Mobil Bermesin Diesel Commonrail Bagusnya Pakai BBM Mengandung Sulfur Rendah

Produsen kendaraan yang memproduksi dan memasarkan mobil bermesin diesel common rail selalu merekomendasikan pembelinya untuk menggunakan bahan bakar solar berkualitas tinggi.

Bahan bakar yang dimaksud adalah bahan bakar yang memiliki Cetana Number yang tinggi dan kandungan sulfur yang rendah.

Jadi mengapa mobil diesel modern membutuhkan bahan bakar diesel berkualitas tinggi?

Pada mesin diesel common rail, bahan bakar dialirkan melalui fuel rail kemudian didistribusikan ke setiap injektor yang terhubung dengan ruang bakar di dalam silinder.

Tekanan bahan bakar di rel bahan bakar sangat tinggi, bisa mencapai 2.000 bar untuk menghasilkan kabut bahan bakar yang baik dan merata.

Oleh karena itu, mesin akan menghasilkan pembakaran yang sempurna apabila bertemu dengan udara bertekanan dengan temperatur dan tekanan yang tinggi.

Bahan bakar diesel berkualitas rendah dengan kandungan sulfur tinggi dapat merusak sistem common-rail.

Banyaknya unsur belerang dalam bahan bakar dapat menyebabkan korosi sulfat.

“Partikel belerang bersifat asam yang dapat menyebabkan korosi pada saluran bahan bakar, ” kata Dr.-Ing. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Spesialis Bahan Bakar Motor Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Salah satu komponen yang dapat mengalami korosi akibat kandungan sulfur yang tinggi adalah pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menyedot bahan bakar.

Korosi ini dapat mengurangi kapasitas kerja pompa bahan bakar atau bahkan membuatnya tersumbat. Selain efek korosi, kandungan sulfur yang tinggi juga mempercepat terbentuknya sedimen, ” sambung Yus.

Dengan demikian, pembentukan partikel belerang membentuk kerak yang dapat menjadi penyumbatan di saluran bahan bakar dan injektor.

Hingga pembakaran yang berlangsung menghasilkan karbon dan kerak yang tinggi di ruang bakar.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Aksesoris Mobil Terbaik yang Kamu Dimiliki

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.