Harga Motor Listrik Seken Bisa Turun 40 Persen, Ini Alasannya

Penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi pribadi oleh kalangan dewasa di Indonesia mulai diminati berbagai kalangan, baik roda empat maupun roda dua, meski masih dalam tahap awal.

Seiring dengan transformasi tersebut, beberapa perusahaan pembiayaan (leasing) mulai mendorong pinjaman kendaraan listrik untuk ditawarkan kepada masyarakat dengan skema yang menarik.

Pasalnya, tanpa instrumen itu, akselerasi era elektrifikasi kendaraan tidak bisa berjalan maksimal. Ujung-ujungnya berdampak pada harga jual kembali kendaraan listrik.

Pengemudi ojek berani mengganti baterai sepeda motor listrik dengan baterai yang terisi penuh di Tempat Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2025 sebagai salah satu upaya pemanfaatan energi terbarukan.

Demikian dikatakan Kevin Phang, Co Founder PT Smoot Motor Indonesia and Energy Swap belum lama ini, Selasa (21/6/2022).

“Harga kedua kendaraan listrik baru akan terbentuk ketika semua orang sudah menjadi konsumen. Namun berapa persen biaya yang bisa diturunkan dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin, ” dia berkata.

“Kemungkinannya bisa 40 persen atau sekitar Rp 2 juta untuk motor listrik. Ini dilihat dari perawatan dan biaya bensinnya,” kata Kevin menambahkan.

Kevin menambahkan, dengan menggunakan kendaraan listrik juga membantu pemerintah. Pasalnya, menurut dia, pemerintah menghabiskan dana besar untuk subsidi energi.

Dengan menggunakan kendaraan listrik, subsidi energi dapat dialihkan ke sektor yang lebih penting, misalnya gas.

Meski begitu, Kevin tak menampik masih ada beberapa masalah dari kendaraan listrik. Salah satu yang paling krusial, motor listrik masih memiliki batasan jarak.

“Motor listrik mungkin berumur sekitar 10 tahun di Indonesia, tapi karena keterbatasannya, belum populer. Kalau semua orang pakai, itu akan menjadi kebiasaan baru,” ujarnya.

Baca Juga :  Wajib Diperhatikan! Inilah 5 Penyebab Dibalik Oli Power Steering Bocor

Untuk mengatasinya, telah disediakan banyak swap point. Saat ini terdapat lebih dari 400 swap point di seluruh Indonesia dengan sebaran 300 swap point di wilayah Jabodetabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.