Penyebab Motor Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Motor Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Seringkali sebagai pengendara motor tentu Anda pernah mengalami motor yang tiba – tiba mati atau mogok secara mendadak, hal tersebut tentunya akan menghambat aktivitas yang akan dilakukan. Oleh karena itu sebagai pengendara motor yang bijak maka Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab motor mati mendadak dan cara mengatasinya, agar jika sesuatu terjadi hal tersebut Anda tidak panik.

Secara umum yang menjadi penyebab motor mati mendadak adalah karena beberapa faktor pada motor itu sendiri, dimana seringkali yang terjadi karena  kehabisan bahan bakar, atau bahkan adanya ventilasi pada tempat bensin yang tersumbat dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu sebagai pengendara motor yang bijak, maka perlu mengetahui beberapa penyebabnya agar tidak panik saat kejadian tersebut menimpa Anda. Untuk selengkapnya yuk simak penjelasan berikut ini!

Sejumlah Faktor Penyebab  Motor  Mati   Mendadak dan Cara Mengatasinya

Supaya tidak lagi khawatir sebagai pengendara saat mengalami motor yang tiba – tiba mati saat berkendara di jalanan, yuk simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini!

1.    Bahan Bakar yang Habis  (Kehabisan Bensin)

Meski terlihat sepele namun jika Anda tidak memperhatikan indikator bahan bakar bensin pada motor maka bisa menyebabkan motor mati atau mogok secara mendadak. Untuk  itu sebaiknya  jangan menunda – nunda untuk mengisi bensin bahkan menunggu sampai kosong, karena hal tersebut sangat berbahaya terutama untuk motor matic.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan isilah bensin selalu tepat waktu dan jangan menunggu bensin sampai kosong.

2.    Adanya Penyumbatan Pada Ventilasi Tangki Bensin

Penyebab motor yang tiba – tiba juga bisa datang dari adanya penyumbatan pada ventilasi tangki bensin, karena lubang ini memiliki peran yang besar yaitu untuk mengalirkan pengisian bahan bakar motor Anda.

Baca Juga :  Detailing Kendaraan Bisa Dilakukan Dari Rumah

Seringkali terjadi motor yang mati secara tiba – tiba padahal bensin masih terisi penuh, untuk mengatasinya Anda harus mengecek lubang kecil yang ada dalam tutup tangki bensin karena ventilasi ini berfungsi untuk menyamakan tekanan.

3.    Adanya Penyumbatan Pada Main Jet

Komponen main jet merupakan saluran kecil yang memiliki peran sangat penting dalam sepeda motor, dimana komponen tersebut bertugas untuk mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke intake manifold.

Namun jika saluran komponen tersebut mengalami penyumbatan maka bensin tidak bisa mengalir dan mengakibatkan motor mogok, itulah mengapa hal tersebut juga menjadi penyebab motor mati mendadak dan cara mengatasinya adalah dengan memperbaikinya di bengkel terdekat.

4.    Adanya Permasalahan Pada Kabel Busi

Perlu dicatat bahwa jika terdapat kerusakan pada kabel busi maka dampaknya tidak bisa menghasilkan percikan listrik sehingga busi tidak akan mau menyala dan pembakaran tidak akan terjadi, dengan bagitu motor bisa mati secara mendadak dan tidak mau menyala.

Untuk mengatasinya Anda bisa membawa ke bengkel terdekat agar bisa mengkonsultasikan dengan para montir.

5.    Mesin yang Mengalami Overheat

Ternyata jika mesin pada motor yang terlalu panas juga bisa menjadi motor mati secara mendadak, karena hal ini biasanya disebabkan oleh saluran oli yang tersumbat.

Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan jauh, tentunya oli akan semakin berkurang dan akan menguap melalui pori-pori mesin.

Jika hal tersebut terjadi maka ring piston akan kering dan macet sehingga oli ikut terbakar dan menyebabkan motor overheat dan bisa mati mendadak.

Nah itulah beberapa faktor penyebab motor mati mendadak dan cara mengatasinya dengan mudah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.