5 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Alarm merupakan salah satu komponen penting dalam sistem keamanan mobil. Akan menjadi masalah jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Pengguna mungkin akan direpotkan alarm karena harus memastikan secara manual apakah mobilnya benar terkunci dengan baik atau belum. Oleh sebab itu, tidak jarang pemilik mobil langsung panik apabila alarm tidak mau berbunyi.

Ketahuilah jika ada beberapa penyebab alarm mobil yang tidak bunyi saat pintu dikunci. Lebih baik cari tahu dulu apa penyebabnya. Baru selanjutnya dipikirkan ulang bagaimana langkah perbaikannya. Hal-hal yang menyebabkan alarm mobil tidak keluar bunyi saat dikunci yaitu sebagai berikut:

1. Pintu Mobil Tidak Sengaja Terbuka

Bisa saja alarm pintu mobil tidak bunyi saat dikunci disebabkan karena memang dalam keadaan terbuka. Pemilik mobil biasanya cukup ceroboh untuk memastikan hal tersebut. Apalagi jika kebetulan sedang terburu-buru. Kondisi pintu mobil terbuka, walaupun sedikit akan menimbulkan masalah terutama pada sensor.

Apabila sensor pintu mobil bermasalah maka wajar saja jika alarm tidak akan mengeluarkan bunyi saat akan dikunci otomatis. Sebelum meninggalkan mobil dan menguncinya pastikan posisi pintu dalam kondisi tertutup rapat. Dengan begitu, mobil dapat memberikan sinyal untuk sistem alarm di waktu yang tepat.

2. Baterai Habis

Penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci juga bisa karena daya baterai pada central lock yang sudah habis. Jangan dikira central lock pada alarm mobil tidak butuh daya baterai. Semakin sering dipakai, tentu saja dayanya makin habis walaupun tanpa disadari oleh pemilik mobil.

Solusi pada masalah ini, pengguna tinggal ganti saja baterai yang ada pada central lock alarm. Menggantinya jangan sembarangan, kecuali jika memang pengguna sudah berpengalaman. Paling aman, lebih baik menyerahkan penggantian pada bengkel mobil resmi. Jadi, jaminan alarm mobil akan kembali seperti semula cukup tinggi.

Baca Juga :  Review Honda HR-V 15 SE 2022, Berkendara Seru!

3. Gangguan Frekuensi

Siapa sangka, gangguan alarm mobil seperti saat tidak menyala jika dikunci juga bisa disebabkan terganggunya frekuensi. Jika mendapati alarm mobil tidak bisa bunyi, silahkan lihat lingkungan sekitar. Mungkin ada pemancar radio, CCTV, BTS, atau logam protector. Semua itu bisa memicu gangguan frekuensi pada alarm mobil.

Jika memang kondisi pengguna sedang berada di lokasi tersebut, ada baiknya pindahkan mobil dulu. Setidaknya menjauh dari hal-hal yang berpotensi merusak frekuensi eksistensi alarm mobil. Setelah agak jauh, coba lagi alarm mobil. Biasanya akan langsung bunyi jika akan dikunci alias normal kembali.

4. Masuk Mode Valet

Pernah masuk hotel atau mall yang punya layanan petugas parkir sendiri? Biasanya, pemilik mobil ketika menggunakan layanan tersebut akan langsung memindah mode alarm mobil menjadi valet. Saat mode tersebut dinyalakan, otomatis keamanan sedikit longgar, salah satunya sistem alarm akan mati.

Akibatnya, lampu indikator dan fitur bunyi pada alarm juga otomatis mati. Apabila mendapati alarm mobil tidak bisa bunyi saat menutup pintu periksa kembali pengaturannya. Bisa jadi masih dalam mode valet. Ubah pada mode normal menurut tipe mobil masing-masing.

5. Sistem Alarm Rusak

Terakhir, alarm mobil tidak bunyi saat menutup pintu apalagi kalau bukan karena rusak. Pada umumnya, bagian alarm mobil yang rusak itu kalau bukan module atau sirinenya. Misalnya saja bagian module yang rusak. Kondisi tersebut membuat tidak akan ada arus sistem yang mengontrol sirine.

Benar saja alarm tidak akan bisa mengeluarkan bunyi pada akhirnya. Jika sudah begitu, pemilik mobil mau tidak mau harus mengganti 2 bagian penting dalam alarm tersebut. Penggantian bisa dilakukan di bengkel resmi supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga :  Cara Membeli Mobil Bekas Bagi Orang Awam

Itulah informasi tentang penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Sudah ada juga bagaimana solusi terbaik yang bisa dilakukan pemilik mobil. Tidak perlu panik mendapati alarm mobil tidak bisa bunyi. Kenali dulu penyebabnya, sehingga bisa mencari solusi perbaikan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.