Review Honda HR-V 15 SE 2022, Berkendara Seru!

Review Honda HR-V 1.5 SE 2022-Akhirnya kesempatan menjajal HR-V Gen 3 telah tiba. Sesi test drive ini dilakukan di Bali selama satu hari penuh.

Rute perjalanan mengelilingi Bali bagian selatan, sekitar 108 Km. Rute yang kami tempuh cukup bervariasi, mulai dari jalan aspal yang licin, namun ada juga yang bergelombang. 

Kemudian saya melalui jalan sempit Bali, serta medan berbukit untuk membuktikan kehandalannya dalam review Honda HR-V 1.5 SE 2022 ini.

Review Honda HR-V 1.5 SE 2022

Kemudian untuk unit yang kami test drive terbaru adalah HR-V 1.5 SE. Ini adalah varian tertinggi dengan mesin 1.500 cc tanpa turbo.

Bagaimana rasanya mengendarai SUV berlogo H? Apakah hemat bahan bakar? Berikut review Honda HR-V 1.5 SE 2022.

Honda Sensing Bikin HR-V Berkendara Lebih Nyaman

Review pertama Honda HR-V 1.5 SE 2022 membahas tentang kenyamanan berkendara. Mulai dari memasuki kabin, kami langsung merasakan peningkatan dari HR-V lawas. Salah satunya adalah pada kemacetan kabin yang lebih baik.

Kenyamanan lainnya adalah hadirnya gril AC dengan pilihan tiupan angin yang beragam. Hal ini memungkinkan angin tidak langsung mengenai wajah pengemudi, tetapi tetap menjaga kabin tetap dingin.

Sayangnya, pengaturan jok dan setir masih manual. Agak disayangkan untuk sebuah SUV kompak dengan harga Rp 403,1 juta (OTR Jakarta). Satu-satunya pesaing, Hyundai Creta, telah menggunakan pengaturan kursi listrik.

Terlepas dari kekurangannya, review Honda HR-V 1.5 SE 2022 semakin membuktikan keunggulannya. Sebut saja tampilan fitur Honda Sensing yang hadir di semua varian HR-V Gen 3. Alhasil, berkendara menjadi lebih nyaman.

Dengan Honda Sensing, HR-V dapat mengintervensi gas, rem dan kemudi. Istimewa bukan? Namun, perlu dicatat bahwa ini bukan fitur semi-otonom, melainkan berfungsi untuk meningkatkan aspek keamanan.

Baca Juga :  Mengenal Perbandingan Honda Brio Lama dan Baru

Honda Sensing mengintegrasikan sistem pengereman pengurangan tabrakan (CMBS), sistem pengurangan izin jalan (RDM), kontrol jelajah adaptif (ACC), sistem bantuan penjaga jalur (LKAS), 

Balok tinggi otomatis (AHB), dan sistem pemberitahuan emisi mobil utama (LCDN). . ). ). Teknologinya persis seperti yang ada pada Honda CR-V Turbo Prestige.

Tak hanya itu, HR-V terbaru ini juga memiliki berbagai fitur keselamatan lainnya. Ambil contoh yang kami rasakan adalah hadirnya sensor sabuk pengaman pada penumpang belakang. 

Jadi jika ada sesuatu yang tidak digunakan, informasi akan muncul di panel instrumen pengemudi dan peringatan yang dapat didengar, demi keselamatan!

Sensasi Mengemudi HR-V yang baru

Review Honda HR-V 1.5 SE 2022 membahas lebih detail tentang nuansa berkendara. Apakah suspensi slam nyaman? Performa mesinnya mantap?

Saat pedal gas diinjak, HR-V yang hanya memiliki kombinasi transmisi CVT justru memiliki respon akselerasi yang lincah. Hal ini disebabkan penggunaan mesin baru dengan teknologi DOHC.

Alhasil, di atas kertas, mesin tersebut mampu menghadirkan torsi hingga 145 Nm dan tenaga 121 PS, terbaik di kelasnya. Sebagai catatan, jantung mekanisnya mirip dengan BR-V, City Hatchback, dan City Sedan.

Review Honda HR-V 1.5 SE 2022 saat melahap tanjakan memang mudah. Saat digunakan berkendara dengan kecepatan tinggi, juga terasa sangat menyenangkan. 

Selain itu, terdapat paddle shift tambahan yang dapat mensimulasikan perpindahan gigi manual. Bobot kemudi yang sesuai, serta dimensi dan lebar mobil yang rendah, juga memberikan stabilitas lebih saat bergerak.

Rasa berkendara yang stabil pada HR-V Gen 3 juga didukung oleh karakter suspensi yang kaku. Meski kaku, bukan berarti tidak nyaman. Dronenya masih berkualitas, cuma jangan berharap selembut MPV.

Baca Juga :  Daftar Mobil Toyota Terbaru 2021 di Indonesia

Lalu bagaimana dengan penggunaan bahan bakarnya? Dari hasil review Honda HR-V 1.5 SE, kami berhasil mencatatkan angka penghematan 14,2 km/liter dengan rekor ECON Mode yang sering aktif.

Mode ECON aktif akan membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. Cuma perlu diperhatikan, HR-V jadi kurang bertenaga. Putaran mesin akan dibuat serendah mungkin, sehingga tidak terlalu responsif saat pedal gas diinjak.

Saran kami, matikan mode ECON, jika ingin menikmati berkendara yang menyenangkan dengan HR-V Gen 3. Termasuk saat ingin makan bersandar agar lebih lancar.

Kenyamanan Kursi Belakang

Review Honda HR-V 1.5 SE selanjutnya adalah soal menjadi penumpang belakang. Sejujurnya, rasanya biasa saja.

Memang ada kursi besar, sandaran kepala untuk tiga orang. Kemudian di bagian tengah terdapat hand rest portabel. Di atas ada atap kaca panorama besar. Standar kenyamanan memang sudah tercapai, tapi tidak lebih dari itu.

Ambil contoh, jok belakang tidak bisa diatur maju mundur. Cadangan adalah paten, tidak dapat lagi ditempatkan. Untuk pemilik tinggi 168 cm, ruang kepala dan ruang kaki pas.

Kemudian bahan dudukannya tidak seluruhnya kulit. Jadi kalau menumpahkan makanan atau minuman, agak susah dibersihkan. Apalagi jika Anda membawa anak-anak. Untung warna joknya gelap.

Berbicara tentang atap kaca panorama, banyak yang meragukan kepraktisannya karena menggunakan penutup dengan puzzle yang bisa dilepas secara manual. 

Namun sebenarnya ada kelebihan dari fitur ini. Misalnya, penumpang belakang hanya bisa membuka tutup di kanan atau kiri, sesuai kebutuhan. menarik?

Nah setelah mengetahui review Honda HR-V 1.5 SE, bagaimana menurut kalian tentang SUV terbaru Honda ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.