Tips Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas yang Penting Untuk Diperhatikan

Memiliki penghasilan yang tidak banyak, bukanlah persoalan yang bisa menghalangi Anda untuk membeli motor. Meskipun tidak baru, namun setidaknya dapat membeli bekas. Hanya saja untuk kasus yang satu ini mengharuskan Anda memperhatikan tips membeli motor bekas, karena itu adalah poin penting.

Terkait tips ini Anda tidak hanya bisa mempraktekkannya sendiri secara langsung, melainkan juga bisa dijadikan pengalaman. Siapa tahu teman Anda membutuhkan informasinya sehingga dapat membantunya. Tidak perlu berlama-lama lagi karena berikut ini adalah penjelasan secara lengkap.

Ketahui Tips Membeli Motor Bekas Sebelum Membelinya

1. Mengetahui harga di pasarannya

Tips Membeli Motor Bekas

Tips membeli motor bekas yang pertama adalah mengetahui harga di pasarannya. Umumnya informasi detail ini bisa Anda cari lewat internet atau bertanya ke showroom. Meskipun terkesan sepele namun hal ini wajib Anda lakukan.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Motor Paling Irit Bahan Bakar 2021

Adapun tujuannya adalah mengetahui seperti apa kriteria motor yang dijual dan kondisinya. Kebanyakan penjual akan melebih-melebihkan keunggulan motornya supaya dilirik konsumen. Akan tetapi dengan adanya patokan harga yang Anda ketahui kecil kemungkinan ditipu oleh penjual nakal.

2. Memilih tipe motor yang akan dibeli

Membeli motor tentu Anda sudah mengincar tipe dan merek tertentu. Tips membeli motor bekas yang satu ini juga sangat penting untuk dipikirkan secara matang supaya Anda tidak keteteran saat mempersiapkan dananya.

Setiap motor akan dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Jadi akan sangat sulit bagi Anda untuk memilih jika tidak dipikirkan secara matang di jauh-jauh hari. Pastikan pula tipe motor yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Riset penjual yang terpercaya

Tips membeli motor bekas yang berikutnya adalah melakukan riset terhadap beberapa penjual yang ada. Langkah ini dilakukan untuk menghindari dan mencegah terjadinya penipuan kepada Anda. Nah, dalam hal ini Anda tidak bisa melakukannya lewat internet saja.

Baca Juga :  5 Cara Cek BPKB Palsu dengan Mudah

Harus berani turun tangan untuk langsung ke lokasi dan bertanya kepada rekan-rekan. Dengan begitu Anda bisa membandingkan mana penjual yang jujur dan mana penjual yang memang terkenal tidak jujur.

4. Memastikan surat kendaraan lengkap

Dari ketiga tips diatas yang tidak kalah penting adalah memastikan surat kendaraan lengkap. Adapun kedua surat yang harus Anda cek adalah STNK dan BPKB. Lihat secara detail apakah kendaraan yang Anda ingin beli bermasalah atau tidak.

Tips Membeli Motor Bekas

Disamping itu cek pula nomor mesin kendaraan menggunakan surau-surat tadi. Takutnya mesin sudah diakali tidak asli, sehingga akan memberikan keurigan kepada Anda nantinya. Bukan tanpa alasan pula kendaraan tanpa surat bisa jadi hasil pencurian motor.

5. Cek kondisi mesin beserta komponen lainnya

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi mesin beserta komponen lainnya. Awalnya pasti Anda akan memastikan kondisi fisik kendaraan baik dan mulus. Namun jangan sampai situ saja, karena mulus bukan berarti kondisi mesinnya baik.

Setelah itu Anda periksa kembali kondisi mesin dengan cara membawa motor ke luar untuk mencobanya secara langsung di jalanan. Anda pun bisa melihat dari knalpotnya apakah muncul asap hitam yang mengepul atau tidak. Karena itu bisa menjadi pertanda kondisi mesin motor.

Namun adapun kondisi lain yang dapat Anda cek, yakni suara mesin. Apakah ada yang aneh atau tidak. Biasanya jika memang masih baik mesin akan mengeluarkan suara yang halus pula.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

tips memilih motor bekas language:id

Leave a Reply

Your email address will not be published.