spesifikasi motor

Penting! Perhatikan Spesifikasi Motor Sebelum Membelinya

Bagi masyarakat saat ini kendaraan menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Terlebih jika kendaraan tersebut adalah motor. Dari sekian banyak kasus, ada satu fakta penting yang mesti diperhatikan yakni spesifikasi motor.

Kenapa demikian? Spesifikasi akan menjadi penentu kondisi kendaraan dan kenyamanan Anda ketika berkendara. Apalagi kalau Anda membeli motor yang sudah bekas. Nah, menjawab pertanyaan Anda berikut adalah penjelasan terkait.

Pertimbangkan Spesifikasi Motor Berikut Jika Ingin Mendapatkan yang Terbaik

Membeli motor tidak hanya sekedar mengeluarkan uang saja namun harus memperhatikan sejumlah hal, termasuk spesifikasi motor. Karena itu adalah bagian penting yang memang memiliki peran besar. Apa saja spesifikasi tersebut?

1. Mesin

spesifikasi motor

Seperti yang sudah dijelaskan oleh hampir semua teknisi bahwa spesifikasi motor yang baik bisa dilihat dari kondisi mesinnya. Memang hal tersebut bukanlah persoalan asing lagi yang bisa Anda perhatikan. Jangan sampai tergiur dengan body motor saja namun Anda melupakan hal ini.

Meskipun demikian kebanyakan pembeli masih terkecoh dengan hal ini. Apalagi ketika mereka membeli motor bekas, hanya karena harganya yang lebih murah jadi menyepelekan spesifikasi penting ini. Biasanya di setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan mesin masing-masing.

Disamping itu beberapa perusahaan pun memang sengaja berlomba-lomba menciptakan mesin untuk menarik minat konsumen. Pilihlah dengan bijak supaya tidak kecewa di kemudian hari.

2. Merek

Spesifikasi motor yang kedua bisa Anda lihat dari mereknya. Seperti yang telah disinggung tadi bahwa setiap merek dibekali dengan keunggulannya masing-masing. Sehingga hal ini membuat Anda harus benar-benar memperhatikan apa merek yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas Untuk Orang Awam

Baca Juga :  Sejarah! 4 Pabrikan Motor Paling Tua Di Indonesia

Selain untuk menyesuaikan fungsi kendaraan, Anda juga bisa mempersiapkan budget lebih untuk membelinya. Semisal saja Anda ingin memiliki motor yang bisa digunakan untuk melewati jalanan-jalanan terjal. Maka Anda bisa memilih mesin yang kuat dan tahan banting.

Disamping itu memperhatikan merek juga bisa menjadi langkah untuk menyelamatkan harga jualnya. Karena biasanya orang-orang yang paham mesin akan lebih memilih merek-merek tertentu saja. Jadi silahkan mulai mencari tahu terkait spesifikasi mesin yang paling terbaik.

3. Kondisi fisik

spesifikasi motor

Selain kedua spesifikasi motor di atas Anda pun bisa melakukan riset terhadap beberapa kondisi fisik kendaraan. Kondisi ini bisa meliputi beberapa aspek seperti warna, body, style dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa warna yang biasanya digemari orang.

Adapun seperti hitam, putih, dan merah. Warna ini juga sangat berpengaruh pada harga. Ketika nanti Anda menjualnya, biasanya pembeli akan lebih tertarik dengan ketiga warna tadi dan harganya pun bisa dikatakan lebih stabil.

4. Bahan bakar

Pertimbangan spesifikasi motor yang terakhir adalah bahan bakar. Meskipun sepeda motor namun ada beberapa mesin yang menggunakan bensin dengan merek tertentu. Nah kenapa hal ini diperhatikan? Tentu saja untuk meminimalkan pengeluaran.

Jadi kendaraan roda dua yang Anda pakai akan membutuhkan bahan bakar dengan volume banyak jika memang penggunaannya jauh dan sering. Namun juga sebaliknya, maka dari itu mengetahui jenis bahan bakarnya akan sangat membantu Anda nantinya.

Bensin yang biasa digunakan adalah pertamax dan pertalite. Keduanya dibandrol dengan harga yang berbeda, tentu saja ada yang lebih mahal.  Akan tetapi semuanya tergantung dengan jarak tempuh dan juga seberapa sering Anda menggunakannya.

Baca Juga :  Tips dan Cara Merawat Motor Vespa Matic Agar Awet

Selesai sudah penjelasan tentang spesifikasi motor yang harus Anda perhatikan sekaligus pertimbangkan. Semoga setelahnya Anda bisa memperoleh kendaraan pribadi yang paling bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *