Cara Memasang Bluetooth Pada Speaker Aktif

Cara Memasang Bluetooth Pada Speaker Aktif – Cara Mudah Merakit Active Speaker – Pada kesempatan kali ini Electronics Corner membahas tentang cara merakit active speaker yang relatif murah, kenapa harus saya katakan relatif murah? Karena kita bisa menghilangkan beberapa fungsi speaker aktif yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Seperti kebanyakan speaker stereo aktif yang ada di pasaran, kita bisa membuatnya dengan model mono atau memasang speaker dengan harga yang lebih murah. Tapi itu semua tergantung assemblernya, yang saya yakin bisa menghitung hasil voting dan biaya yang dibutuhkan.

Cara Memasang Bluetooth Pada Speaker Aktif

Kita sering melihat banyak merk speaker aktif di toko elektronik yang bisa dibilang mahal. Apalagi jika Anda memiliki Polytron, Sharp, Tonet and Wonder dan masih banyak merk terkenal lainnya. Brand ini bisa kita jadikan referensi untuk mendesain speaker aktif yang akan kita buat nantinya.

Sedersi Segnale Disgusto Kit Bluetooth Speaker Aktif Commerciante Festa Coreano

Kit amplifier yang sudah jadi juga banyak tersedia di pasaran. Hal ini membuat kita menjadi pembicara yang aktif. Toko elektronik juga menyediakan banyak kotak speaker, kita tinggal memilih ukuran yang kita inginkan.

Namun, beberapa audiophile lebih tertarik untuk mendesain sendiri, baik amplifier maupun kotak speaker. Karena berbagai alasan, seperti fakta bahwa kotak suara yang ada di pasaran tidak memenuhi volume yang dibutuhkan speaker untuk menghasilkan suara yang maksimal. Karena boks yang ada di pasaran didesain secara universal untuk berbagai jenis speaker.

Untuk masalah amplifier, mengapa perajin audio lebih memilih merakit sendiri? Karena rata-rata para senior audio ini lebih memperhatikan detail dan kualitas suara yang dihasilkan, meski terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagian besar perangkat audio di pasaran hampir tidak dapat menghasilkan suara yang akurat dan jernih kecuali kami memperbaikinya.

Baiklah langsung saja kita ke bahan dan peralatan yang kita perlukan untuk membuat atau membangun sebuah amplifier. Saya ingin menyebutkan sebelumnya bahwa artikel ini bukan untuk veteran audio, tetapi hanya untuk pemula seperti saya.

Cara Memasang Bluetooth Pada Speaker Aktif

Catu daya suatu rangkaian sangat penting dan dibutuhkan oleh berbagai perangkat elektronik karena merupakan sumber tegangan. seperti speaker aktif yang membutuhkan catu daya CT (center tap). Sesuaikan voltase yang dibutuhkan untuk kit speaker aktif, voltase catu daya yang terlalu rendah akan mengurangi efisiensi rangkaian menjadi kurang optimal sehingga suara yang dihasilkan juga akan kurang optimal. Jika tegangan terlalu tinggi, berisiko melebihi batas Vmax transistor dan komponen aktif lainnya, menyebabkan transistor akhir terbakar karena terlalu panas. Sebelum merakit, kita membaca lembar informasi komponen aktif pada rangkaian untuk mengetahui deskripsi komponen tersebut. Berikut adalah rangkaian power supply dari penguat CT.

Setelah catu daya selesai, kita lanjutkan dengan pemasangan catu daya ke kit yang telah disediakan sebelumnya, umumnya kit ini sudah dimasukkan untuk polaritas tegangan pada layar sutra PCB. Perhatikan bahwa polaritas tegangan tidak boleh dibalik, karena dapat berakibat fatal bagi kit amplifier dan catu daya. Setelah instalasi benar, coba masukkan input untuk menguji sirkuit.

Jika menurut Anda rangkaian berfungsi dengan baik, langkah selanjutnya adalah meletakkan rangkaian di kotak speaker. Sesuaikan lokasi agar jalur input tidak sedekat mungkin dengan rangkaian catu daya untuk menghindari riak tegangan pada output amplifier.

Untuk input bisa dari komputer, handphone, portable mp3 player, CD/DVD player, atau kita bisa menambahkan kit mp3 player seperti gambar di bawah ini.

Merakit Speaker Aktif Bluetooth

Uji sirkuit di dalam kotak untuk memastikan bahwa komponen bekerja dengan benar sesuai poin 2. Setelah pengujian dan kepuasan, langkah terakhir adalah menghubungkan speaker ke kotak. Saat memasang sekrup di tepi speaker, berhati-hatilah agar obeng tidak tergelincir dan merusak pelat speaker. Selain itu, pastikan struktur kotak kuat dan kencang, tidak terlalu banyak kebocoran pada rumah speaker gema. Saya meninjau perangkat yang dapat mengubah speaker kabel menjadi speaker Bluetooth. Kali ini saya akan mengulas perangkat serupa namun dengan banyak keunggulan dibandingkan perangkat sebelumnya. Dulu disebut penerima musik Bluetooth. Saya sekarang memiliki penerima musik Bluetooth yang disebut 4Connect MF Audio Receiver.

Penerima audio MF 4Connect ini memiliki 3 tombol navigasi multi-fungsi, port audio 3,5mm, dan port micro USB. Untuk mengetahui fungsi bagian-bagian tersebut, terlebih dahulu perhatikan gambar di bawah ini.

Port audio digunakan untuk menghubungkan jack audio headphone atau speaker menggunakan kabel AUX. Soket audio male-to-male digunakan untuk menghubungkan penerima audio 4Connect MF ke port input speaker.

Tombol ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan perangkat. Tekan tombol ini selama 3 detik untuk menggunakannya sebagai tombol daya. Selain itu, tombol power ini memiliki fungsi lain, antara lain:

Cara Pasang Usb Bluetooth Ke Speaker Aktif Lawas Dengan Mudah

Tombol ini mengurangi volume dengan menekan tombol sekali (tekan sebentar). Fungsi lain dari tombol ini meliputi:

Penerima audio 4Connect MF memiliki lampu indikator merah, biru dan hijau. Lampu indikator ini menunjukkan beberapa hal:

Saya telah menggunakan perangkat ini selama beberapa hari untuk mendengarkan musik atau menonton film. Saya menggunakan perangkat ini untuk mengubah earphone kabel menjadi earphone bluetooth. Kemudian saya hubungkan ke smartphone atau laptop saya. Seperti yang tertulis di bagian spesifikasi, pengisian daya perangkat ini memakan waktu sekitar setengah jam. Kemudian saya tidak mencoba untuk penggunaan terus menerus sampai baterai benar-benar mati. Namun, saya telah menggunakannya selama tiga hari. Ya, seperti menggunakan headphone bluetooth. Dan itu tidak menunjukkan akhir dari pengisian baterai. Saya akan memperbarui nanti jika saya mencobanya untuk penggunaan tanpa gangguan.

Selain daya tahan baterai, saya mencoba menghubungkan 2 perangkat ke penerima audio 4Connect MF selama proses penggunaan. Saya menggunakan 2 smartphone untuk mengujinya. Akibatnya, smartphone hilang. Meskipun statusnya terhubung, smartphone pertama yang dipasangkan dengan penerima audio 4Connect MF tidak dapat menggunakan fungsi penerima audio 4Connect MF yang tumpang tindih dengan smartphone kedua.

Jual Baretone Max 15 Rae Speaker Aktif [2pcs / 1 Pasang] Di Seller Sumber Maju Elektronic

Mengenai radius koneksi Bluetooth, menurut spesifikasinya, radiusnya adalah +5 meter. Saya mencoba mendengarkan musik di laptop saya dengan headphone yang terhubung melalui Bluetooth melalui penerima audio 4Connect MF, lalu saya menjauh dari laptop. Meninggalkan ruangan dengan laptop. Dan pada jarak 5 meter, suara musik di ponsel mulai meraung dan akhirnya hilang sama sekali.

Selanjutnya, untuk menggunakan penerima audio 4Connect MF untuk ponsel dan kamera rana. Saya mencoba membuat fungsi panggilan, itu berhasil. Untuk kamera shutter, saya mencobanya di dua smartphone. Di smartphone pertama, itu hanya berfungsi dalam mode kamera. Di smartphone lain, ini berfungsi dalam mode kamera dan video.

Indikator baterai Setelah saya beralih ke smartphone Xiaomi Mi a2, receiver audio 4Connect MF ini menjadi solusi ketika saya ingin menggunakan headphone. Saya lebih suka menggunakan penerima audio 4Connect MF daripada konverter port audio bawaan smartphone. Ternyata, indikator baterai penerima audio 4Connect MF muncul persis di daftar perangkat nirkabel yang terhubung melalui Bluetooth di smartphone ini. Setelah sekitar 1 jam penggunaan, indikator baterai turun menjadi 10%. Ya harganya terjangkau, bisa tahan berhari-hari kalau tidak pakai non stop.

Selain baterai mikrofon Bluetooth, mikrofon khusus penerima audio 4Connect MF juga berfungsi. Satu-satunya hal adalah kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkannya. Misalnya menggunakan aplikasi kamera Cinema fv-5. Dengan kata lain, 4Connect MF Audio Receiver adalah mikrofon Bluetooth yang sangat terjangkau.

Cara Membuat Speaker Bluetooth Sendiri

Setelah beberapa hari menggunakan perangkat 4Connect MF Audio Receiver, saya akan memberi tahu Anda kelebihan dan kekurangan perangkat ini menurut pendapat pribadi saya sebagai pengguna.

Berapa biayanya? Masih di bawah 100 ribu. Produk sejenis dari Xiaomi memiliki harga yang jauh lebih murah. Tapi saya belum pernah mencoba receiver audio Xiaomi.

Demikian ulasan saya tentang penerima audio 4Connect MF. Jika Anda memiliki jawaban, tulis di komentar. Terima kasih telah berkunjung. Saya harap ini berguna. Bahkan, sekarang banyak yang menjual kit amplifier Bluetooth USB radio FM lengkap dengan mikrofon untuk karaoke yang Anda gunakan. Tapi apalagi di dunia entertainment, tidak pas rasanya tidak enak. Nah disini saya membagikan chart untuk pemula yang ingin mengumpulkan suaranya.

Jika teman-teman setuju dengan komentar saya di atas, terutama mereka yang baru memulai di dunia audio montase, Anda dapat mencoba diagram desain sederhana saya di bawah ini.

Linkfor Hifi Headphone Amplifier

Mengapa saya memilih Daya OCL150W? Kekuatan ini memberi saya hasil terbaik dan sangat bagus untuk pemula. Daya ini sangat sederhana tanpa penyesuaian atau pengaturan khusus, jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mensuplai voltase, input, dan speaker terdengar hebat secara instan. Selain itu, harganya juga terjangkau. OCl berdaya 150 watt sangat tinggi di kelas home audio, yang bisa digunakan untuk speaker hingga 12 inci. Jika Anda ingin lebih kecil, ada juga output daya yang jauh lebih rendah, misalnya transistor daya 60W.

Mengingat ada berbagai jenis di pasaran, Anda dapat memilih tone control sesuai selera Anda. Anda dapat memilih 3 potensi normal, 4 potensi menengah atau 4 potensi subwoofer dan banyak lagi, beberapa menggunakan transistor atau IC. Kalau menurut saya 4 potensial dengan medium, bagus tidaknya tergantung dari rencana perakitan/bukan jenis part seperti IC atau transistor. Ada juga jenis tegangan yang berbeda, ada kontrol nada yang menggunakan tegangan CT (simetris) dan non-CT, dan pada diagram di atas saya menggunakan kontrol nada non-CT.

Ada juga berbagai jenis modul penguat mikrofon, 1 transistor / 2 transistor 1 potensiometer, penguat mikrofon kontrol penuh atau penguat mikrofon gema plus. Teman-teman ini juga dapat memilih mana yang paling mereka sukai. Penguat mikrofon ini adalah suatu keharusan bagi mereka yang membutuhkan karaoke atau speaker lainnya.

Merupakan modul fungsional modern karena dilengkapi dengan radio FM, juga memiliki sistem yang mendukung audio multimedia yaitu pemutar USB, Bluetooth dan koneksi AUX. Mungkin teman-temanmu sudah saling mengenal

Ini Dia Cara Agar Suara Amplifier Menjadi Jernih!