tips sederhana merawat mobil

Tips Sederhana Merawat Mobil Yang Baik dan Benar

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Bahkan sering menjadi impian untuk dimiliki. Namun masih banyak pengendara yang bingung terkait tips sederhana merawat mobil. Padahal itu sangat penting untuk dilakukan demi keawetan mobil.

Perawatan tersebut pun harus dilakukan secara berkala karena jika tidak maka kerusakan demi kerusakan bisa saja dialami oleh kendaraan Anda. Untuk membantu Anda melakukan perawatan tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa ditiru. Silahkan simak penjelasannya.

5 Tips Sederhana Merawat Mobil yang Ternyata Sangat Penting

Dalam melakukan tips sederhana merawat mobil Anda haruslah memastikan semua komponen yang dimiliki kendaraan. Jangan hanya sebatas  kondisi eksternal saja, melainkan juga internalnya. Ada sejumlah komponen yang bisa di cek, dan pastikan tidak terlewatkan.

1. Memeriksa air pada radiator

Tips sederhana merawat mobil yang pertama adalah melakukan pemeriksaan air pada radiator. Apa yang diperiksa dari hal ini? Jawabannya adalah volume aki yang ada di dalamnya. Langkah ini sangatlah mudah, karena tidak harus memiliki keahlian khusus.

Cukup cek ketinggian dari air yang ada di tabung reservoirnya, jika masih tinggi maka bisa dipastikan jika volumenya cukup baik. Kalaupun membutuhkan pengisian ulang, jangan sampai melebihi full ambang batasnya karena hal itu juga bisa berimbas kurang baik.

2. Memeriksa kondisi oli yang ada pada mesin mobil

tips sederhana merawat mobil

Oli menjadi salah satu komponen yang perannya sangat penting untuk mesin. Untuk itu setiap kendaraan wajib selalu diperhatikan kondisi oli mesinnya, tak terkecuali mobil. Namun yang harus diperhatikan adalah waktu pengecekannya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ukuran Wiper Mobil Lengkap Terbaru

Jangan pernah mengecek ketika kondisi mesin mobil sedang panas. Tunggu dulu sampai dingin barulah Anda bisa mengeceknya. Karena kondisi tersebut akan sangat terlihat volume oli yang masih tersisa. Cukup tarik dipstick berlabel oli untuk mengetahui volume oli.

Baca Juga :  Inilah 3 Mobil yang Ada Sunroof Dengan Harga Murah

3. Memastikan kondisi aki kendaraan baik

Untuk tips sederhana merawat mobil yang ketiga ini Anda diwajibkan agar memastikan kondisi aki pada kendaraan baik. Pasalnya aki menjadi pusat utama pada fungsi beberapa komponen sekaligus. Sehingga jika keadaannya kritis akan berpengaruh pada peran komponen lain.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memakai voltmeter untuk mengetahui keadaannya. Biasanya jika sudah rusak parah Anda harus tetap menggantinya dengan yang baru. Namun kalau masih bisa nyalakan hanya perlu mengeceskannya ke bengkel terdekat.

4. Mengecek kondisi filter mobil

tips sederhana merawat mobil

Filter udara pada mobil juga wajib dilakukan pengecekan secara berkala. Pasalnya fungsi yang diberikannya sangatlah baik untuk kenyamanan dan kesehatan pengemudi. Untuk itu jangan pernah melupakannya meskipun terkesan sepele dan perannya tidak sebesar komponen lain.

Pada sejumlah kendaraan roda empat filter udara memiliki fungsi sebagai penyaring udara dari luar ke dalam mobil. Sedangkan pada beberapa merek lain filter ini bisa meredam bau dan berbagai polutan yang masuk ke dalamnya. Adapun biaya yang harus dikeluarkan pun tidaklah mahal.

Maka dari itu pastikan Anda menjadwalkan untuk mengecek keadaannya. Bersihkan jika memang sudah ada kotoran banyak yang menumpuk. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa lebih nyaman ketika berada di dalamnya untuk berkendara baik dalam jarak jauh dan dekat.

Itulah keempat tips sederhana merawat mobil yang bisa Anda lakukan untuk kendaraan. Dengan langkah sekecil mungkin, Anda sudah melakukan pencegahan terhadap kerusakan kendaraan agar tetep awet dan kondisinya mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *