Video Beredar Cara Mengetahui Mobil Anda Tenggelam Saat Banjir, Cara Melakukannya Dengan Benar

Beredar video cara mencari mobil bekas banjir di Instagram. Dalam video yang diunggah akun @inspector_mobil, terlihat banyak karat pada rangka baja mobil.

Selain itu, disebut juga dengan tanda lumpur pada baut dan soket perangkat elektronik, yang dapat digunakan sebagai indikator bahwa mobil telah kebanjiran.

Dalam penjelasan terakhir, akun tersebut juga menyebutkan bahwa roda kemudi miring, yang bisa jadi pertanda mobil terendam air banjir. Apakah itu benar?

Tanggapan dari masyarakat pun beragam, ada yang membenarkan namun ada juga yang mempertanyakan keakuratan cara tersebut, apakah bisa dijadikan bukti mobil kebanjiran.

Menurut Technical Support Nissan Bintaro, Fandi Ahmad, mobil yang terendam banjir akan meninggalkan bekas yang cukup kentara mulai dari sasis berkarat dan bekas basah di karpet dasar. Dia juga mengatakan untuk lebih yakin, dia bisa check in di bengkel resmi.

Polisi dan warga menolak aksi mogok kereta api di jalur wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

“Tanda-tanda kendaraan kebanjiran bisa dilihat dari sasis yang berkarat, atau dari karpetnya, bisa juga dicek ke bengkel resmi service sejarah dan lakukan scan,” kata Fandi kepada , Minggu (5/6). /2022)

Logikanya, karat bisa timbul pada besi yang terkena air terutama pada sasis kendaraan. Dari logika itu, karat bisa jadi pertanda mobil sudah kebanjiran. Meski begitu, karat bisa disebabkan oleh hal lain, seperti pencucian.

Begitu pula dengan wadah karpet basah, bisa jadi karena tumpahan air minum atau lainnya. Siapa yang akan membasahi karpet dan sasis mobil tanpa alasan yang menyebabkan karat?

Sejumlah pengendara sepeda motor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang naik menyebabkan jalan tergenang air pasang dan menyebabkan kemacetan panjang.

Baca Juga :  5 Cara Cek BPKB Palsu dengan Mudah

Mobil yang terkena banjir juga dapat diidentifikasi melalui catatan servis di bengkel resmi. Jika mobil pernah mengeluh banjir atau melakukan pelayanan penanganan banjir, catatan untuk mobil akan ditemukan. Ini adalah bukti terkuat.

Saat melakukan pemindaian ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa semua elemen listrik berfungsi normal.

Seperti diketahui bahwa unit listrik akan rentan terhadap kerusakan jika terkena air. Meskipun dalam beberapa kasus unit listrik mobil terendam air yang tidak rusak.

“Khususnya pada modul airbag yang rawan rusak saat tergenang air,” tambah Fandi.

Sedangkan lingkar kemudi yang bevel tidak bisa dijadikan sebagai tanda mobil kebanjiran. Karena ada banyak faktor yang bisa menyebabkan setir miring; mulai dari pemakaian, umur dan lain sebagainya.

Warga berdiri di halte bus saat pengemudi mobil van Volkswagen menabrak jalan yang banjir di Recife, Negara Bagian Pernambuco, Brasil, Sabtu (28/5/2022).

Namun, banjir dapat menyebabkan masalah kemudi seperti putaran berat dan kebisingan, terutama untuk mobil yang sudah menggunakan teknologi power steering elektrik.

“Ada beberapa kasus mobil yang terkena banjir mengalami masalah pada power steering, terutama yang sudah menggunakan sistem EPS,” kata Fandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.