Apa Saja Tanda Aki Mobil Lemah? Inilah Jawabannya!

Mobil menjadi alat transportasi yang memudahkan orang bepergian jarak jauh atau dekat selain itu menghindarkan dari panas dan hujan. Memastikan komponen-komponennya baik harus dilakukan sebelum bepergian. Terutama komponen aki apakah terdapat tanda aki mobil lemah atau tidak karena aki menjadi sumber energi utama mobil.

Mengingat fungsi lain aki menjadi penyalur listrik ke seluruh bagian mobil. Hal ini menjadikan aki harus diperhatikan dengan baik apakah cairannya berkurang atau ada bagian yang rusak. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri aki mobil sudah lemah yaitu:

1. Mobil Tidak Bisa Dinyalakan

Mobil tidak bisa dinyalakan merupakan tanda aki mobil lemah yang pertama. Coba untuk menjalankan mobil apabila bisa distarter berkali-kali bahkan kalau besoknya masih tidak bisa berarti memang ada permasalahan pada aki. Penyebabnya karena aki berada di batas normal jadi listrik tidak tersalurkan dengan baik. Alasan lainnya bisa dikarenakan aki yang sudah tidak lama tidak diganti atau ada kerusakan pada aki.

Kerusakan ini bisa terjadi pada semua jenis aki baik aki kering atau basah karena memang pemakaian aki terbatas hanya untuk waktu tertentu.  Pengguna bisa melihat pada kemasan aki untuk melihat batas pemakaian aki setelah pembelian. Jangan gunakan aki melewati batas pemakaian karena ditakutkan menurunkan kinerja pada mobil.

2. Suara Klakson

Jika klakson mengalami gangguan sehingga suaranya menjadi lain, bisa menjadi tanda aki mobil melemah. Penurunan kinerjanya yang menjadikan terpengaruhnya perbedaan pada suara klakson. Bisa juga suara klakson terdengar kecil, tidak sekeras seperti biasanya sampai tidak bisa digunakan lagi. Cek aki apabila masih bisa dicharge segera lakukan charge aki agar daya listrik dapat mengalir lagi sehingga klakson berfungsi lagi secara normal.

3. Lampu Terganggu

Lampu mobil bisa mengalami penurunan sehingga cahayanya yang awalnya terang menjadi redup atau bahkan bisa mati. Ini menjadi tanda aki mobil lemah dikarenakan kualitas komponen pada mobil mengalami penurunan. Terganggunya lampu mobil sangat berbahaya apabila digunakan untuk melewati daerah yang minim penerangan  dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

4. Tercium Bau Mesin

Bau mesin akan tercium bila usia aki memang sudah tidak dapat digunakan lagi. Beberapa komponen yang rusak akan menimbulkan berbagai bau mesin yang tidak sedap. Bisa diketahui ketika membuka mesin otomatis bau mesin akan tercium sangat menyengat di hidung. Pertanda lainnya mobil akan terlihat seperti mendidih saat dihidupkan atau dijalankan.

5. Aki Tidak dapat Mengalirkan Listrik

Aki tidak dapat mengalirkan listrik dikarenakan tegangannya berkurang. Berkurangnya tegangan aki bisa dilihat dari beberapa komponen mobil yang tidak berfungsi dengan benar. Seperti lampu-lampu indikator mati, klakson mati, dan lainnya. Pengecekkan kabel pada aki harus dilakukan, bisa jadi terdapat beberapa kabel yang tidak terpasang dengan tepat walaupun indikator utama disebabkan aki  yang melemah.

Untuk mengetahui kalau aki mobil memang melemah, bisa dilakukan pengecekan dengan menggunakan alat. Alat yang untuk pengecekan tegangan aki adalah load tester dan cranking. Cara lain mengecek tegangan aki dilihat dari volt yang masih terkandung di aki.

Itulah ciri-ciri tanda aki mobil lemah yang dibisa digunakan untuk mengenali aki sudah mulai rusak. Tanda-tanda kerusakan aki mulai terlihat, segera langsung lakukan penggantian atau perbaikan aki baik sendiri atau lewat bengkel. Mengenali aki melemah sangat penting karena dikhawatirkan akan mengganggu perjalanan atau mogok tiba-tiba di daerah sepi. Oleh karena itu pengecekan komponen mobil harus dilakukan secara berkala untuk mendeteksi adanya kerusakan.