Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di Hp Android

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di Hp Android – Kita sering mengalami aplikasi yang tidak responsif di Android saat membuka game WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube, Shoppe, Line, Minecraft.

Ini membuat kita kesal, tentu saja. Nah, cara mengatasi aplikasi yang tidak responsif di hp android bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sangat sederhana yang tidak akan pernah anda pikirkan sebelumnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Merespon Di Hp Android

Sekarang Anda tahu mengapa aplikasi tidak merespons di ponsel Anda dan beberapa di antaranya disebabkan oleh masalah yang disebutkan di atas.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding Di Smartphone

Dalam pembahasan panduan ini, kami akan membaginya menjadi dua bagian, karena terkadang permintaan tidak ditanggapi, tidak hanya dalam satu permintaan. Namun, hal itu juga bisa dialami oleh aplikasi di ponsel Android kita.

Selain itu, tips cara mengatasi aplikasi yang tidak responsif ini berlaku untuk semua merek smartphone Android seperti Xiaomi, Oppo, Lenovo, Vivo, Samsung, Huawei, Asus, Realme, LG, Advan, dan lainnya.

Salah satu trik lama yang akan membantu Anda membuka aplikasi yang tidak mau terbuka atau tidak merespons.

Anda dapat me-restart sistem operasi ponsel Android, biasanya masalah ini hanya sementara karena kesalahan sistem.

Cara Paling Mudah Mengatasi Layar Android Stuck Atau Tidak Menyala

Biasanya, kecuali dengan trik sepele ini, kita bisa membuka kembali aplikasi yang sulit dibuka di ponsel Android kita.

Terlalu banyak cache di smartphone kita juga cenderung menyebabkan aplikasi tidak merespon saat dibuka.

Karena itu, pengoperasian sistem operasi Android menjadi semakin lambat, yang jelas tidak baik untuk pengoperasian sistem.

Salah satunya adalah aplikasi di hp android kita sulit dibuka atau aplikasi tidak merespon, solusinya anda bisa mengosongkan cache yang menumpuk hingga gigabyte.

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Iphone Blank Putih / Tidak Mau Terbuka

Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih disk seperti CCleaner dan Clean Master apk yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Sulit untuk membuka aplikasi di ponsel kita karena masalah sepele ini, aplikasi kedaluwarsa dan perlu diperbarui atau diperbarui.

Biasanya saat kami memperbarui aplikasi ke versi terbaru, kami mendapatkan perbaikan untuk masalah seperti bug sistem. Selain itu, kami mendapatkan fitur tambahan yang menarik dari setiap aplikasi yang kami gunakan.

Hal ini karena sulit untuk menghilangkan masalah bug, hard reset setidaknya dapat menghilangkan bug dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lambat, Lemot, Dan Macet

Penting sebelum mereset ponsel ini bahwa ada cadangan file penting, Anda dapat menyimpannya secara online atau di tempat lain seperti MicroSD.

Baca Juga :  Aplikasi Stok Barang Android

Lebih dari itu, ada beberapa aplikasi seluler bawaan seperti apk telepon, sms, kontak, pengaturan dan lainnya. Jika aplikasi ini mogok atau menjadi tidak responsif, mungkin ada masalah dengan sistem operasi Android.

Semoga panduan tentang cara menangani aplikasi yang tidak responsif di ponsel Android untuk semua merek ini akan membantu Anda membuka aplikasi yang sebelumnya tidak dapat dibuka. Aplikasi adalah bagian terpenting dari smartphone Android. Ada dua jenis aplikasi di ponsel Android yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang ada langsung di smartphone Android sendiri adalah aplikasi bawaan seperti Gallery, Music Player, Video Player, Google Chrome, Gmail, Google Drive dan lain-lain. Meskipun aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang kami tambahkan sendiri sesuai dengan preferensi kami, seperti WhatsApp, FB Messenger, Instagram, Twitter, TikTok dan sebagainya.

Mengapa aplikasi Android saya tidak terbuka? Pengguna Android sering mengajukan pertanyaan seperti itu dan mengeluh bahwa aplikasi tidak dapat dibuka sama sekali. Terkadang muncul pesan error seperti “Sayangnya aplikasi berhenti”, “Sayangnya aplikasi tidak merespon”, “Sayangnya aplikasi berhenti”, “aplikasi berhenti”, “memori tidak cukup”, “tidak merespons”, “com.android. proses berhenti”, dan sejenisnya.

Cara Mengatasi Myxl Gagal Memuat Data / Tidak Bisa Login

Pesan seperti ini merupakan indikasi bahwa aplikasi mengalami kesalahan dan tidak dapat dibuka atau diluncurkan sama sekali. Alasan dapat berkisar dari file cache yang tidak pernah dihapus, memori Android penuh, aplikasi yang tidak pernah diperbarui, dan bug aplikasi. Sebagai pengguna Android yang gaptek, tentunya kamu pasti bingung untuk mengatasi masalah ini. Namun jangan khawatir, karena kali ini saya akan memberikan solusi tepat yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Namun sebelum itu, Anda bisa melihat dulu beberapa poin penyebab berikut ini.

Setiap pengguna Android memiliki aplikasi mogok yang berbeda di aplikasi default atau aplikasi pihak ketiga. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, mulai dari membersihkan cache Android, memperbarui aplikasi ke versi yang lebih baru, menghapus data aplikasi, dan menghentikan aplikasi.

Tip pertama coba reload / reboot ponsel Android Anda. Mem-boot ulang ponsel Android adalah hal biasa ketika berhadapan dengan aplikasi yang tidak dapat dibuka karena RAM penuh dan layanan sistem tidak berfungsi dengan baik. Cara ini memang sederhana, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tahu nanti aplikasi yang bermasalah bisa kembali normal.

Tip selanjutnya adalah menghapus file cache memori sistem dan aplikasi. Apa itu harta karun? Cache adalah file sementara yang dibuat oleh sistem dan aplikasi yang diinstal. File cache membantu pengguna membuka/meluncurkan aplikasi dengan lebih mudah dan cepat. Sangat penting bagi Anda untuk menghapus file cache agar memori internal ponsel tidak menumpuk. Untuk menghapus file cache ada dua cara yang bisa Anda lakukan; menggunakan pembersih aplikasi dan melalui manajemen aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga :  Aplikasi Penambah Megapixel Kamera Android

Cara Mengatasi Kamera Hp Android Yang Error Atau Tidak Dapat Terhubung

Setelah membersihkan cache aplikasi yang bermasalah, bersihkan juga cache sistem dan aplikasi lain menggunakan aplikasi pembersih bawaan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Jika mengosongkan cache tidak berhasil sama sekali, coba hapus data aplikasi. Menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke lokasi defaultnya (seperti yang baru dipasang). Semua data sementara tentang aplikasi, seperti database, cache, cookie, bookmark, riwayat, dan lainnya akan hilang. Jangan khawatir, metode ini tidak menghapus aplikasi, hanya menghapus data aplikasi. Lihat langkah-langkah di bawah ini.

Seiring waktu, pengembang terus berusaha meningkatkan kinerja, stabilitas, keamanan, dan aplikasi. Itu sebabnya saya sarankan untuk selalu memperbarui sistem dan aplikasi Anda untuk mendapatkan pembaruan dan perbaikan tersebut. Anda hanya dapat memperbarui jika ada pembaruan / versi terbaru dari sistem dan aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Jika masalahnya adalah aplikasi default seperti Galeri atau Musik yang tidak tersedia di Google Play Store, maka Anda dapat memperbarui aplikasi dari toko pasar default ponsel.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Hp Vivo

Jika masalah aplikasi yang Anda miliki sangat serius, maka Anda mau tidak mau harus menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Apalagi jika aplikasi yang Anda instal diunduh dari pihak ketiga yang stabilitas dan keamanannya tidak terjamin; maka tentu saja Anda berisiko tidak dapat membukanya. Mudah-mudahan, menginstal ulang aplikasi akan membuatnya kembali normal. Untuk menghapus aplikasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Setelah menghapus aplikasi, Anda harus terlebih dahulu menghapus file cache menggunakan pembersih aplikasi. Restart ponsel Android Anda dan kemudian instal ulang aplikasi.

Jika metode sederhana tidak membantu, opsi lain yang dapat Anda lakukan adalah mengatur ulang ponsel Android Anda. Metode ini tidak terlalu disarankan karena juga menghapus aplikasi lain. Namun jika masalahnya adalah aplikasi bawaan yang sangat penting, maka mengatur ulang ponsel bisa menjadi pilihan Anda. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting yang Anda miliki sebelum melakukan reset. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang.

Baca Juga :  Bobol Wifi Tanpa Aplikasi Di Android

Google sebagai pengembang sistem Android selalu mengupgrade fitur, tampilan, stabilitas dan keamanan setiap tahunnya. Pembaruan mengubah struktur kode dan pengaturan sistem. Terkadang beberapa aplikasi tidak didukung atau mengalami masalah saat diinstal pada OS terbaru; Oreo atau pai misalnya. Karena pembaruan, pengembang aplikasi perlu beradaptasi dengan sistem terbaru Google. Jika tidak, kesalahan dapat terjadi.

Tidak Bisa Download Whatsapp Dari Playstore? Ini Solusinya

Pengalaman pribadi, saya pernah menginstal aplikasi dari Google Play Store dan ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dibuka dan dijalankan. Informasinya OS tidak support padahal OS terbaru. Artinya pengembang belum mengupdate aplikasi sehingga tidak bekerja maksimal pada sistem operasi terbaru. Dan biasanya di bawah deskripsi Google Play adalah tanggal pembaruan atau informasi versi aplikasi yang menunjukkan kapan aplikasi diupgrade.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah memeriksa apakah aplikasi/game tersebut mendukung atau kompatibel dengan ponsel yang Anda gunakan. Ketika aplikasi tidak kompatibel, sering terjadi kesalahan, bahkan ketika ditutup dalam beberapa kasus. Kondisi ini juga mempengaruhi versi sistem operasi dan spesifikasi ponsel yang dinilai kurang mumpuni.

Salah satu contohnya adalah Samsung Music yang merupakan aplikasi pemutar musik andalan Samsung. Meski aplikasinya ada di Google Play Store, bukan berarti kompatibel dengan semua perangkat Android, aplikasi hanya bisa digunakan oleh pengguna perangkat Samsung.

Kemungkinan lain adalah aplikasi yang Anda unduh masih dalam pengembangan atau belum sepenuhnya selesai (versi beta). Artinya, aplikasi tersebut masih dalam tahap pengujian untuk pengguna Android. Tujuan dari versi beta adalah untuk mengetahui apakah ada masalah dengan aplikasi atau tidak. Jika masih ada kendala, pengembang akan melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Jadi, beri tahu kami jika kesalahan sering muncul di aplikasi.

Icon Android Di Aplikasi Yang Terhubung Di Setelan Aplikasi Google Sering Ga Muncul Atau Hilang

Di Google Play store sendiri, pengembang biasanya memberikan informasi bahwa aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan (versi beta). Informasi ini biasanya ditemukan dalam judul atau deskripsi aplikasi. Bahkan beberapa aplikasi yang sebelumnya stabil telah kembali ke versi beta untuk menguji beberapa fitur yang baru ditambahkan.

Dari semua penjelasan dan tips yang saya berikan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi tidak dapat dibuka karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mungkin karena penumpukan file cache, RAM penuh, memori internal penuh, sesuai spesifikasi yang tidak mumpuni. Sedangkan faktor eksternal terjadi karena error pada sistem android, error pada aplikasi, untuk aplikasi yang masih dalam tahap beta.

Google sendiri mengkonfirmasi keberadaan mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published.