memilih ban motor untuk musim hujan

Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan

Memilih ban motor untuk musim hujan ini memang perlu dilakukan, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu bisa mempengaruhi kualitas berkendara Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa ban merupakan salah satu komponen paling vital yang ada pada sepeda motor.

Dalam penggunaan ban sepeda motor ini perlu adanya pemilihan jenis ban yang sesuai dengan kondisi jalanan yang dilalui, terlebih jika kondisi cuacanya sedang musim penghujan. Bagi Anda yang sedang mencari ban untuk musim penghujan, maka silahkan simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan Terbaik

Ketika musim penghujan, tentunya jenis ban yang digunakan pada sepeda motor haruslah yang tidak terlalu licin. Pasalnya, ketika hujan, kondisi jalanan akan menjadi basah dan licin.

Nah, apabila memang ban yang Anda gunakan ini tidak sesuai, maka akan berpotensi membuat motor Anda tergelincir dan berujung pada kecelakaan.

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih ban motor untuk musim hujan terbaik, sehingga akan membuat berkendara Anda menjadi lebih nyaman.

1.      Pilih Ban Basah dengan Banyak Alur

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya ban motor yang berasal dari pabrik sudah cukup mumpuni untuk digunakan di segala kondisi jalanan.

Namun, jika Anda ingin yang lebih aman, maka disarankan untuk menggunakan ban basah atau ban yang memiliki banyak alur. Jenis ban ini bisa Anda gunakan untuk kondisi trek yang basah atau dalam musim hujan.

Ketika Anda melewati jalur yang basah, maka ban yang memiliki banyak alur akan membuat air hujan menjadi lebih mudah melewati sela-sela permukaan bannya. Dengan begitu, maka berkendara pun akan menjadi semakin aman dan Anda pun bisa terhindar dari resiko jatuh maupun tergelincir.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Alternator Mobil Mulai Rusak, Cek Indikator Di Panel Instrumen

2.      Jangan Gunakan Ban dengan Tapak yang Kecil

Penggunaan ban yang memiliki tapak kecil ketika musim penghujan tentunya sangat tidak disarankan. Sebab, hal ini bisa membuat motor Anda menjadi rentan akan tergelincir.

Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk anda menggunakan ban dengan tapak yang lebih lebar. Tujuannya adalah agar berkendara Anda lebih aman ketika melintasi jalanan yang basah.

3.    Sesuaikan Tekanan Angin pada Ban

Cara memilih ban motor untuk musim hujan selanjutnya adalah dengan menyesuaikan tekanan angin pada bannya. Dimana kondisi tekanan angin pada ban ini bisa mempengaruhi motor ketika melintasi jalanan yang basah. Misalnya saja dengan ban yang terlalu tinggi tekanan anginnya maka akan membuat tidak bisa mencengkeram jalanan dengan kuat.

Sementara itu, untuk tekanan angin pada ban yang terlalu rendah malah akan membuat ban Anda menjadi lebih mudah aus. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menyesuaikan tekanan ban motor dengan tekanan angin ban yang tepat.

  1. Pilih Ban Bermotif Searah

Ketika Anda berkendara dalam rutinitas sehari-hari, maka sangat disarankan untuk menggunakan ban bermotif searah. Hal ini berlaku untuk semua tipe ban, baik ban basah maupun ban kering.

  1. Perhatikan Kecepatan Berkendara

Dalam kondisi trek yang basah karena hujan atau trek yang kering, sangat dianjurkan untuk Anda tetap berkendara dalam batas kecepatan yang aman, dan hindarilah berkendara dengan kebut-kebutan.

Kecepatan yang berlebihan ketika mengendarai sepeda motor di musim hujan bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Dan inilah beberapa tips memilih ban motor untuk musim hujan yang perlu Anda pahami dan pelajari. Semoga dengan penjelasan ini bisa membuat Anda lebih teliti lagi dalam memilih ban motor agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Baca Juga :  Sering Menjelajah Dengan Mobil Kesayangan, Ini Tips Memasang Roof Box Yang Aman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.