Aplikasi Java Netbeans Dengan Database

Aplikasi Java Netbeans Dengan Database – Halo teman-teman, pada acara kali ini moderator akan membahas tentang cara membuat program CRUD sederhana menggunakan netbeans dan MySQL, untuk membuat program ini kita perlu melakukan koneksi ke database MySQL, cara koneksi sudah kita bahas di artikel sebelumnya cara koneksi mysql. Basis data dengan NetBeans. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di tautan karena artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel ini.

Sebelum memulai pembahasan, yang perlu anda ketahui adalah bahwa fungsi CRUD merupakan basis dari sebuah program atau dasar dari sebuah program yang digunakan untuk membuat metode input dan output untuk menulis sebuah form dan kemudian akan muncul laporan. , mengetahui fungsi CRUD ini akan memudahkan kita dalam mengembangkan aplikasi lain. , misalnya membuat jasa rental futsal dengan training yang didalamnya ada CRUD (Create, Read, Edit, Delete) adalah hal lain. memasuki.

Aplikasi Java Netbeans Dengan Database

Ok sekarang kembali ke pembahasan membangun aplikasi CRUD sederhana dengan Netbeans dan MySQL, berikut langkah-langkahnya.

Membuat Aplikasi Antrean Dengan Java Netbeans Ide 8.0.2 Dan Database Mysql Book By Bay Haqi, M. Kom

Langkah 2. Selanjutnya buka project Sedeharna CRUD yang sudah dibuat pada artikel sebelumnya, jika belum mengikuti artikel sebelumnya bisa membacanya disini.

Perhatikan gambar, apa yang tertulis dalam warna merah adalah komponen yang diperlukan, dan untuk membuatnya Anda hanya perlu menarik dan melepasnya di formulir desain.

Langkah 5. Kemudian kita akan masuk ke tahap penulisan source code, pertama kita akan mengirimkan data untuk memanggil library yang dibutuhkan, kode berikut ditulis di bawah paket crud.sedehana.

Langkah 6. Kemudian kita akan membuat fungsi blok, yaitu untuk menganalisis data di jTextField dan jComboBox, di mana Anda dapat mengklik dua kali tombol blok dan memasukkan kode berikut.

Jual Buku Membuat Aplikasi Inventory Dengan Java Netbeans, Mysql, Dan Ireport Karya Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Hendra Kurniawan, Dwi Sidik Permana, Yanuardi

Langkah 7. Kemudian kita akan membuat fungsi Create, yaitu untuk menyimpan data di database MySQL, dimana Anda bisa mengklik tombol Save sebanyak dua kali kemudian masukkan kode di bawah ini.

Langkah 8. Kemudian kita periksa apakah fungsi Create dapat berjalan dan berhasil menyimpan ke database, di mana kita menjalankan fungsi CRUD sederhana, dan inilah hasilnya.

Langkah 9. Kemudian kita akan membuat fungsi TampilData yaitu untuk menampilkan data pada tabel, artinya setiap kali kita menyimpan data, data tersebut akan ditampilkan dalam tabel, dimana terlebih dahulu kita akan menulis kode berikut. kebenaran Di bawah Formulir Siswa Umum.

Langkah 10. Kemudian kita buat metode tampilan data, dimana Anda bisa mencetak lampu merah di sisi kiri, lalu klik “Buat Metode” seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi Java Database

Langkah 11. Gulir ke bawah dan kembali ke bagian TampilData() yang kosong, hapus perintah source “trhow new blabla” seperti ini.

Langkah 13. Kemudian kita akan membuat sebuah fungsi JtableMouseClick, yang akan menampilkan data dari JTable pada JTextfield, JComboBox dan jRadioButton dengan cara mengklik salah satu baris pada JTable, yang artinya ketika kita mengklik sebuah baris tabel, JTextfield, JTextfield. JComboBox, dan jRadioButton akan melakukannya. Yang kita klik, klik kanan JTable dan pilih Events => Mouse => mouseClicked.

Langkah 15. Sekarang mari kita coba menjalankannya kembali dengan fungsi RUN CRUD sederhana, hasilnya akan seperti ini.

Nah kali ini sudah cukup tutorial membuat fungsi CRUD sederhana dengan Netbeans dan MySQL part 1, dan akan dilanjutkan dengan part 2, bisa klik disini untuk melanjutkan, dan jika ada kesalahan atau kendala dalam tutorial ini mohon dimaafkan saya, tolong mengerti. Itu admin masih newbie yang hanya ingin berbagi ilmu yang didapat di bangku kuliah, kursus lainnya bisa anda baca disini. Dan jangan lupa untuk membagikan halaman ini di situs web Anda sebagai cara berterima kasih kepada situs ini. Terima kasih,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,, Membangun Aplikasi CRUD Sederhana dengan Netbeans dan MySQL Part 1, kemudian administrator kembali, dan akan menulis artikel lanjutan, tutorial cara membangun aplikasi CRUD sederhana. Netbeans dan MySQL Part 2, pelajaran ini adalah yang terakhir, lanjutan dari artikel sebelumnya pada artikel sebelumnya menjelaskan cara membuat fungsi tombol simpan dan menampilkan data, dan pada artikel ini admin akan melanjutkan untuk membuat fungsi hapus. , ganti, cari dan keluar.

Cara Membuat Form Login Di Netbeans Menggunakan Database Mysql

Sebelum anda mengikuti tutorial ini pastikan anda sudah mengikuti tutorial di part 1 dan anda sudah menghubungkan data anda, jika belum anda bisa menuju kesini dan disini.

Nah, sekarang kita akan membahas cara membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Netbeans dan MySQL, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 4. Kemudian kita akan masuk ke bagian penulisan source code, pertama kita akan membuat fungsi delete yaitu untuk menghapus data dari tabel dan dari database, dimana bisa masuk dengan menekan tombol delete dua kali. Ikuti kode sumbernya.

Langkah 5. Kemudian kita akan memeriksa apakah fungsi hapus dapat berjalan dengan sukses dan menghapus data dengan benar, bagaimana kita menjalankan proyek CRUD sederhana, cara menghapus kita klik pada data di tabel lalu klik tombol hapus dan pesan dialog akan muncul. Muncul. Untuk konfirmasi sebagai berikut.

Membuat Aplikasi Crud Sederhana Dengan Netbeans Dan Mysql Part 1

Langkah 6. Kemudian kita akan membuat fungsi edit, yang sudah ada untuk mengubah/mengubah data di pasar dan tabel, klik dua kali tombol edit lalu masukkan kode di bawah ini.

Langkah 7. Kemudian kita akan menguji kembali apakah fungsi edit (modifikasi) dapat berjalan dengan sukses dan mengubah data dengan benar, cara kita menjalankan proyek CRUD sederhana, cara mengubahnya kita klik pada data di tabel lalu tombol Klik Ubah dan pesan konfirmasi percakapan seperti di bawah ini akan muncul.

Langkah 8. Kemudian kita juga akan membuat fungsi pencarian yaitu untuk mencari data pada database dan tabel, fungsi ini memudahkan user untuk mencari data yang akan dihapus atau diubah, dan cara melakukannya kita klik 2 kali. pada tombol pencarian dan kemudian masukkan kode di bawah ini.

Langkah 9. Kita juga mengecek apakah fungsi pencarian berhasil atau tidak, caranya tuliskan angka nim di kolom nim lalu klik tombol cari, dan hasilnya akan muncul di tabel seperti ini.

Membuat Aplikasi Inventory Dengan Java Netbeans, Mysql, Dan Ireport

Langkah 10. Dan terakhir kita akan mengerjakan tombol keluar dengan dialog konfirmasi yaitu pesan konfirmasi keluar ketika kita mengklik tombol keluar, caranya klik dua kali tombol keluar lalu masukkan kode di bawah ini.

Sedikit lagi, jika Anda ingin membuat proyek di tengah, yang berarti bahwa ketika kami menjalankan proyek, itu akan berada di tengah, seperti ini.

Nah, cukup sekian tutorial kali ini tentang membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Netbeans dan MySQL part 2, dan mohon maaf jika ada kekurangan atau kendala dalam tutorial ini, mohon dimaklumi admin masih newbie yang hanya ingin berbagi apa ingin dia menemukan. Di perguruan tinggi, beberapa mata kuliah dapat dibaca di sini. Dan jangan lupa untuk membagikan halaman ini di situs web Anda sebagai cara berterima kasih kepada situs ini. terima kasih