Selesai MotoGP Pemerintah Segera Lakukan Evaluasi Untuk Persiapan WSBK

JAKARTA – Usai MotoGP Mandalika, pemerintah akan segera melakukan penilaian sebagai persiapan ajang World Super Bike (WSBK) November ini.

Salah satu penilaian dilakukan oleh Kantor Staf Presiden (KSP).

“KSP akan segera melakukan kajian mendalam terhadap MotoGP dalam rangka persiapan World Super Bike pada akhir 2022 nanti,” kata Wakil Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin Tetelepta di Jakarta, Selasa ( 22/). 3/2022).

Febry mengatakan ada beberapa penilaian terkait kejuaraan MotoGP Mandalika. Mulai dari manajemen parkir, infrastruktur off-area, hingga pemetaan sistem pendukung fasilitas infrastruktur sirkuit.

Soal pengelolaan parkir, menurut Febry, perlu diperhatikan ketersediaan bus untuk mengantar penonton dari lokasi sirkuit menuju area parkir. Jadi tidak ada koleksi.

Soal infrastruktur di luar kawasan, dia menekankan pentingnya menyelesaikan perluasan jalan Kuta-Keruak yang menjadi pembatas arus lalu lintas keluar masuk kawasan sirkuit.

“Pengaturan lalu lintas perlu ditingkatkan untuk mengurangi kemacetan termasuk dari area sirkuit hingga lokasi akomodasi penonton, ” kata Febry.

Pria kelahiran Maluku itu juga menilai perlu adanya peta sistem pendukung untuk menunjukkan infrastruktur penting sirkuit, sehingga bisa memudahkan pengunjung.

Di sebalik segala kekurangan, Febry menganggap, acara MotoGP Mandalika telah berjalan dengan baik.

Ajang yang baru pertama kali digelar dalam 25 tahun ini, jelasnya, mampu mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara lain yang memiliki sirkuit dunia. Apalagi Mandalika memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Febry memastikan dengan adanya sirkuit Mandalika akan tercipta pertumbuhan ekonomi baru, UKM akan tumbuh dengan produk lokal NTB, dan pariwisata yang paling terdampak krisis Covid-19 akan hidup kembali, apalagi dengan adanya event MotoGP.

“Sebagai negara, kita harus berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meninggalkan warisan bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Ciamik Nih Kombinasi Volvo Cars Dan Starbucks: Driver Bisa Ngecas Baterai Mobil Sambil Ngopi

“Ke depan, menjadi tanggung jawab ITDC selaku pemilik Mandalika dan Pemerintah Daerah NTB untuk terus menjaga dan mengembangkan kawasan Mandalika sebagai sirkuit dunia dan pariwisata dunia,” pungkas Febry.

Leave a Reply

Your email address will not be published.