Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse Dan Mysql

Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse Dan Mysql – 2 Presentasi Buku ini dipersembahkan untuk Indonesia yang lebih baik dari segi ilmu pengetahuan, teknologi dan sumber daya manusia, semoga buku ini menjadi berkat bagi saya dan keluarga.

3 kata dilemparkan kata-kata dilemparkan? Mengapa tidak memperkenalkan? Resmi, resmi penuh: D, buku ini tidak dirilis, bagaimana itu terjadi: D Jadi saya ingin mengatakan ejector, kata pengantar kue, terserah saya, hehehe. Buku ini adalah buku pendek yang sangat jelas dan sangat berat πŸ˜€ Kenapa bisa begitu berat? Ya, saya membuat buku ini untuk menjelaskan langkah-langkah membuat aplikasi Android yang bagus, bukan kekacauannya? apa artinya? Sebagian besar dari mereka yang mempelajari Android langsung mempelajari Android tanpa memahami konsep dan pola desain yang matang di Java, meskipun hanya sebuah aplikasi, mengembangkannya bisa jadi sulit, terutama jika sudah banyak orang yang melakukannya. Disini saya akan membahas cara membuat aplikasi, saya tidak melihat contoh sederhana, lihat saja langkah-langkah dan konsep yang akan saya bahas πŸ˜€ hehehe

Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse Dan Mysql

4 Pendahuluan Daftar isi … 2 Kata deskriptif … 3 Daftar isi … 4 Buat proyek pertama Anda … 5 Buat domain atau kelas model … 8 Buat database Buat halaman Buat halaman Buat menu Buat menu Buat form Buat kelas Edit halaman KontakActivity Buat kontak baru Buat halaman Buat kontak baru Buat kelas Buat formulir Buat kelas CreateActivity Tambahkan metode reset () Tambahkan CreateActivity ke AndroidManifest.xml Buat tombol kontak di menu tindakan Buat halaman daftar kontak Buat halaman daftar kontak Buat daftar kelas Buat ListActivity Class AndroidManifest Daftar kontak Implementasi tombol Aplikasi yang terbukti Sedikit perbaikan !!! Pekerjaan sebelumnya tentang saya … 46

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana β€œkonversi Takaran Air” Β« Iranies Blog

5 Buat project dulu Kalau mau buat aplikasi tentunya buat project dulu, pokoknya jangan seperti ini πŸ˜€ BTW, udah pada tau kan cara buat project android kan? Jika Anda tidak tahu seberapa bagusnya, cukup klik File -> New -> Android Project di Eclipse. Beri nama proyek yang Anda inginkan: D Gratis, Anda tidak membayar: D Misalnya beri nama proyek dengan saya nama kontak person. Mengapa menghubungi? Ya, karena aplikasi yang ingin saya lakukan sekarang adalah aplikasi manajemen kontak sederhana: D Namun, perlu diketahui bahwa ini tidak ada hubungannya dengan aplikasi kontak Android. Keren kan aplikasinya πŸ˜€ hehehe Kalau ada klik Next>

6 Jika sekarang Anda memilih versi target aplikasi untuk versi android mana, karena ponsel saya memiliki OS Android versi 2.3, jadi saya memilih 2.3, jika ya, pilih salah satu ponsel Anda yang cocok untuk Catatan: P Jika demikian, klik Berikutnya > Lagi.

Baca Juga :  Download Video Di Ig Tanpa Aplikasi

7 Sekarang tinggal masukkan nama aplikasinya, disini saya berikan nama contact person untuk aplikasi tersebut. Masukkan juga nama paketnya, jangan lupa centang Create activity, lalu masukkan nama class aktivitasnya. Mengapa perlu diuji? Soalnya kalau tidak dicentang saya malas, kalau harus membuat kelas aktivitas secara manual, kalau ada yang otomatis kenapa harus manual? Lelah saja πŸ˜› Kalau begitu, klik Finish, Eclipse otomatis akan membuatkan proyek untuk kita (kita? Saya rasa tidak :P)

8 Buat kelas domain atau model kelas domain? Kelas model? Jika Anda tidak tahu apa artinya ini, Anda beruntung membaca buku ini. Jika Anda belum membaca buku ini, Anda mungkin berusia dua belas tahun: D Oke, saya akan menjelaskannya. Domain atau kelas model adalah kelas yang merepresentasikan data. , data apa? Ya, data apa saja, bisa berupa data entitas, tabel, atau lainnya. Dalam buku ini, karena saya membuat aplikasi kontak, ini berarti akan ada detail kontak, artinya domain atau kelas model adalah kelas kontak. Isi domain class nya hanya atribut, misal kelas contact hanya akan ada atribut, nama, hp sama saja, kalau mau ditambah terserah, saya tidak mau tambah lagi, tar. Membuat buku adalah: P Sebelum membuat kelas kontak, sekarang kita membuat paket terlebih dahulu, kita tidak memasukkannya ke dalam paket, bukankah itu bagus? Siapa bilang? Nenek berkata: P Ya, tidak baik, jika diatur dalam satu paket, bayangkan ada 1000 kelas, maka Anda dapat menemukannya: P Kembali ke topik, untuk membuat paket, Anda dapat memilih File -> New. -> Package : Isi dengan nama package, misal saya masukkan com.stripbandunk.android.kontak.model, terserah anda mau masuk apa, saya tidak peduli : P Kalau sudah, sekarang anda bisa membuat kelas kontak, pilih File -> Baru -> Kelas:

Belajar Android Studio Aplikasi Crud Data Mahasiswa Β« Blog Belajar Pengembangan Aplikasi Android, Blackberry, Jquery, Javascript Dan Java

9 Jangan lupa isi package yang sudah kamu buat tadi, jadi tolong beri nama classnya, misal disini saya panggil contact karena saya sangat ingin membuat class yang menyertakan contact detail. Jika sudah, klik Selesai. Eclipse akan secara otomatis membuat kelas kontak, isinya adalah sebagai berikut:

10 Sekarang saatnya menambahkan atribut, nama dan telepon, semua tipe data yang ingin saya gunakan adalah data string, mengapa? Ya, tidak mungkin nama tipe data menjadi angka, apakah itu gila? Jika Anda melakukan banyak kode Java, itu akan sedikit aneh. Mengapa definisi publik? Tidak pribadi? Jadi di mana para pengumpul dan pemukim? Tenang aja πŸ˜€ Jangan dikira kita coding di desktop atau aplikasi web, sekarang kita coding di aplikasi mobile, semakin banyak kode yang kita buat maka otomatis aplikasi mobile akan semakin lambat, kenapa bukan mobile. Jangan bekerja di komputer jadi pastikan kodenya semurah mungkin: D Ditambahkan di sini, tidak perlu getter dan setter: D

Baca Juga :  Aplikasi Kasir Gratis Ios

11 Buat database Tenang, tenang, jangan kaget dulu: P Saya benar-benar tidak meminta Anda untuk membuat database Anda: P Gila jika Anda menyuruh saya membuat database Anda, hai. Ini berarti pertama kita membuat kelas database-database, dengan asumsi data disimpan dalam database, meskipun saya hanya menyimpannya dalam daftar di sini. Seperti biasa, buat paket terlebih dahulu: jika Anda memilikinya, buat kelas:

12 Saya menggunakan nama KontakDatabase di sini, jadi jelas bahwa kelas ini adalah kelas database untuk detail kontak. Jika Anda mengklik Selesai.

Membuat Aplikasi Menu Makanan Di Android

Kelas KontakDatabase hanya berisi beberapa metode yaitu add (kontak) dan findall(). Metode add (kontak) adalah untuk menambahkan informasi kontak, dan metode findall () adalah untuk mengambil semua informasi kontak. Karena kelas basis data kontak ini tersedia di mana-mana, jadi saya menjadikan kelas ini sebagai kelas tunggal. Sekarang tambahkan metode tambah (kontak) dan temukan semua ()

14 Sekarang setelah saya menambahkan metode add (contact) dan findall(), ketik ulang: P hehehe. Untuk menggunakan kelas KontakDatabase, Anda sekarang dapat menggunakan kode berikut:

15 Buat Halaman Menu Sekarang saatnya membuat halaman menu pertama, disini saya akan membuat halaman menu dengan dua tombol, tombol Create New Contact dan daftar kontak. Jika Anda mengklik tombol Create a new contact maka akan muncul halaman untuk membuat kontak baru, jika Anda mengklik tombol Contact List maka akan muncul halaman dengan daftar semua kontak yang telah dibuat, beberapa seperti ini πŸ˜€ create a halaman menu untuk membuat halaman layout, disini saya menggunakan layout xml. Saat pertama kali membuat project Android, Eclipse otomatis membuat file main.xml di folder res/layout, coba buka, tampilannya seperti ini: Untuk mengubahnya, saya menambahkan dua. Tombol-tombol yang saya jelaskan tadi jadi ya; setengah setengah pol!!!

16 Membuat Kelas MenuForm Sekarang Anda telah membuat tata letak halaman menu, saatnya untuk membuat kelas MenuForm. MenuFormulir? Ya, banyak orang ingin memanipulasi tata letak xml, seperti halnya unduhan komponen, biasanya di kelas aktivitas. Itu tidak buruk, hanya berpikir apakah ada 100 bahan yang harus diambil? Kodenya bisa bikin pusing πŸ˜€ Ingat kode yang bagus, kode yang efisien dan jumlah yang sedikit, tidak terlalu besar dan rumit πŸ˜› Sekarang buat paket pertamamu:

Baca Juga :  Cara Dapat Token Listrik Gratis 2020

Crud Android Php Mysql Database Β« Blog Belajar Pengembangan Aplikasi Android, Blackberry, Jquery, Javascript Dan Java

18 Nama kelasnya adalah MenuForm, disebut Form untuk memahami apakah itu kelas UI atau bisa disebut MenuView. Hasilnya adalah sebagai berikut:

19 Sekarang tambahkan saja atribut Aktivitas. Kelas? Untuk apa? Ya, lakukan nanti agar kita bisa mendapatkan komponen yang ada di layout, lho: P Jika ya, kita akan menambahkan komponen yang ada di layout main.xml.

21 Mengedit KontakActivity Saat pertama kali membuat project, terdapat sebuah class bernama KontakActivity yang merupakan class utama yang diimplementasikan saat aplikasi sedang berjalan di Android. Sekarang mari kita modifikasi kelasnya. Sebelumnya, class terlihat seperti ini: Sekarang kita tambahkan atribut MenuForm: Jika ditambahkan, tambahkan saja OnClickListener ke tombol MenuForm. Pertama, kita mengimplementasikan kelas KontakActivity:

22 Saya baru saja menambahkan OnClickListener ke tombol MenuForm: Selesai, jadi ada apa dengan konten onclick()? Yang terakhir jika kita telah membuat halaman daftar kontak dan halaman untuk kontak baru.

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Eclipse

23 Buat Halaman Buat Kontak Baru Sekarang saatnya kita membuat halaman untuk kontak baru Seperti judulnya, halaman ini digunakan untuk membuat kontak baru. Create page Create new contact Ok seperti biasa, sekarang mari kita buat layout xml terlebih dahulu, untuk membuat halaman contact baru bisa pilih File -> New -> Android XML File. Pilih resource type layout, project is connection, dan nama filenya apa saja, saya menggunakan nama untuk: D dan pastikan root adalah LinearLayout. Jika sudah klik Finish tinggal edit saja filenya jadi seperti ini :

25 Selesai, tata letak halaman selesai, sekarang klasifikasi ulang formulir. Membuat kelas CreateForm Tujuannya adalah untuk membuat kelas MenuForm yang merupakan representasi kelas untuk layout yang kita buat sebelumnya. Sekarang tidak perlu membuat paket baru karena kami telah membuat formulir paket. Langsung saja ke kelas:

26 Seperti biasa, tambahkan atribut Aktivitas ke kelas CreateForm-nya,

Leave a Reply

Your email address will not be published.