Cara Atasi Keausan Ban Tidak Merata Pada Bus Dan Truk, Teknologi Ini Solusinya

Masalah yang sering dialami kendaraan niaga seperti bus dan truk adalah keausan ban yang tidak merata.

Berbagai cara untuk menjaga keausan ban harus dilakukan antara lain secara rutin mengecek tekanan udara dan komponen roda kendaraan.

National Truck and Bus Radial (TBR) Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni menjelaskan, keausan yang tidak merata disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tekanan udara yang tidak sesuai, apakah berlebihan atau tidak mencukupi, komponen roda yang tidak sesuai, setelan roda dan lain sebagainya. .

“Selain memastikan tepat, teknologi yang diterapkan pada ban juga dapat membantu meminimalkan risiko keausan ban yang tidak merata dan memperpanjang umur ban,” kata Ahmad Juweni, Rabu (5/1/2021) .

Berdasarkan hal tersebut, Hankook menawarkan inovasi untuk kendaraan niaga dalam mengatasi keausan ban yang tidak merata dengan menciptakan ban yang dilengkapi dengan teknologi Smartec.

Sebagai bagian dari portofolio ban TBR, Smartec merupakan kombinasi teknologi dari lima performa ban utama, yaitu: safety, mileage, anti-chip and cut, re-readability atau kemampuan ban untuk dilapisi dengan bunga baru dan traksi.

Unsur-unsur tersebut umumnya menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih ban yang tepat.

Hankook menggunakan Smartec untuk semua penelitian, pengembangan, dan proses manufaktur untuk semua produk.

Selain itu, ban Hankook TBR juga memiliki keunggulan tersendiri untuk mengurangi keausan yang tidak merata, seperti tipe AH31 SmartFlex yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh di jalan licin, beraspal, on-road, dan dapat digunakan untuk semua atau semua posisi roda. -Posisi ban.

Ban ini memiliki tapak dan bahu yang lebih lebar untuk mencapai umur ban yang lebih lama dan performa penanganan terbaik di jalan.

Baca Juga :  Mitsubishi Pastikan Kasih Kejutan Di IIMS 2022 Dengan Branding Baru

Tidak hanya itu, ban juga menggunakan Multi 3-Dimensional Kerf yang memberikan grip lebih baik dan mengontrol keausan yang tidak merata.

Ada fitur Tread Wear Equalized Stepper (TWES) yang memastikan keausan merata di seluruh ban, sehingga umur ban lebih lama.

Selain itu, ada seri AM09 SmartWork yang dirancang untuk digunakan di semua posisi dan kondisi jalan di luar dan di dalam.

Ban ini memiliki pola directional dengan alur grip zigzag, sehingga mendukung performa yang baik di kondisi jalan basah maupun kering, baik di aspal maupun di tanah.

Ban AM09 SmartWork mampu memiliki umur bunga yang panjang berkat material kompon High Structure Carbon Black yang berguna untuk memperlambat laju keausan, serta desain simetris yang membantu meningkatkan distribusi tekanan pada ban di area kembang.

Sehingga saat kendaraan berakselerasi, tikungan dan rem, tekanan pada ban dapat merata dan menghindari keausan yang tidak merata pada permukaan ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.