Sarapan Bareng Jokowi, Marc Marquez Cs Disuguhi Wedang Jahe

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengadakan audiensi dengan pelumba MotoGP yang akan bertanding di Litar Mandalika, pada Rabu (16/3/2022).

Sidang digelar saat sarapan pagi di Istana Merdeka, Jakarta.

“Ya (sambil sarapan),” kata Ketua Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Selasa (15/3/2022).

Heru mengatakan tidak ada makanan khusus untuk pebalap MotoGP nanti. Pembalap MotoGP akan disuguhkan dengan sajian khas Indonesia.

“Kue kecil, teh jahe, teh, semur, ” katanya.

Pembalap MotoGP yang akan hadir bersama presiden adalah Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, Takaaki Nakagami dan lainnya.

Para pebalap, lanjut Heru, datang dengan sepeda motor balap yang akan mereka gunakan untuk bertanding. Usai pertemuan, Presiden melepas para pengendara untuk melakukan konvoi ke Lingkar HI Jakarta.

“Jadi untuk besok (hari ini), Presiden hanya punya penonton dan setelah itu akan melepas pengendara dengan motor balap sendiri. Presiden tidak ikut konvoi,” kata Heru.

Memahami keinginan masyarakat yang ingin menyaksikan kedatangan pengendara tersebut, Heru menjelaskan, Sekretariat Presiden akan menyiarkan acara tersebut secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden.

“Untuk acara besok akan kami tayangkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 09.30 WIB,” kata Heru.

Sementara itu, Dorna Sport menjelaskan, kehadiran pebalap MotoGP di Jakarta sebelum balapan di Mandalika merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia.

“Dan ini adalah tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. Karena itu, untuk menghormati kami, para pebalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok. Kami juga berterima kasih atas waktu Anda, Tuan Presiden,” kata
Kepala Olahraga Dorna, Carlos Ezpeleta.

Baca Juga :  Mulai Hari ini Tiket MotoGP di Mandalika Resmi Dijual

Pengarah Trafik – Dirlantas Polda Metro Jaya menyediakan 500 anggota untuk mengamankan perarakan Moto GP Mandalika dari Istana Negara ke Hotel Kempinsky, Bulatan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat hari ini. Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto menjelaskan, pihaknya melibatkan barisan Pemerintah Daerah dan TNI dalam mengamankan perarakan tersebut.

Keselamatan ini dinanti-nantikan agar penonton tidak bersesak-sesak dan memenuhi kawasan Monas.

“Kawalan keselamatan ini adalah untuk menjangkakan tiada penonton yang melimpah ruah yang menyaksikan perjalanan dari Istana ke Hotel Kempinsky,” jelasnya.

Beliau merayu orang ramai yang mengadakan demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat supaya menangguhkan. Kerana acara akan berlangsung sekitar jam 10.00 WIB dan selepas acara selesai, anda dialu-alukan untuk berdemonstrasi.

“Jika ia dijalankan dengan betul, saya rasa gambarannya di Indonesia, aktiviti MotoGP dapat dijalankan dengan teratur,” katanya.

Pihak polis telah memetakan laluan yang akan dilalui oleh pelumba MotoGP. Pada mulanya, 20 pelumba MotoGP akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

“Sebanyak 80 (20 pembalap MotoGP dan 60 pembalap pabrik) mengikuti prosesi dari Istana menuju Hotel Kempinski, ” kata Direktur Lalu Lintas dan Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Nantinya, parade akan diteruskan ke Hotel Kempinski di Lingkar HI.

Penutupan jalan dari Istana Merdeka ke Bulatan HI akan dilaksanakan mulai 10.00 hingga 11.00 WIB.

“Akan ada penutupan satu aliran saja jika rombongan melintas dari Istana ke Kempinski di sepanjang jalan,” jelas Sambodo.

Menurut Sambodo, pihaknya tidak akan melakukan penutupan total pada jalan-jalan yang digunakan parade MotoGP. Ia mengatakan, parade MotoGP hanya akan menggunakan rute dari Istana menuju Lingkar HI.

Baca Juga :  Cek Kendaraanmu Sebelum Perjalanan Mudik, Ini Bagian Yang Harus Diperhatikan!

Ia menambahkan, pengguna jalan dari Lingkar HI menuju Istana masih bisa lewat seperti biasa.

“Dari arah berlawanan selatan ke utara (Bundaran HI-Istana Merdeka) akan berjalan normal seperti biasa,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.