Praktis, Cara Pasang Aki Mobil Di Rumah Tanpa Bantuan Orang Bengkel

Keberadaan aki yang menjadi komponen utama sebagai penggerak mobil. Terkadang keberadaan aki dianggap sepele bagi sebagian pemilik mobil.

Padahal baterai perlu dirawat agar tidak cepat rusak. Tak hanya dirawat, untuk menjaga performa, umumnya aki mobil harus diganti setiap dua hingga lima tahun sekali.

Namun, kesibukan pemilik mobil belakangan menjadi penyebab mobil tidak sempat mengganti aki mesin.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka fungsi utama baterai yang menyuplai daya listrik ke perangkat elektronik mobil tidak akan berjalan secara maksimal yang kemudian menyebabkan performa mobil menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, reporter merumuskan cara mudah mengganti aki di rumah tanpa perlu bantuan bengkel, seperti dilansir situs Astra.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melepas baterai lama. Anda dapat mematikan mobil kemudian membuka kap mesin, kemudian dilanjutkan dengan melepas kabel, klem, dan baut pada kutub negatif.

Setelah semua bagian kutub negatif selesai, dilanjutkan dengan melepas semua komponen pada kutub positif. Cara ini dilakukan dengan maksud agar tidak menimbulkan korsleting yang kemudian dapat menyebabkan korsleting pada mesin mobil.

Jika Anda merasa semua komponen telah dilepas, bersihkan kabel dan klem baterai dengan cairan karat khusus. Langkah selanjutnya Anda bisa memasang baterai baru, dudukan baterai tegak.

Kemudian pasangkan semua komponen di sebelah positif ke terminal positif kemudian teruskan untuk memasang kabel negatif ke terminal negatif.

Dalam pemasangan kedua sisi perlu fokus agar tidak salah pasang. Hal ini karena jika terjadi kesalahan dalam pemasangan kabel dapat memicu terjadinya percikan api.

Jika semua komponen telah berhasil diinstal, Anda sempurna. Anda dapat mencoba menghidupkan mesin mobil. Cara praktis ini bisa dilakukan di rumah, dengan cara ini tentunya bisa menghemat waktu dan biaya bukan?

Baca Juga :  Ada Kejutan Mobil Baru, Pameran Otomotif Jakarta Auto Week 2022 Hari Ini Resmi Dibuka!

Leave a Reply

Your email address will not be published.