cara mengatasi aki motor soak

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Motor Soak Paling Tepat

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi aki motor soak sangat penting karena aki memiliki fungsi penting pada motor. Tanpa adanya aki yang normal pada motor, maka seluruh komponen yang ada kaitannya dengan listrik tidak akan memiliki fungsi maksimal apalagi jika kondisi aki soak.

Pemakaian aki biasanya optimal dalam jangka waktu satu hingga dua tahun, setelahnya perlu pengecekan ulang. Jika kondisi aki tidak dicek maka ditakutkan aliran listrik tidak bisa berfungsi dengan baik dan motor bisa sewaktu-waktu mogok di jalan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Motor Soak Mendadak

Sebenarnya aki soak tidak mungkin dialami secara mendadak karena ada proses panjang yang membuat aki bisa soak. Anda sebagai pemilik motor harus mengenali penyebab aki soak supaya tidak terjadi pada motor Anda pribadi.

1.       Kebersihan Aki Tidak Terjaga

Menjaga kebersihan aki sama pentingnya dengan menjaga kebersihan mesin karena sifat kimiawi yang dimiliki oleh aki.

Sifat kimiawi tersebut bisa membuat aki lebih mudah berkarat atau bisa juga mendapat plak khususnya pada bagian terminal.

2.       Terlepasnya Pengikat Aki

Aki menjadi penyalur listrik pada motor memiliki komponen perantara berupa kabel dan komponen pengikat serta sekrup.

Fungsi semua alat tersebut untuk penghubung aliran listrik pada semua bagian motor sehingga motor bisa nyala. Jika salah satu dari komponen tersebut bisa lepas pastinya aki akan semakin lemah dan rusak.

3.       Tidak Memperhatikan Muatan Kapasitas Listrik

Hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat muatan yang ada pada kapasitas listrik aki motor bisa mengalami pengurangan yang cukup singkat.

Biasanya karena motor tidak sering dihidupkan atau dalam keadaan diam dalam jangka waktu panjang.

Aki setiap motor memiliki perbedaannya sendiri. Perbedaan tersebut ada pada muatan kapasitas listrik yang beragam dan aki yang dipakai untuk sepeda motor biasanya mempunyai muatan listrik dengan tegangan 12 volt.

Baca Juga :  Begini 6 Cara Mudah untuk Modifikasi Honda Beat Standar

4.    Lampu Motor yang Dimodifikasi

Para pecinta motor yang suka modifikasi lampu harus tahu jika hal tersebut bisa membuat aki motor bisa cepat soak karena lampu variasi butuh aliran listrik yang kuat.

Jadi, mungkin menjadi gambarannya aliran listrik dengan lampu ini seperti pemasukan yang tidak sesuai dengan pengeluaran.

 

Cara Atasi Aki Soak

Penyebab dan cara mengatasi aki motor soak saling berkaitan satu sama lainnya. Untuk mengatasinya Anda perlu membersihkan karat dan plak yang ada pada terminal aki, tujuannya supaya tidak berpengaruh pada kualitas aki tersebut.

Pembersihannya sendiri bisa memakai sikat gigi bekas atau lap basah dengan diberikan vaselin. Selain pembersihan cobalah untuk memeriksa kembali muatan listrik aki secara berkala supaya tahu bagaimana kondisi aki pada motor kepada tukang service motor.

Coba juga untuk memeriksa umur aki Anda apakah sudah lebih dari dua tahun?. Aki motor memiliki durasi pemakaian berkisar hingga dua tahun, jika pemakaian lebih dari dua tahun ada kemungkinan aki sudah mulai berkurang fungsinya.

Selain itu juga cobalah untuk memeriksa modifikasi terlebih untuk modifikasi lampu karena menyerap daya yang sangat besar. Sesuaikan lampu dengan aki yang dipakai supaya motor tetap bisa digunakan dengan jangka waktu lebih lama.

Tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan aki sendiri dengan tidak buru-buru datang ke bengkel jika soak. Penyebab dan cara mengatasi aki soak di atas semoga bisa membantu permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.