cara membeli mobil bekas

Cara Membeli Mobil Bekas Bagi Orang Awam

Mempunyai kendaraan roda empat menjadi impian yang sangat diperjuangkan oleh hampir semua kalangan masyarakat. Meskipun belum mampu membeli mobil baru yang bekas pun tetap dikejar. Nah yang sering dipertanyakan adalah cara membeli mobil bekas bagi orang awam.

cara membeli mobil bekas

Pasalnya banyak pembeli yang kemudian merasa kecewa setelah membeli mobil karena kurangnya pengalaman sehingga membuat kendaraan bermasalah. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas terkait hal tersebut. Silahkan Anda simak baik- baik untuk panduan membeli mobil di kemudian hari.

Tips Cara Membeli Mobil Bekas Untuk Orang Awam

1. Pastikan sesuai dengan budget yang Anda punyai

Dalam dunia otomotif hampir setiap tahun perusahaan-perusahana besar mengeluarkan kendaraan roda empat dengan berbagai tipe dan merek. Tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh dengan harganya karena kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya.

Meskipun sudah bekas biasanya harga mobil tidaklah terlalu jauh dengan harga awalnya. Namun disini Anda harus pandai menyesuaikan jumlah budget yang dimiliki supaya tidak salah pilih. Kalau memang uang yang dimiliki standar cobalah mencari kendaraan yang paling cocok.

2. Mengecek kelengkapan surat kendaraan

Cara membeli mobil bekas yang kedua adalah mengecek kelengkapan surat kendaraan yang akan dibeli. Sebelum memastikan Anda memilihnya cobalah untuk menanyakan bagaimana kelengkapan surat mobil. Ada 2 surat penting yakni STNK dan juga BPKB.

Janganlah membeli mobil yang suratnya tidak jelas, karena untuk mengurus kelengkapannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu ketika surat bermasalah maka Anda sendiri yang akan mendapatkan imbasnya di belakang. Karena sejatinya membeli mobil yang kurang lengkap bisa diasumsikan sebagai tindak kejahatan.

3. Mengecek kondisi mesin

cara membeli mobil bekas

Setiap kendaraan memiliki mesin yang menunjang kualitasnya. Jika membeli mobil baru mungkin Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Hanya saja saat kendaraan tersebut sudah bekas maka mesin menjadi komponen yang wajib diperhatikan. Jangan hanya terfokus pada kondisi fisik saja.

Baca Juga :  5 Keuntungan Memiliki Mobil 7 Penumpang

Meskipun keadaannya mulus namun belum tentu mesinnya baik. Maka dari itu cara membeli mobil bekas yang satu ini harus dilakukan. Silahkan Anda cek terlebih dahulu kondisi mesinnya sebelum memutuskan pilihan. Jangan hanya melakukan stater kemudian langsung membayar.

Baca Juga : Tips Sederhana Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Namun cobalah untuk mengeluarkan kendaraan dari sorum untuk mencobanya langsung di jalanan. Jika mulus mala suaranya pun halus, namun apabila bermasalah maka akan ada suara- suara aneh dari mesin. Tanyakan kepada orang yang sudah ahli untuk memastikannya.

4. Memastikan pajak kendaraan masih hidup

Cara membeli mobil bekas yang terakhir adalah memastikan bahwa pajak kendaraan tersebut masih hidup. Tidak perlu tergiur dengan harga mobil murah namun pajaknya mati. Biasanya hal tersebut sering terjadi dalam jual beli kendaraan baik itu motor maupun mobil.

Disamping itu yang menjadi masalahnya adalah apakah Anda benar- benar menyanggupi untuk membayar pajak beserta dendanya. Lantas bagaimana jika mobil masih membutuhkan biaya perbaikan? Nah maka dari itu lebih baik membeli mobil yang masih hidup pajaknya.

Untuk semakin memperjelas biaya pembayaran pajak sebelum mengambil keputusan, Anda bisa menghitungnya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda akan mengetahui berapa totalnya.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai cara membeli mobil bekas yang dapat menjadi panutan untuk Anda. Teliti dan cermat menjadi hal yang sangat penting untuk membeli kendaraan bekas. Satu lagi cek terlebih dahulu harga di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *