Cara Menghilangkan Bunyi Berdecit Di Kaki Kaki Belakang Pickup New Carry

Sejumlah pemilik pikap Suzuki New Carry mengeluhkan suara langkah kaki di roda belakang mobilnya saat hendak berbelok atau melaju di jalan lurus.

Seorang pengguna Facebook memposting keluhan di grup “Komunitas Perekrutan Baru Indonesia “. Ia menemukan suara mencicit pada suspensi di roda belakang pikap New Carry.

Beragam tanggapan diberikan oleh netizen melalui kolom komentar.

“Seringkali itu terjadi setelah penjaga pintu. Beri saja oli bekas, keesokan harinya suaranya akan hilang.” kata warganet Harman Manik

“Di sela-sela retakan daun, saya kasih cairan WD 40, alhamdulillah habis,” kata Iky, warganet lainnya.

Dikutip dari Carmudi, ada beberapa penyebab kaki mobil mencicit. Salah satunya karena kampas rem yang kotor.

Penyebab pertama adalah kampas rem mobil yang kotor. Hal ini dikarenakan desain rem cakram tipe mobil terbuka, sehingga segala macam kotoran dari luar akan masuk ke dalam kampas rem. Kampas rem bisa berdebu atau berkerak.

Jika kampas rem kotor, mungkin akan mengeluarkan bunyi saat rem diinjak, atau mungkin terdengar seperti suara ‘mencicit ‘.

Penyebab lainnya bisa berasal dari sudut roda mobil yang tidak seimbang.

Penyebab selanjutnya adalah sudut roda mobil yang tidak seimbang. Sudut roda mobil seperti caster, chamber, toe-in/toe-out yang telah disetel dengan benar saat mobil masih di dalam pabrik.

Sudut roda ini dapat bergeser jika mobil sering digunakan sehingga menyebabkan perubahan sudut belok mobil. Pantas saja akan ada suara mencicit pada roda mobil akibat gesekan antara ban dengan aspal yang lebih besar dari biasanya.

Ini juga bisa menjadi suara mencicit karena pegas daun kering. Pegas daun adalah pegas berbentuk lempengan panjang seperti daun pandan. Pegas ini biasanya terletak pada roda mobil dan memiliki tenaga yang sangat besar.

Baca Juga :  Yuk, Ikuti 5 Trik Membuat Motor Kamu Lebih Cepat dan Bertenaga

Tak heran jika pegas daun hanya terdapat pada kendaraan besar seperti truk atau mobil niaga. Pada mobil yang diproduksi di bawah tahun 1990, beberapa mobil masih menggunakan daun.

Semakin besar bobot mobil, semakin banyak daunnya. Jika mobil Carmudian adalah mobil niaga, maka bunyi decitan pada roda mobil bisa disebabkan oleh pegas daun yang kering karena kurangnya pelumas.

Untuk mengatasi suara mencicit, pemilik mobil dapat melakukan hal berikut:

1. Lumasi mobil dengan Gemuk atau Pelumas

Mobil berdecit dapat dilumasi dengan gemuk pada sabuk atau puli yang mengeluarkan bunyi mencicit. Dengan menggunakan gemuk ini, kinerja belt atau pulley dapat ditingkatkan.

2. Menggunakan Deterjen Khusus

Atasi masalah bunyi mencicit di dalam mobil dengan menggunakan cairan pembersih sabuk khusus.

Pemilik mobil bisa mendapatkan cairannya di toko aksesoris otomotif terdekat. Untuk menggunakannya cukup sederhana dengan menyemprotkan cairan pembersih pada komponen yang mengeluarkan suara mencicit.

Namun perlu diingat juga, jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan ini jika tidak ingin ban mobil selip.

Leave a Reply

Your email address will not be published.