Tips Dan Cara Mencegah Jamuran Di Kaca Mobil, Ketahui Juga Pemicunya

Musim hujan mempengaruhi kenyamanan berkendara, terutama di area yang berkaitan dengan jarak pandang seperti kaca spion mobil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membersihkan kaca depan agar terbebas dari kotoran dan jamur agar tidak mengganggu penglihatan.

Menurut Hariadi, Asst. Kepala Divisi Pelayanan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, munculnya jamur di kaca depan disebabkan oleh air yang menempel pada kaca. Air tersebut kemudian dikeringkan setelah terkena panas atau sinar matahari.

Kondisi seperti itu akan menimbulkan efek pada kaca seperti kerak yang menempel.

Berikut beberapa hal tentang jamur pada kaca depan dan tips berikut untuk menghindarinya:

1. Kaca berjamur mudah dideteksi di malam hari

Pengemudi harus menjaga kebersihan kaca depan jika ingin mengidentifikasi tanda-tanda jamur pada kaca depan.

Jika jarak pandang pengemudi saat melihat objek lain di malam hari tidak jelas, kondisi ini dapat mengindikasikan kaca depan yang berjamur.

2. Cek kondisi kaca mobil secara berkala

Lakukan langkah cuci mobil seperti biasa. Setelah bersih dan kering, Anda bisa mengeceknya langsung dengan melihat dan memperhatikan detail kaca mobil.

Jika ada bercak putih yang tampak menempel dan tidak hilang meski sudah dibersihkan, maka jamur kaca dapat mengganggu visibilitas pengemudi.

3. Bersihkan mobil setelah hujan

Air hujan mengandung pH yang cenderung asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil.

Cara terbaik untuk mencegah tumbuhnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru saja terkena hujan dengan kain bersih.

4. Gunakan pembersih cetakan kaca khusus

Jika kaca depan terbukti berjamur, pengemudi bisa melepasnya dengan menggunakan bahan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca.

Baca Juga :  Chery Tiggo 8 Pro SUV Bergaransi Mesin 10 Tahun, Segmen Mana Yang Anda Targetkan?

Pembersih tersebut tak hanya mampu menghilangkan noda jamur pada kaca depan, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi bening kembali. Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas dan sesuai akan memberikan hasil yang optimal.

“Jendela mobil berjamur bisa mengurangi jarak pandang, meningkatkan potensi kecelakaan, ” kata Hariadi.

Selain itu, jamur pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat menurunkan nilai jual kembali kendaraan. Langkah-langkah di atas untuk mencegah kaca berjamur bisa dilakukan secara mandiri.

“Untuk perawatan yang lebih baik dan perawatan berkala, pengguna kami menyarankan untuk membawa mobil mereka ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk dioperasikan oleh teknisi yang berpengalaman,” kata Hariadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.