Membuat Aplikasi Login Android Studio

Membuat Aplikasi Login Android Studio – Sebuah aplikasi sistem tingkat pengguna tentu membutuhkan login dari pengguna untuk mengakses akun mereka. Untuk memudahkan login pengguna, kami dapat melakukan otentikasi login menggunakan email google yang terdaftar di sistem Android pengguna. Kemudian setelah menekan tombol login, pengguna akan langsung diarahkan ke pilihan akun email yang terdaftar.

Keuntungan dari sistem login ini adalah pengguna tidak perlu khawatir akan pencurian akun oleh pemilik software karena informasi yang dapat diakses hanya email, ID akun, gambar, nama dan nomor ponsel.

Membuat Aplikasi Login Android Studio

Untuk membuat login otentikasi dengan akun Google, langkah pertama adalah membuat kredensial baru di konsol API, prosedurnya adalah sebagai berikut.

Tutorial Android Studio

3. Pilih jenis aplikasi (Android), lalu masukkan nama aplikasi, kode SHA-1 (baca di sini untuk mendapatkan kode), ubah sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda hanya membutuhkannya dalam mode debug, SHA – 1 Debugging , jika ingin dirilis, Ambil rilis SHA-1 dan terakhir nama instance bundel Anda adalah “com.example.login_google” lalu klik buat.

Setelah membuat kredensial tambahan untuk proyek Android Studio dengan menambahkan dependensi berikut ke proyek Android Studio, klik Sinkronkan Sekarang.

Ketika aplikasi berhasil login, aplikasi kita diinstruksikan untuk membuka aktivitas baru bernama Home.java. Untuk melakukan ini, buat aktivitas baru bernama home -> New -> Activity -> Empty Activity dengan mengklik kanan pada paket root hingga muncul kotak dialog baru seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Di nama aktivitas, masukkan nama Beranda, pilih Buat file tata letak (buat aktivitas secara otomatis membuat tata letak). Nama edit biasanya akan sesuai dengan nama aktivitas, ubah sesuai keinginan Anda lalu klik Selesai.

Cara Membuat Aplikasi Android Form Input Data Sederhana

Langkah terakhir adalah pengujian. Jalankan aplikasi menggunakan emulator atau debug langsung di ponsel Android Anda. Klik tombol login, jika berhasil maka akan muncul seperti gambar Halo blogger, apa kabar hari ini? Saya harap Anda masih dalam keadaan sehat dan semangat saat Anda mempelajari tutorial baru. Sebelumnya kita berbicara tentang tata letak di Android. yang belum baca bisa cek disini Cara Sederhana Belajar Layout Android Sekarang saya akan menunjukkan cara membuat aplikasi login sederhana tanpa database.

Mengapa masuk? Masuk adalah proses mengakses sistem dengan memasukkan ID akun pengguna dan kata sandi untuk mendapatkan hak akses untuk menggunakan sumber daya dari komputer target. Jadi setiap aplikasi membutuhkan proses untuk mendapatkan resource yang dibutuhkan atau login sebagai hak akses seseorang.

Disini membuat program login tanpa database adalah dengan bereksperimen dengan logika login, jika berhasil maka akan muncul login yang berhasil, jadi kita hanya akan membahas proses login saja.

Baca Juga :  Cara Hidden Aplikasi Di Android

5. Isi nama aktivitas sesuai keinginan atau default dari android studio. karena aktivitas akan diganti namanya menjadi kelas nanti. Jika Anda mengklik Selesai.

Cara Belajar Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

7. Kemudian anda masukkan komponen berikut. disini saya menggunakan LinearLayout. Anda dapat menemukan komponen bekas di “pohon komponen”.

Jadi bagaimana…? Apakah Anda sudah memahami cara mudah membuat aplikasi login tanpa database? Mungkin itu saja yang penulis lakukan untuk membuat program entry tanpa database dengan cara yang sederhana, jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan dan dikoreksi atau ditambahkan jika ada kesalahan. Jika artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya untuk membagikannya ke teman-teman Anda yang lain, terima kasih. Selamat datang di My Blog Share, kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang cara membuat form login di Android Studio dengan Database MySQL. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang cara membuat login di android studio menggunakan database mysql.

Di bawah ini adalah beberapa langkah atau proses untuk membuat form login di Android Studio menggunakan database MySQL.

Pada langkah pertama, buat proyek baru di Android Studio. Jika Anda telah membuat proyek di Android Studio, lewati langkah pertama dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika Anda bingung membuat proyek baru di Android Studio, baca artikel yang saya bagikan untuk mempelajari cara membuat proyek baru di Android Studio.

Mudah Membuat Dan Berbisnis Aplikasi Android Dengan Android Studio Book By Yudha Yudhanto & Ardhi Wijayanto

Pada langkah kedua ini, Anda akan membuat database dengan tabel untuk menyimpan kredensial pengguna dan kemudian membuat proses akses API yang akan diekspos di Android, xampp, wamp, lamp, dll. Anda dapat menggunakan server lokal seperti Disini saya akan menggunakan xampp sebagai server lokal.

Pada langkah ketiga ini, Anda akan membuat tampilan form login di aplikasi Android Anda, jadi layar Anda akan membuka activity_main.xml terlebih dahulu dan Anda dapat mendesainnya sesuai keinginan, dan saya akan memberikan contoh sederhana di sini. desain tampilan formulir login.

Pada proses keempat, Anda membuat proses login di Android Studio. Untuk melakukan ini, Anda menambahkan kelas baru sebagai wadah untuk proses login. dan Anda dapat menamai prosesnya sesuka Anda. Disini saya akan beri nama process_login.java, pada class ini process_login akan menyesuaikan dengan proses pengiriman data dari android melalui proses api yang kita buat tadi di langkah kedua. ok di bawah scriptprocess_login.java.

Baca Juga :  Aplikasi Keyboard Android Terbaru

Setelah selesai, buka MainActivity.java dan panggil kelas login_process yang kita buat sebelumnya. Salin kode sumber yang saya bagikan di bawah ini. Cat Tekno – Firebase sangat menyenangkan digunakan untuk membangun aplikasi dengan teknologi cloud. Dalam tutorial ini kita akan login menggunakan email dan password untuk mengakses aplikasi, data tentu saja online dan disimpan di server firebase.

Membuat Aplikasi Support Multi Bahasa Di Android Studio

Membuat login pada dasarnya membutuhkan pengembangan database untuk menyimpan informasi pengguna, seperti menyimpan nama pengguna dan kata sandi. Jika Anda menggunakan Firebase, Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur verifikasi email dan kata sandi. Kita dapat dengan mudah melakukan ini tanpa memikirkan hosting dan sql untuk login.

Ini adalah contoh aplikasi login Android menggunakan Firebase, halaman login pertama yang meminta email dan kata sandi, jika benar, mengarah ke halaman beranda yang dilengkapi dengan tombol Logout. Namun jika gagal maka akan muncul peringatan login failure, dan karena aplikasi sedang online maka prosesnya harus menggunakan internet.

Unduh contoh aplikasi Login dengan email dan kata sandi dari tautan di bawah ini, gunakan email admin@co.id dan kata sandi bahasa Indonesia untuk mencobanya.

Buat proyek Firebase dan ganti namanya menjadi proyek yang lebih baru di Android Studio, untuk langkah ini Anda harus merujuk ke panduan membuat proyek baru di Firebase dan menghubungkan ke Android Studio.

Belajar Android Studio

Setelah membuat project dan masuk ke halaman utama Firebase, klik tab Authentication – Pilih metode Login – Email/Password, Enable – lalu klik Save.

Selanjutnya, kita akan membuat contoh email dan kata sandi untuk masuk ke aplikasi. Klik tab Pengguna – lalu Tambah Pengguna – tambahkan email dan kata sandi apa saja – lalu klik tombol Tambah Pengguna. Pertama, buat satu atau buat banyak pengguna, tidak masalah.

Buat proyek baru – cocokkan nama paket dalam proyek Firebase di atas (wajib). Misalnya dalam project Firebase Anda memasukkan nama paket com..apliasilogin, jadi project di Android Studio harus sama, Anda bisa membuat project Android Studio terlebih dahulu, atau sebaliknya.

Di sini saya membuat proyek dengan tata letak tindakan utama sebagai contoh, jadi nanti tata letak akan memiliki tombol mengambang dan tata letak xml turunan, jadi jika Anda membuat tata letak yang berbeda misalnya, terserah Anda.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Login Tanpa Database

Setelah membuat project baru, buka file build.gradle di Android Studio dan tambahkan kode berikut pada setiap gradle, karena ada 2 file gradle yang berbeda, jangan campur kodenya.

Baca Juga :  Aplikasi Pembersih Ram Ios

Coba klik Sinkronkan Proyek untuk mengunduh pustaka dan pastikan tidak ada kesalahan. Jangan lupa untuk meletakkan file googleservice.json di folder aplikasi Anda.

Setelah membuat project kita sudah memiliki activity bernama MainActivity, kita membutuhkan activity untuk proses login. buat yang baru dengan mengklik folder java – New – Action – Klik kanan pada nama Main Action.

Buka file tata letak login, misalnya, beri nama content_login.xml, lalu edit teks untuk email dan kata sandi, bilah kemajuan, tombol masuk, dan gambar dekoratif. Saya menggunakan batasan tata letak di sini, jadi jika Anda menggunakan tata letak, Anda biasanya dapat mengeditnya.

Jual Ready Stock Tutorial Android Studio Pemula

Buka file login.java dan jika ada bagian yang tidak perlu diubah sesuai kebutuhan, tambahkan proses login seperti di bawah ini untuk keseluruhan kode.

Setelah membuat tampilan login, langkah selanjutnya adalah membuat tampilan home setelah login berhasil, buka file content_main.xml di folder layout, buat label, 1 tombol keluar dan gambar sebagai pemanis.

Buka file MainActivity.java dan jika ada bagian yang tidak perlu diubah sesuai kebutuhan, tambahkan proses output untuk keseluruhan kode seperti di bawah ini.

Buka file androidmanifest.xml, lalu tambahkan izin internet di bagian atas kode, dan tambahkan juga action launcher agar file login.java menjadi hal pertama saat aplikasi dibuka.

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Audio Player Di Android Studio

Sekarang coba build apk atau jalankan aplikasinya, jika sudah benar akan seperti gambar di atas. Tampilan mungkin berbeda karena perangkat yang digunakan memiliki resolusi layar yang berbeda.

Ini adalah tutorial cara membuat email login di Android Studio dengan Firebase, jika ada huruf, koreksi di kolom komentar dan jika ada pertanyaan silahkan tambahkan screenshot. Halo temanku. Tutorial ini mengajarkan Anda cara mendesain aplikasi masuk tunggal menggunakan Android Studio. Kami akan membuatnya di activity_main.xml.

Halaman login di aplikasi membutuhkan posisi layar yang benar dalam desain. Tampilan root yang kami gunakan adalah RelativeLayout. Sedikit penjelasan tentang tampilan root dan tampilan yang akan kita gunakan. RelativeLayout adalah tampilan root parsial dari tata letak xml Android.

Kami menggunakan RelativeLayout sebagai tampilan root pertama. RelativeLayout adalah tampilan root yang memungkinkan tampilan anggota menjadi relatif satu sama lain. Kami menggunakan RelativeLayout untuk tampilan root bersarang. bersarang? Tampilan root bersarang adalah tampilan root yang berisi tampilan root lainnya. Kemudian tampilan yang kami gunakan dari tampilan pertama hingga akhir dijelaskan.

Source Code Tutorial Aplikasi Al Quran Android

Kami menggunakan CircleImageView untuk menampilkan logo login melingkar. Sehingga

Leave a Reply

Your email address will not be published.