema sesuai selera. Tampilan baru panel privasi dan beberapa peningkatan baru juga telah diperkenalkan.

Sedangkan iOS 15 menyertakan mode Focus baru yang membawa perubahan kecil pada layar notifikasi. Pembaruan juga diluncurkan ke aplikasi utamanya, termasuk FaceTime dan Wallet.

Keduanya terlihat saling membelakangi sekarang juga. Misalnya, notifikasi di iOS 15 hampir sama dengan layar notifikasi di Android. Meskipun di Android 12, platform Google ini semakin serius menangani masalah privasi.

Android 12 dan iOS 14 masih dianggap sangat berbeda satu sama lain dan tetap mempertahankan filosofi desainnya. Hanya saja gap antara keduanya semakin menyempit di situasi saat ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Iphone Dibanding Android

Sebulan setelah iPhone 14 Plus mulai dijual, model dengan layar lebih besar gagal mencapai angka penjualan yang mengesankan. Serangkaian ini, … iOS vs Android? Menurut Anda mana yang lebih baik? Sebagai hasil dari banyak diskusi panas, kami menulis artikel tentang kedua perangkat lunak ini. Daripada penasaran dan mencari sendiri, kami telah merangkumnya untuk Anda, selamat membaca!

Bukan hal yang aneh ketika dua pemain besar menempati pasar, mereka saling berhadapan (dan orang-orang berdebat tentang siapa pemenangnya).

Kami telah mencelupkan jari kaki kami di perairan ini sebelumnya. Tetapi kami akan membahas beberapa dasar yang harus Anda ketahui jika Anda mencoba memutuskan antara iPhone atau ponsel Android.

Bukan rahasia lagi bahwa Apple ingin Anda menggunakan produk Apple lainnya. Sebagai bagian dari strategi ini, iOS adalah sistem operasi taman berdinding top-down. Itu artinya Apple mengembangkannya, merilisnya, dan membuat perangkat keras yang menjalankannya.

Sebab Kenapa Ramai Pengguna Meminati Iphone Sebagai Telefon Pintar Mereka

Artinya,   iOS disetel agar berfungsi di iPhone. Pendekatan ini memungkinkan kinerja yang mulus dan tingkat kenyamanan yang “berfungsi”. Android, di sisi lain, adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dipimpin oleh Google (dan bertanggung jawab atas merek resmi Google).

Secara default, Google menambahkan layanan berpemilik sumber tertutupnya sendiri ke Android, tetapi setelah itu jauh lebih mudah. Jadi, pabrikan lain seperti Samsung, OnePlus, dan Nothing dapat merilis versi mereka sendiri di Android.

Akibatnya, Anda akan menemukan banyak opsi yang bekerja sedikit berbeda. Di sisi lain, pembaruan mungkin sulit didapat, dan beberapa pabrikan (lihat Samsung) telah membangun taman bertembok mereka sendiri untuk Android.

Pendekatan mana yang terbaik? Yah, itu tergantung pada apa yang Anda inginkan. Jika Anda mencari mengutak-atik dan menyesuaikan, Android mungkin merupakan taruhan yang lebih baik.

Komparasi Kamera Iphone 12 Pro Max Vs Samsung Galaxy Note 20 Vs Pixel 5, Mana Yang Lebih Baik?

Tetapi jika Anda menginginkan ponsel yang berfungsi dengan baik dan tetap berfungsi dengan lancar bahkan setelah itu