Membuat Database Untuk Aplikasi Android

Membuat Database Untuk Aplikasi Android – Halo semuanya, kali ini kami melanjutkan tutorial kami tentang Firebase. Kami akan menjelajahi fitur Firebase lain yang sering digunakan. Karena kita telah mempelajari tentang Firebase Analytics dan Firebase Authentication sebelumnya, kali ini kita akan mempelajari tentang Firebase Realtime Database. Apa itu Firebase Realtime Database? Firebase Realtime Database adalah database NoSQL berbasis cloud yang dapat digunakan secara real-time dan dapat diakses lintas platform dari Android, iOS, atau web. Data di Firebase Realtime Database disimpan sebagai pohon JSON yang selalu disinkronkan secara real-time. Karena sifatnya yang real-time, jika database berubah, semua klien yang menggunakan database real-time ini akan otomatis tersinkronisasi. Dan tipe databasenya adalah tipe NoSQL, yang sangat cocok untuk saat kita menyimpan data key-value dalam aplikasi kita.

Oke, jadi dalam tutorial ini, kita akan membuat aplikasi inventory sederhana di Android yang menggunakan Firebase Realtime DB sebagai databasenya. Aplikasi ini akan dapat melakukan operasi dasar pada database yaitu CRUD (membuat, membaca, memperbarui, menghapus). Jika Anda sudah membaca tutorial saya tentang membuat aplikasi CRUD dengan SQLite di Android, tutorial ini serupa. Satu-satunya perbedaan kali ini adalah kita akan menggunakan Firebase Realtime Database sebagai database yang digunakan dalam aplikasi kita.

Membuat Database Untuk Aplikasi Android

Oke, jika Anda sudah menyelesaikan tutorial prasyarat di atas. Langkah selanjutnya adalah menambahkan dependensi Firebase Realtime Database di build.gradle level aplikasi sebagai berikut:

Cara Membuat Crud Database Sqlite Dan Recyclerview Android Part 1

Setelah itu, Anda bisa masuk ke proyek Firebase console yang sudah otomatis dibuat pada tutorial sebelumnya. Di konsol, kami akan menyiapkan aturan untuk menentukan siapa yang dapat mengakses database yang kami buat. Dalam tutorial ini, kami tidak menggunakan otentikasi, jadi kami akan mengizinkan siapa pun untuk membaca dan menulis akses ke database kami.

Baca Juga :  Aplikasi Scan Android Terbaik

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa semua pembacaan dan penulisan disetel ke true. Artinya siapapun bisa mengakses database kita tanpa harus melakukan otentikasi terlebih dahulu.

Jika sudah, langkah pertama dalam membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Firebase Realtime Database selesai.

Yang sudah Anda lakukan hanyalah awal belajar CRUD di Firebase Realtime Database. Untuk tutorial lainnya yang lebih lengkap akan saya ulas di postingan terpisah, yang bisa Anda lihat di bawah ini:

Menggunakan Sqlite Di Android

Pengamat teknologi Java, Android dan Google. Di sini Anda dapat membaca tulisannya tentang ini, serta artikel lain tentang startup, bisnis, kewirausahaan, masyarakat, dan banyak lagi. Ikuti kami di Instagram. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan klik di sini.

Tags: tutorial database android, pengembangan android, belajar firebase, belajar firebase android, belajar database firebase, firebase, firebase di android, firebase realtime database, menambahkan firebase, tutorial firebase Membuat aplikasi CRUD sederhana dengan SQLite -database di Android Studio 20 Juni, Peringkat 2019: 5

Buat aplikasi CRUD sederhana dengan database SQLite di Android StudioJune 20, 2019 android , crud , database , sqlite 0 Comments Hai para blogger, sudah lama saya tidak posting artikel karena saya sibuk dengan bisnis dunia nyata. Kali ini admin akan memberikan tutorial cara membuat aplikasi CRUD (Create Read Update Delete) di Android menggunakan database SQLite. SQLite adalah database portabel karena data akan disimpan di memori masing-masing ponsel Anda, bukan di server. Namun database ini juga dapat disinkronkan ke server jika diperlukan, yang akan kita bahas di lain waktu. Kali ini kita akan melakukan aplikasi CRUD sederhana, nanti kita akan membahas melakukan CRUD dengan content provider. Oke, untuk melakukan itu, mari kita lakukan desainnya terlebih dahulu. “android: “match_parent” android :layout_height= “wrap_content” android :layout_weight= “3” android :textColor= “#000 ” android :text= “Id” />

Leave a Reply

Your email address will not be published.