Isuzu Buka Depot Spare Part Di Makassar, Percepat Pengiriman Spare Part Ke Papua

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meresmikan pengoperasian depo atau depo suku cadang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk melayani kebutuhan suku cadang kendaraan Isuzu kepada pelanggannya di Indonesia Timur.

Selama ini pengiriman suku cadang asli Isuzu ke Indonesia Timur terkendala jarak yang jauh dan kendala geografis. Dengan dibukanya depot suku cadang di Makassar, pengiriman suku cadang kendaraan Isuzu ke pelanggan dapat dipersingkat.

Budhi Prasetyo, Perniagaan Selepas Jualan, Inventori & Logistik PT IAMI berkata, selama ini lama penghantaran alat ganti Isuzu kepada pengguna di Pulau Jawa sekitar 1-2 hari, sementara kepada pengguna di Sumatera mencapai 8 hari dan kepada pengguna di Indonesia Timur mencapai hingga 27 hari.

“Dengan berdirinya depo di Makassar ini penghantaran spare parts jadi boleh dipendekkan maksimum hingga 14 hari saja tergantung lokasi pelanggan dan jenis spare parts yang diperlukan,” ujar Budhi di booth Isuzu di GIIAS 2022, Rabu, 17 Agustus 2022.

“Untuk melayan pemgiriman lebih cepat kepada pelanggan di Indonesia Timur ini kami bekerja sama dengan JNE. Waktu tunggu pelanggan untuk mendapatkan alat ganti menjadi lebih cepat,” imbuhnya.

Budhi menambahkan, tahun ini Isuzu fokus memperluas pasar di Indonesia Timur karena populasi kendaraan Isuzu meningkat 15%. Sementara penjualan suku cadang Isuzu juga meningkat 14,3 persen.

“Kami memahami bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan untuk berbagai industri yang berbeda, mulai dari industri logistik hingga pertambangan dan perkebunan, dengan medan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke merupakan sebuah tantangan,” katanya.

Iboy Ferdian, Kepala Divisi Inventory & Supply Operations PT IAMI mengatakan, pihaknya memilih Makassar sebagai lokasi depo suku cadang Isuzu karena pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur yang sangat pesat.

Baca Juga :  Survei OLX Autos: Pasar Mobil Bekas Menuju Tren Peningkatan

“Hal ini sejalan dengan pertumbuhan kendaraan niaga di sana. Untuk waktu pengiriman di Indonesia Timur selama ini cukup lama dan jauh. Dengan depo ini, pengiriman normal ke Papua bisa kurang dari seminggu dan di Makassar daerah bisa dikerjakan di hari yang sama,” ” kata Iboy.

“Proses pemesanan oleh bengkel ke depo Isuzu berjalan sama seperti sekarang, namun untuk distribusi kami bekerja sama dengan dealer, dengan toko suku cadang atau langsung ke pelanggan,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.