Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Seringkali terjadinya mesin panas pada motor merupakan hal yang perlu ditangani. Apalagi jika motor tersebut memiliki usia yang sudah lama, maka tak heran pasti akan menimbulkan banyak masalah yang terjadi sehingga kinerja pada mesin tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas.

Dimana terjadinya overheat atau suhu panas yang berlebihan pada mesin motor sudah melewati batas normal pada komponen mesin tersebut.

Selain itu hal mesin yang terlalu panas juga disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya penyebab utamanya adalah pada sirkulasi oli yang kurang baik atau oli yang kurang cocok dengan jenis mesin sehingga bisa menghilangkan pendinginan pada mesin motor tersebut.

Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa penyebab lainnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Agar Anda sebagai pengendara motor mengetahui apa saja yang menyebabkan mesin pada motor memiliki panas yang berlebihan, untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Telat Melakukan Penggantian Oli

Meski terbilang hal yang remeh, ternyata melakukan penggantian oli secara rutin pada motor merupakan hal yang wajib dilakukan, karena jika oli yang sudah lama di dalam mesin maka bisa menyebabkan kinerja pada mesin yang tidak maksimal salah satunya yaitu mesin cepat panas.

Karena jika oli didalam mesin yang sudah lama maka oli akan kotor sehingga kualitasnya tentu sangat buruk sehingga bisa menghambat kinerja mesin, untuk itu Anda harus menjadwalkan penggantian oli secara rutin.

2.    Adanya Kerusakan Pada Kipas Pendingin

Radiator atau kipas pendingin pada motor akan secara otomatis berputar jika terdapat masalah pada mesin motor seperti suhu yang melebihi batas wajarnya atau panas yang berlebihan.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Di Gas dan Cara Mengatasinya

Jadi apabila kipas pendingin tersebut tidak berputar dengan semestinya maka akan dipastikan mesin motor cepat panas sehingga Anda perlu melakukan pengecekan pada montir terdekat apakah terdapat rangkaian kipas yang terputus.

3.    Adanya Masalah Pada Sensor Suhu

Selanjutnya yang menjadi penyebab mesin motor cepat panas adalah terdapat permasalahan pada suhu ECU yang berfungsi sebagai pendingin mesin motor, apalagi jika ECU yang telah rusak maka Anda harus selalu rutin dalam melakukan servis agar semua permasalahan yang ada pada motor bisa bekerja secara normal.

4.    Sirkulasi Udara Pada Oli Kurang Baik

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan yang namanya Oil Coolant, dimana komponen ini banyak digunakan oleh jenis motor Suzuki Satria Karbu yang difungsikan sama dengan radiator motor.

Maka jelas jika terdapat adanya sirkulasi yang kurang baik pada radiator motor maka hal tersebut bisa menghambat proses pendinginan pada mesin. Sehingga kinerja radiator tersebut kurang maksimal dan mesin motor akan terus mengalami peningkatan suhu yang berlebihan.

5.    Pemakaian oli yang Tidak Cocok

Memang pada faktanya untuk setiap jenis oli memiliki standar khusus didalamnya dimana akan difungsikan untuk menormalkan adanya peningkatan suhu pada mesin motor, artinya jika jenis oli yang cocok maka suhu panas mesin motor bisa mereda.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan jenis oli yang akan digunakan pada motor Anda dan Anda bisa mendiskusikan jenis oli yang tepat pada montir.

Nah itulah beberapa penyebab mesin motor cepat panas yang berlebihan serta cara menanganinya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.