Survei OLX Autos: Pasar Mobil Bekas Menuju Tren Peningkatan

JAKARTA – Pasar mobil bekas di Tanah Air terus menunjukkan pergerakan positif meski masih dilanda pandemi Covid-19.

Hasil survei OLX Autos pada akhir tahun 2021 menunjukkan minat masyarakat untuk membeli mobil masih cukup tinggi.

Alasan utama sebagian besar pelanggan membeli mobil bekas adalah untuk meningkatkan ke mobil yang lebih baru, di mana sekitar 70 persen konsumen menggunakan platform online sebagai sumber informasi utama mereka untuk memeriksa harga mobil.

Dalam survei tersebut, 71 persen pembeli menyatakan bahwa mereka telah menetapkan anggaran dan terbuka terhadap berbagai merek yang sesuai dan ramah anggaran.

Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia, menjelaskan selama pandemi Covid-19, prioritas kendaraan pribadi semakin meningkat.

Berdasarkan data OLX Autos, per kuartal IV 2021, sekitar 39 persen responden menggunakan kendaraan pribadi sebagai transportasi utama, dibandingkan dengan 33 persen sebelum wabah.

Johnny memprediksi pasar mobil bekas tahun ini akan tumbuh. Berdasarkan studi OLX Autos, pasar mobil bekas di dalam negeri diperkirakan tumbuh 2-3% tahun ini.

Sementara itu, jenis mobil terpopuler yang diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yakni Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz, dan Honda CRV.

“Hal ini membuat OLX Autos semakin berupaya memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini,” kata Johnny Widodo dalam diskusi virtual dengan media, Selasa (15/3/2022).

Untuk itu, pihaknya meluncurkan kampanye #ChooseYangPasti untuk meyakinkan masyarakat yang mencari kepastian saat membeli mobil bekas.

Platform ini menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang sesuai dengan budget Anda, dengan cicilan mulai dari Rp 1 juta.

“Kami sadar menjaga kesehatan adalah prioritas, apalagi di tengah pandemi. Tentu ini menjadi dorongan bagi kami untuk mempersiapkan dan merumuskan rencana untuk menyediakan apa yang dibutuhkan pelanggan, ” ujarnya .

Baca Juga :  Boleh Mengganti Ban Beda Merek Kalau Terpaksa, Ini Syaratnya

Ia menambahkan, dengan adanya kepastian dan kepastian yang diberikan melalui kampanye #PilihYangPasti, ia berharap semakin banyak konsumen yang bisa mendapatkan mobil impiannya dengan mudah, aman dan nyaman.

Menurutnya, semua pilihan mobil bekas yang ditawarkan di platform tersebut telah melalui pemeriksaan menyeluruh.

“Jaminan jitu lainnya pasti akan mendapatkan garansi mesin 30 hari dan garansi 7 uang kembali, pasti akan mendapatkan free maintenance dan ganti oli, dan tentunya pasti akan mendapatkan service Home Test Drive, ” kata Joni.

Komedian dan influencer Star Emon mencatat bahwa membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan paling rasional ketika anggaran untuk membeli mobil baru masih terbatas.

“Mobil masih menjadi pilihan yang aman sebagai alat transportasi. Sayangnya, membeli mobil baru membutuhkan biaya yang relatif tinggi. Ketika ada anggaran, mobil yang ditargetkan tidak lagi tersedia. Sesampai di sana, tapi kualitasnya kurang bagus, ” ujarnya berbagi pengalaman selama ini.

Menurutnya, kampanye yang dicanangkan OLX Autos bisa menjadi solusi karena OLX Autos menawarkan berbagai pilihan mobil bekas, mulai dari merek Jepang hingga Eropa yang hemat anggaran dan lolos pemeriksaan ketat.

“Termasuk mobil yang saya kejar juga ada,” katanya.

Tambah Johnny, sebagai rangkaian kampanye #ChooseYangPasti, pihaknya juga akan menggelar event OLX Autos Spot di Laguna Atrium, Central Park pada 16 – 20 Maret 2022 dan juga Bintaro Jaya Xchange Mall pada 23 – 27 Maret 2022.

Dalam ajang ini, pihaknya menyediakan berbagai merek mobil bekas berkualitas yang ditawarkan sesuai budget. Ia juga memberikan diskon hingga Rp5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.