Apakah Diperbolehkan Untuk Memodifikasi Sabuk Pengaman Mobil?

Sabuk pengaman merupakan elemen penting dalam sebuah mobil dalam menunjang keselamatan berkendara.

Namun, banyak pemilik mobil sering memodifikasi atau mengganti sabuk pengaman.

Kini hadir beragam pilihan warna sabuk pengaman yang ditawarkan pasar untuk menunjang penampilan mobil.

Namun, mengganti sabuk pengaman tidak boleh dianggap enteng karena akan mengurangi fungsinya. Jika sabuk pengaman digunakan dengan tidak benar, akan membahayakan pengemudi.

Direktur Pelatihan Konsultan Pertahanan Keamanan Indonesia Sony Susmana mengatakan penggantian sabuk pengaman dengan sabuk pasca pasar tidak menjadi masalah, tetapi harus memperhatikan tingkat keselamatan dan standar pabrikan sabuk.

“Penggantian sabuk pengaman perlu memikirkan sejauh mana kekuatan dan kemampuannya untuk menjaga keselamatan penggunanya. Karena jika dibandingkan dengan kasat mata sama saja, tapi seberapa kuat?” kata Sony kepada . com beberapa waktu lalu.

Kemudian, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apakah pabrikan sabuk pengaman itu jelas atau tidak. Mulai dari mengetahui dimana pabrik pembuatnya, bagaimana standar dan bahan sabuk pengaman yang harus diuji.

Akurasi sangat penting karena saat ini sabuk pengaman memegang peranan penting jika terjadi kecelakaan.

Jika tali tidak sesuai dengan standar, efeknya tidak akan menjaga keselamatan pengguna. Karena itu, memilih sabuk pengaman untuk mobil tidak boleh sembarangan.

“Sabuk pengaman yang berperan dalam keselamatan, kuat dan sesuai kebutuhan, baik yang tebal, elastis dan lebar,” kata Sony.