Produksi Truck Dan Bus Daimler Di Brasil Macet Karena Semikonduktor, 5.600 Karyawan Diliburkan

Mercedes -Benz telah memberhentikan 5.600 pekerja di dua pabriknya di Brasil, karena kekurangan chip semikonduktor.

Menurut Reuters.com, Selasa (5/4/2022), produksi kendaraan Mercedes-Benz di kedua pabrik tersebut akan dihentikan mulai 18 April hingga 3 Mei mendatang.

Mereka akan memberhentikan 5.000 pekerja di pabrik Sao Bernardo do Campo di negara bagian Sao Paulo dan 600 pekerja di pabrik Juiz de Fora, yang terletak di negara bagian Minas Gerais.

Mercedes-Benz mengatakan sedang menyesuaikan produksi truk, truk taksi, sasis bus dan suku cadang mobil lainnya, menyusul krisis pasokan semikonduktor global.

Menurut Serikat Pekerja Logam di provinsi Sao Bernardo do Campo, perusahaan memberhentikan sekitar 1.200 pekerja pada Maret karena masalah serupa, yaitu kekurangan rantai pasokan.

Industri otomotif global menghadapi kekurangan chip semikonduktor yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Kurangnya chip semikonduktor telah memaksa beberapa produsen kendaraan untuk mengurangi produksi mereka.

Ford Motor Berhenti Produksi

Awal bulan ini, Ford Motor Co. mengumumkan akan menghentikan produksi di pabriknya di Michigan, AS karena kekurangan suku cadang.

Ford mengatakan akan menghentikan produksi karena kurangnya chip semikonduktor di Pabrik Perakitan Flat Rock, tempat Mustang dibuat.

Ford memperingatkan bulan lalu bahwa kurangnya chip dapat menyebabkan penurunan jumlah kendaraan pada kuartal saat ini.

Bulan lalu, Ford juga menghentikan produksi karena kekurangan chip semikonduktor di pabrik perakitannya di Kansas City, yang membuat pickup F-150.

Penjualan Mobil Volvo Turun 22 Persen

Volvo Cars mengatakan pada Senin (4/4/2022) kemarin, penjualan mereka di bulan Maret turun 22 persen, karena perusahaan menghadapi kekurangan chip semikonduktor.

Volvo, yang mayoritas sahamnya dimiliki Geely Holding China, juga mengatakan kekurangan chip semikonduktor akan mempengaruhi produksi mereka pada kuartal kedua tahun ini.

Baca Juga :  Kia Carens Dan All New Lexus NX Curi Perhatian Pengunjung Jakarta Auto Week 2022

Produksi Pemotongan Truk Daimler

Salah satu produsen kendaraan komersial terbesar di dunia, Daimler Trucks mengatakan akan membatasi produksi di beberapa pabriknya di Jerman, karena kurangnya chip semikonduktor.

Perusahaan sebelumnya telah menghentikan produksi di beberapa lokasi di Mannhaeim bulan lalu, dan mengatakan bulan ini akan menghentikan produksi di pabrik Gaggenau, Jerman.

Stellantis Menghentikan Produksi di Pabrik Melfi Italia

Produsen mobil Stellantis menghentikan operasi di pabrik Melfinya, Italia pada 28 Maret karena kurangnya unit kontrol yang disebabkan oleh kurangnya chip.

Kepala pekerja logam UILM di daerah Melfi, Larco Lumio, mengatakan pekerja Stellantis di pabrik Melfi hanya bekerja ketika suku cadang untuk chip semikonduktor dikirim.

“Saat suku cadang dikirim, kami bekerja, ketika kami tidak menerimanya, kami tidak bekerja, begitulah,” kata Lomio.

Leave a Reply

Your email address will not be published.