tips membeli motor bekas agar tidak kecewa

6 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Menyesal

Motor menjadi kendaraan pribadi yang perlu dimiliki untuk kemudahan transportasi. Apalagi untuk Anda yang bekerja sehingga lebih hemat ongkos. Bahkan, banyak yang menggunakan motor sebagai sumber pencaharian. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dalam pembelian. Maka, Anda harus tahu tips membeli motor bekas agar tak menyesal.

Banyak orang yang menjual motor bekas dengan harga miring. Anda dapat melakukan pembelian dengan mudah jika memakai cara yang tepat. Memang benar halnya jika motor bekas tidak semahal yang baru, tetapi kualitasnya juga berbeda.

Untuk mendapatkan yang terjangkau dan belum terlalu rusak, Anda dapat menggunakan cara yang sesuai.

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tak  Menyesal

Dalam pembelian motor bekas, pastikan kalau Anda teliti dan tidak buru-buru.  Langkah ini adalah bagian dasar untuk melakukan pembelian. Berikut ini daftar tips yang dapat Anda lakukan dengan mudah juga.

1.    Tentukan motor

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menentukan jenis motor yang diinginkan. Pastinya, ada banyak jenis motor yang dijual bekas. Apalagi untuk jenis beat yang biasanya pasaran.

Dengan menentukan jenis motor jauh lebih dulu, maka Anda tidak harus merasa bingung ketika bertemu dengan penjual nantinya. Dalam penentuan motor, sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.

2.    Tahu harga pasaran

Penting halnya untuk mengetahui harga pasaran sebelum melakukan pembelian. Jangan sampai Anda tertipu karena mengira sudah mendapatkan harga paling murah.

Ada banyak penjual nakal yang suka memalsukan harga pasaran. Banyak cara untuk mengetahui harga pasaran, Anda dapat cek dari sosial media hingga bertanya langsung ke teman. Jadi, tidak akan ditipu dari harga palsu.

3.    Jangan buru-buru bayar

Mempunyai tagihan yang belum terbayarkan seringkali membuat seseorang merasa gelisah. Namun, dalam tips membeli motor bekas agar tak menyesal, tidak langsung bayar justru menjadi langkah yang tepat.

Baca Juga :  Ketahuilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Anda harus mengecek kondisi motor jauh lebih dulu sebelum menyerahkan uang.  Apalagi jika pembelian dilakukan online dan harus transfer lebih dulu. Hindari saja yang seperti ini.

4.    Memilih penjual jujur

Mengetahui orang yang menjual motornya kepada Anda juga menjadi hal yang penting. Anda harus tahu karakter penjual. Pastikan orang tersebut memang biasanya jujur dan kondisi sesuai dengan yang diceritakan.

Terlalu banyak penjual yang memberikan harga tinggi padahal barang sudah rongsok. Anda harus melihat kondisi motor atau pilih penjual dari kenalan saja.

5.    Periksa surat kendaraan

Dokumen motor harus jelas untuk menghindari terjadinya kerugian. Anda dapat memeriksa surat yang dimiliki jauh lebih dulu. Pastikan ada surat kendaraan seperti STNK.

Anda juga tidak boleh melupakan BPKB yang sesuai dengan plat motor. Selain itu, pastikan nama penjual sesuai dengan nama dalam data. Jangan sampai membeli motor curian karena merugikan Anda.

6.    Nyalakan kendaraan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah meminta izin untuk menyalakan kendaraan. Langkah ini adalah bentuk pemastian akan kondisi motor yang masih bagus. Penjual pasti memberikan izin jika tidak berbohong. Suara mesin harus dalam keadaan halus yang menandakan bahwa komponen masih aman.

Tips membeli motor bekas agar tak menyesal ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat membeli motor yang tepat dengan memilih sebaik mungkin. Pastikan untuk selalu mengecek data dan teliti dalam pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.