Biar Nggak Mogok Saat Dibawa Mudik, Ini Daftar Komponen Mobil Yang Wajib Diperiksa 

sudah menyiapkan kondisi mobil yang akan dibawa saat pulang nanti? Agar tidak mengalami kerusakan, ada beberapa komponen penting pada kendaraan Anda yang perlu Anda periksa sebelum melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman.

“Pulang dan liburan pasti menyenangkan jika mobil memiliki performa yang prima. Cek komponen-komponen yang bisa mempengaruhi performa mobil agar selalu bekerja maksimal,” kata Head of After Sales Business Division Auto2000 Nur Imansyah Tara, Senin (25). /4/2022). ).

Berikut adalah delapan tips dari Auto2000 tentang komponen apa pun di kendaraan Anda yang dapat Anda periksa sendiri sebelum pulang.

1. Larangan

Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan, sehingga harus diperhatikan kondisinya.

Pastikan ban dalam kondisi siap pakai seperti tapak ban tidak aus, dinding ban tidak sobek atau menggumpal dan tekanan udara tetap terjaga.

Ban yang aus lebih baik diganti karena kita tidak tahu bagaimana kondisi jalannya.

Mobil yang terisi penuh membuat ban harus bekerja keras untuk menopang dan mengontrol kecepatan mobil. Pelanggan dapat membeli ban mobil dengan harga khusus melalui Auto2000 Digiroom.

2. Oli

Periksa kondisi semua oli di dalam mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan.

Oli merupakan cairan yang dibutuhkan sebagai pelumas antara komponen-komponen yang bergerak dalam suatu mesin dengan sistem penggerak lainnya.

Jika pengemudi tidak mengeceknya dan ternyata kondisi oli sudah tidak layak pakai atau habis, mobil bisa mengalami masalah di jalan.

3. Filter

Cek kondisi filter atau filter pada mobil seperti filter oli, filter udara, filter bensin termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan.

Peran filter tidak boleh diremehkan karena berfungsi sebagai filter untuk kotoran yang mengganggu.

Dampak buruk tidak mengganti filter adalah oli, bensin dan udara terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin.

Jika filter kabin tidak diganti dapat menyebabkan AC yang tertiup menjadi kotor, bahkan saluran AC menjadi tersumbat.

4. Peredam Kejut

Kemudian jangan lupa untuk mengecek komponen shock absorber.

Saat komuter, sektor ini berperan penting dalam menjaga kenyamanan penumpang kabin.

5. Rem

Dengan beban kerja saat mudik lebaran yang tidak ringan, kita harus mengecek kondisi komponen rem mobil.

Mulailah dengan memeriksa minyak rem dan segera tambahkan jika berkurang termasuk tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan kinerja rem.

Pastikan tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai dengan kebocoran pada sambungan atau alur.

Periksa juga kondisi kampas rem sebagai bagian yang menahan beban berat saat rem mobil bekerja. Jangan sampai rem mobil gagal karena akan memicu kecelakaan fatal.

6. Lampu

Traveler tentu tidak ingin keluar malam saat lampu mobil padam. Periksa kondisi lampu depan mobil, baik itu lampu depan, lampu kabut, lampu rem bahkan lampu ring (lampu sein), apakah masih bagus atau sudah mulai redup.

Periksa soket lampu dan ganti lampu yang mulai bermasalah untuk menghindari lampu padam saat dalam perjalanan. Bawa serta lampu cadangan, terutama lampu depan dan lampu rem belakang.

7. Aki

Baterai merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang perlu dirawat, juga berisiko mengalami masalah seperti korsleting listrik jika diabaikan.

Pendatang tentunya tidak ingin kehilangan daya listrik di tengah jalan yang menyebabkan mesin mobil tidak bisa dihidupkan termasuk mengecek kinerja alternator karena tugas semakin berat saat hujan seperti harus menyalakan AC, wiper dan lampu di waktu yang sama.

8. Cairan

Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar suhu mesin stabil, terutama saat menempuh jarak jauh.

Pastikan air di tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran pada saluran.

Sedangkan air washer membantu wiper membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga.

Periksa dan pastikan wiper dalam kondisi baik. Bagi pengguna mobil manual, pastikan oli kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.