Cara Menjalankan File Exe Di Ubuntu

Cara Menjalankan File Exe Di Ubuntu – Pada postingan saya selanjutnya, saya akan menjelaskan cara menjalankan program exe di Linux. Tapi sebelum itu mengapa saya memberi tahu metode Linux tetapi saya tidak tahu arti sebenarnya dari Linux. Apa itu Linux?

Linux merupakan sistem operasi yang berbeda dengan MacOS atau Windows karena Linux berbasis open source dimana kita dapat dengan bebas melihat/membuka source code untuk mengetahui cara kerja software dan kita juga dapat memperbaiki bug atau error pada software tersebut.

Cara Menjalankan File Exe Di Ubuntu

Nah sobat sudah sedikit mengetahui tentang sistem operasi Linux bukan? Sekarang saatnya membahas kelebihan sistem operasi.

Mulai Menggunakan Kontainer Docker Di Wsl

Salah satu kelebihannya adalah kita bisa menggunakannya secara gratis tanpa membayar lisensi, yang sangat berbeda dengan Windows. Namun pada OS Linux salah satunya Kali Linux tidak bisa membuka program berformat EXE, namun kali ini saya akan memberikan solusinya.

Namun sebelumnya kita harus memiliki koneksi internet yang stabil dan pastikan sisa kuota kalian cukup, agar proses download tidak gagal atau berhenti.

Cara Mudah Menjalankan Program EXE di Linux Disini saya akan menjelaskan secara detail cara menjalankan program exe di Linux dengan cara yang mudah. Silakan baca instruksi yang saya tulis dengan cermat.

Nah, kita harus membuka terminal masing-masing dulu, ingat!! Pastikan komputer atau laptop Anda memiliki koneksi internet.

Bagaimana Cara Masuk Ke Ubuntu Menggunakan Ssh Dari Windows 10/8/7?

Kedua, ketik “apt-get install wine” tanpa tanda petik, tunggu sampai download selesai. Jangan matikan koneksi internet Anda saat unduhan sedang berlangsung karena ini akan mengakibatkan file corrupt atau error. Jika proses download dan install sudah selesai, langsung skip ke cara ketiga.

Ketiga, cari direktori program EXE. Misalnya folder program EXE saya ada di folder root, lalu langsung ketik “wine filename.exe” lalu tekan enter * Nama program diisi sesuai dengan nama program EXE Anda.

Jika file EXE Anda ada di dalam folder, misalnya folder Desktop, ketik dulu “cd ~/Desktop/” *Jangan gunakan tanda petik. Jika Anda masuk ke direktori desktop, ketik saja “wine filename.exe” seperti di atas untuk menyelesaikan aplikasi EXE.

Kemudian anda tunggu sampai muncul program exe yang ingin anda jalankan, maka akan terbuka secara otomatis. Sebagai berikut:

Cara Menjalankan Berkas Install.sh Di Linux Dengan Terminal

Dalam screenshot ini, saya membuka Notepad++ di Kali Linux. Jika Anda masih bingung dengan prosedur di atas, Anda bisa bertanya di komentar.

Ingat saat kita menginstall program EXE sob, jangan lupa meletakkan file instalasi EXEnya dimana, karena saya sendiri sering lupa meletakkan folder instalasi saya. Jadi saya sering install ulang program exe.

Anda dapat menambahkan saran Anda sebagai bonus dari saya, agar semua teman yang mengunjungi blog ini dapat saling mengenal. Tulis saja di kolom komentar, nanti saya akan update artikel ini jika ada saran lebih lanjut dari kalian semua.

Langsung saja berikut ini cara mudah menjalankan program windows berekstensi exe di linux, semoga anda sudah mengerti dengan jelas artikel saya diatas. Karena saya baru belajar cara menulis artikel yang informatif, terima kasih. Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Linux untuk Pemula – Apakah Anda pengguna Linux? Jika demikian, pernahkah Anda bertanya-tanya apakah aplikasi Windows dapat diinstal dan dijalankan di Linux?

Apakah Install Linux Harus Connect Internet?

Jawaban atas pertanyaan ini adalah ya, sebenarnya ada beberapa cara untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, seperti menginstal aplikasi Windows di HDD terpisah atau menggunakan mesin virtual Linux.

Tentu saja kedua cara tersebut dapat digunakan, namun keduanya membutuhkan daya laptop atau komputer yang cukup besar.

Jika Anda hanya ingin menjalankan aplikasi Windows kecil di Linux, dua cara di atas pasti sudah tidak efisien lagi.

Namun, ada solusi lain yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, yaitu dengan menggunakan Wine.

Cara Mengatur Hak Akses & Kepemilikan File Di Linux

Pada artikel ini, kami menggunakan Ubuntu sebagai distribusinya. Bahkan jika Anda menggunakan distro Linux lain, metode ini akan tetap bekerja untuk Anda, terutama jika distro Linux yang Anda gunakan menggunakan Ubuntu sebagai basis.

Wine kependekan dari Wine bukan emulator yang artinya Wine bukan emulator, jangan merasa aneh karena kependekan dari Wine dan sebenarnya bukan emulator wine.

Wine dimaksudkan agar aplikasi Windows dapat berjalan di sistem operasi berbasis UNIX atau POSIX seperti Linux, Mac, BSD, dan lain-lain.

Mesin virtual atau emulator mengemulasi bahasa Windows, sementara Wine menerjemahkan bahasa Windows untuk dipahami oleh bahasa UNIX/PSOIX.

Guitar Pro 7, Cara Menginstalnya Di Linux Dengan Soundbanks

Dalam bahasa sederhana, Wine mengubah kode internal aplikasi Windows menjadi kode Linux sehingga sistem Linux secara alami memahaminya.

Meskipun banyak aplikasi Windows sekarang benar-benar di-porting ke Linux tanpa memerlukan Wine, salah satu contohnya adalah Google Chrome di Linux.

Ada beberapa cara untuk menginstal Wine, tetapi karena artikel ini ditujukan untuk pemula, kami akan memberikan cara termudah untuk memahami dan menginstal Wine di Linux.

Sangat mudah, bukan? Cara menginstal Wine di Linux sesederhana itu. Tapi itu belum berakhir, karena tujuan kami adalah menginstal aplikasi Windows dengan Wine di Linux.

Menampilkan System Info Dengan Seni Ascii Via Terminal

Sebelum menginstal aplikasi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apakah aplikasi yang ingin Anda instal dapat berjalan di Linux.

Kebanyakan dari mereka bekerja tanpa masalah, tetapi karena aplikasi Windows dikembangkan setiap hari, banyak aplikasi yang baru dikembangkan tidak bekerja dengan baik di Wine.

Di sana Anda dapat melihat bahwa Wine saat ini mendukung sekitar 28.000 aplikasi dengan status berbeda tergantung seberapa lengkap aplikasi tersebut dapat dikelola oleh Wine.

Status daftar aplikasi ditunjukkan oleh sebuah kata, dan semua status daftar alkohol memiliki arti yang sama.

Cara Install Microsoft Office Di Ubuntu 20.10

Status-status tersebut sebenarnya sebagian besar merupakan hasil input dari pengguna Wine itu sendiri, jadi Anda juga bisa memberikan pendapat Anda tentang aplikasi yang berjalan di Wine, sehingga pasti bisa lebih bermanfaat bagi komunitas Wine dan Linux.

Setiap aplikasi Windows membutuhkan drive C:, dan Wine juga menggunakan drive C:, tetapi praktis untuk menjalankan aplikasi Windows.

Di Winprefix ini Anda dapat membuka konfigurasi untuk Wine, Anda dapat mengubahnya sesuka Anda atau membiarkannya sebagai default.

Namun, karena artikel ini ditujukan untuk pemula, saya akan melewatkan bagian ini dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Menjalankan Aplikasi Windows (microsoft Office) Di Linux Dengan Mudah Menggunakan Playonlinux

Saat ingin menjalankan aplikasi Windows di Linux, Wine menawarkan banyak keunggulan dibandingkan menggunakan emulator atau mesin virtual, misalnya performa tidak akan menurun tidak seperti menggunakan emulator.

Dan kedua adalah kemudahan menjalankan aplikasi Windows karena Anda tidak perlu repot membuka Wine terlebih dahulu karena aplikasi Windows langsung berjalan seperti halnya menggunakan Windows.

Alih-alih menggunakan aplikasi alternatif Windows di Linux atau aplikasi alternatif Windows di Linux, Anda dapat dengan sangat mudah menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux. Anda dapat menginstal dan menjalankan aplikasi Windows di Linux Anda, tetapi tidak semua aplikasi Windows dapat berjalan di Linux.

Wine HQ atau yang populer dengan sebutan “Wine” merupakan singkatan dari “Wine is not an emulator”, sesuai dengan namanya, Wine bukanlah emulator/mesin virtual untuk Windows.

Hp Android Menjadi Modem Di Linux Ubuntu 16.04

Cara kerja Wine berbeda dengan mesin virtual, ketika Anda menjalankan aplikasi dengan Wine, aplikasi tersebut akan muncul di layar dan terlihat seperti aplikasi Linux pada umumnya (lebih praktis dan sederhana).

Untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, library perlu diinstal di direktori wine, library seperti .net Framework, font library runtime c++, dll.

Wine tidak dirancang untuk mendukung semua aplikasi Windows, tetapi untuk memenuhi kebutuhan aplikasi Windows saat menggunakan atau bermigrasi ke Linux.

Saya menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi kecil dan portabel seperti VNC, Winbox, aplikasi CCTV yang kebetulan tidak memiliki aplikasi pengganti untuk aplikasi Windows.

Cara Menjalankan Software Windows Di Linux Lebih Mudah Dengan Bottles

Cukup instal aplikasi wineHQ seperti biasa menggunakan pengelola perangkat lunak dan secara otomatis menginstal aplikasi windows dengan format *.exe *.msi atau format executable lainnya.

Anda harus berhati-hati saat menjalankan aplikasi Windows di Linux menggunakan WineHQ, karena jika aplikasi Windows yang Anda jalankan di Linux terinfeksi virus atau virus/malware, virus juga akan berjalan di Linux, jadi berhati-hatilah.

Jika Anda secara tidak sengaja menjalankan malware/virus Windows di Linux, jangan khawatir karena virus tidak akan bisa masuk, apalagi merusak sistem file.

Virus hanya dapat memanipulasi atau menghancurkan direktori dan file yang dapat Anda akses (baca tulis), biasanya /home/nama pengguna Anda atau pada disk yang terpasang.

Alldeb, Cara Mudah Install Aplikasi Di Linux

Jangan khawatir tentang virus yang berjalan secara otomatis di Windows karena virus tidak akan dapat diinstal pada saat startup sistem.

Nah, Anda sudah tahu, jika Linux tidak aman dari malware/virus, hanya saja Linux memiliki pengaturan hak akses file yang ketat sebagai benteng untuk melindungi sistem file dari malware/virus. Itu tidak mudah pecah.

Aplikasi Windows tidak bisa langsung dijalankan di Linux, harus ada aplikasi yang memungkinkan ini (Wine).

Hai, nama saya Ari. Saya seorang profesional dan saya menggunakan Linux untuk dukungan pekerjaan. Saya ingin berbagi pengalaman kerja saya melalui blog, sehingga Anda dapat mempelajari hal yang sama dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Install Linux Ubuntu 18.04 Di Virtualbox